Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3


Halo! Alhamdulillah akhirnya bisa nulis lagi setelah sedikit tersibukkan dengan kepanitiaan MPF dan MPD (masa perkenalan fakultas & departemen) serta sedikit ke-rempong-an ritual mengisi KRS yang ada setiap awal semester. Walaupun sebenernya masih bermasalah dan belum bisa ngambil semua matkul wajib karena ada mayor yang bentrok sama mayor (ya ini aneh) dan ritual yang berlangsung seminggu ini belum berakhir. Tapi lupain bentar lah, malem ini pengen sedikit flashback dan bahas-bahas masa lalu dulu #ceilah.

Yap, karena beberapa hari sebelum krs-an jadi agak sering ditodong sama dedek-dedek angkatan 51 -yang notabene baru pertama kali ngisi KRS di semester 3 ini- tentang gimana caranya KRS-an, gimana rasanya kuliah matkul ini, ujian matkul itu, susah nggak, tugasnya banyak nggak, gampang dapet A nggak, enaknya ngambil apa duluan, dulu ngambil apa aja, lalalala sampe mendadak berasa pengen buka jasa layanan konsultasi akademik, soooo postingan kali ini bakal ngelanjutin tulisan yang #1 dan #2 tentang Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB, untuk sharing tentang mata kuliah apa aja yang tahun lalu (hiks udah tua) saya dapetin di semester 3.


Foto MPF
Foto MPD
Curhat dikit dulu. Berasa baru kemaren ngerasain MPD MPF, ngerjain tugas sana-sini, bangun pagi-pagi, berangkat siap pake SOP, dengerin materi dosen, mapres, wirausaha, sampe 'ocehan' kakak tingkat sampe kesel dan pulang-pulang bertekad gabakalan jadi panitianya; ternyata tahun ini malah berkesempatan jadi panitia dua-duanya sekaligus, MPD dan MPF. Hehe. (tentang MPF bisa klik blog MPF Faperta 2015  untuk angkatan 51 yang kebetulan saya yang kelola juga). Nggak tau emang anaknya yang plin plan atau gimana, jadi pengen aja ngerasain jadi bagiannya setelah tau kalo MPD MPF buat angkatan 51 kali ini katanya bakal jadi 'ritual terakhir'  yang -katanya lagi, gatau bener atau nggak- gabakal ada lagi tahun depan.

Mulai angkatan 52 tahun ini, seluruh rangkaian masa perkenalan bakalan langsung dikasih ke mahasiswa baru pada awal masuk kuliah di semester 1. So, MPKMB (yang dulu pernah saya ceritain disini) mulai tahun ini juga bakal berisi tentang materi ke fakultasan dan kedepartemenan, dan waktunya juga bakal diperpanjang dari 3 jadi 5 hari. Jadi mereka gabakal lagi ngerasain yang namanya MPF dan MPD di tahun berikutnya.


Di tahun-tahun sebelumnya, MPD MPF yang bakal didapet di semester 3 emang seakan jadi gerbang suatu hal yang sangat baru buat anak-anak yang baru lulus TPB (atau bahasa sekarangnya PPKU). Selain jadi awal masuk ke departemen masing-masing setelah setahun kuliah di TPB dengan mata kuliah yang masih umum, di semester 3 ini juga jadi pengalaman pertama ngisi Kartu Rencana Studi Online atau KRS Online dimana mereka bisa milih mau ngambil mata kuliah apa aja dan ngatur jadwal sendiri, setelah biasanya tinggal dapet 'satu paket' mata kuliah di TPB yang tinggal terima dan nggak bisa milih.

SEMESTER 3

Nah, buat semester 3, saya berkesempatan ngambil 8 Mata Kuliah yaitu Dasar-dasar Arsitektur Lanskap, Sejarah Perkembangan Arsitektur Lanskap, dan Teknik Studio sebagai mata kuliah mayor (mata kuliah departemen sendiri) plus Dasar-dasar Agronomi, Ekonomi Lingkungan, Klimatologi, Pengantar Ilmu Tanah, dan Pengantar Manajemen sebagai Interdep atau  Inter Departemen (mata kuliah dari departemen lain yang menunjang).

Dasar-dasar Arsitektur Lanskap 


Sesuai namanya nih, mata kuliah Dasar-dasar Arsitektur Lanskap atau disingkat daskap ini mempelajari tentang tahap tahap kerja dasar sebagai Arsitek Lanskap, mulai dari perencanaan, desain, sampe manajemen lanskap yang udah dijelasin di post sebelumnya secara sekilas (karena nanti perencanaan, desain, dan manajemen bakal ada mata kuliahnya sendiri). Di Daskap ini nantinya bakal turun ke taman-taman sekitar kampus dan langsung praktek mulai dari ngukur-ngukur bikin peta dasar, trus ngerancang ulang mau kayak gimana tamannya, dll dll. Beberapa kali juga ngebahas karya-karya atau studi kasus arsitektur. Kebanyakan tugasnya pasti gambar, dan bakal dipresentasiin. Tapi tenang ajaa tugas-tugasnya masih kelompok kok.


Masih ada juga tugas live sketch di minggu awal kayak tugas Menggambar Sketsa di semester 2, tapi bedanya kita harus tau ada unsur apa, prinsip desainnya, sampe elemen apa yang ada di spot yang di gambar itu, nggak cuma gambar doang. Yang di bawah itu difoto waktu udah adzan maghrib buru-buru disuruh kumpulin jadinya gelap wkwk. Live sketch Koin IPB, plus keterangan elemen unsur lalala nya di samping kiri kertas.


Terus di minggu akhir perkuliahan ada Fieldtrip. Waktu itu kita Fieldtrip ke Kebun Raya Bogor.




Sejarah Perkembangan Arsitektur Lanskap 

Nah, kalo ini sedikit ngulang dengan agak lebih rinci dari Pengantar Seni Arsitektur di semester 2, ngebahas tentang periode peride arsitektur mulai dar yunani, romawi, reinassance sampe modern, dari karya nya, tokoh, tahun, folosofi desain, material, pola, daaan lain-lain. Disini kita bakalan belajar tentang banyak situs sejarah yang nunjukin perkembangan arsitektur lanskap, dan belajar apa sih pentingnya untuk dijaga dan dilestarikan. Ujiannya nanti agak horror, soalnya essay semua. Tapi asal ngerti dan hafal materinya mah bisaaa.


Nah karena ini kuliah doang, jadi nggak ada fotonya.

Teknik Studio

Dan sampailah kepada matkul yang paling seru dan paling sering bikin begadaaaang hahaha. Di teknik studio atau Tekstud inilah kita mulai belajar gambar pake alat-alat gambar teknik kaya rapidograph atau biasa dibilang rapido yang ribet makenya dan sering luber dan bocor sehingga mengakibatkan kita harus ngulang tugas dari awal. Trus bakal mulai pake jangka, penggaris segitiga, busur, mal, sampe penggaris yang panjangnya sampe 60 cm, karena kita mulai pake kertas yang ukurannya abnormal. Makanya di semester ini kita sering banget bawa drafting tube atau anak ARL biasa nyebut sebagai basoka untuk nyimpen kertas yang ukurannya dari A3 sampe lebih dari A1 alias 8 kali ukuran A4. Intinya, matkul ini belajar gimana caranya kita mempresentasikan karya kita dalam bentuk yang bisa diliat, dari 2 dimensi sampai nanti 3 dimensi. Kita juga diajarin buat nulis dengan huruf tenik yang rapi atau lettering, yang -kalo lettering kita bener- di akhir perkuliahan matkul ini bakal bikin tulisan kita sekelas bakal sama semuanya.


Ini beberapa tugas hariannya. yang kadang karena rapido segores, atau revisi aspraknya bisa nuntut buat bikin ulang dari awal. Sukses bikin begadang bahkan sampe nggak tidur. Tapi seru sih tugas-tugasnya, kadang kangen juga,



Kalo ini tugas akhir, bikin maket. Pernah ditulis di postingan yang ini.



Foto bareng abis ujian, lengkap sama 'basoka' alias drafting tube yang selalu dibawa kalo kuliah dan praktikum tekstud.




Dasar-dasar Agronomi

Selain karena tugas-tugas yang bikin begadang, semester 3 ini lumayan melelahkan karena beberapa mata kuliah mmengharuskan kita kuliah di lapang. Salah satunya dasar-dasar agronomi atau Dasgron. Di dasgron ini, kita bakal belajar tentang pertanian secara praktek yaitu belajar tentang tanaman pertaniannya. Dari mulai konsep aliran energi di tanaman, reproduksi tanaman, sampe faktor kesuburan.  Praktikumnya, kita bakal turun ke lapang yaitu di Kebun Percobaan Leuwikopo di sebrang gerbang utama IPB dan nanem tanaman-tanaman agronomi kayak jagung, kedelai, dan kacang hijau dengan berbagai macam perlakuan, misal yang ini pupuknya sekian, yang itu sekian. Nanti di akhir perkuliahan ada panen raya dan hasil panennya buat anggota kelompok, yang pasti setelah hasil panennya di hitung dan kesimpulannya ditulis dalam laporan hehe.


Itu keadaan kebun setelah 2 atau 3 minggu, lupa.



Kalo ini kunjungan di Agribussines Development Station (ADS), untuk belajar alur produksi tanaman  sayur sampe siap jual. Lokasinya di terus setelah gerbang belakang IPB.



Ekonomi Lingkungan 

Kalo di matkul Ekonomi Lingkungan atau Ekoling ini kita bakalan belajar teori dasar penggunaan sumberdaya dan pengaruhnya sama lingkungan dan ekonomi. Bakalan ada itung-itungan. Walaupun nggak sebanyak ekum, tapi bakal diulang lagi beberapa point. Itung-itungannya bakal banyak dipake untuk ngitung misal ambang batas limbah, pencemaran lingkungan, polusi, dll.


Cuma kuliah juga jadi nggak ada foto-fotonya.

Klimatologi 

Di klimatologi ini kita bakalan belajar tentang unsur-unsur iklim, unsur pengendali iklim, proses pembentukan, sampe klasifikasi iklim dunia. Kita bakal belajar tentang cuaca, musim, tentang awan, hujan, angin, sampe perputaran air dan unsur-unsur lain. Bakal ada sedikit itung-itungan tapi paling buat ngitung curah hujan. Kuliahnya sih seru hehe, ujiannya yang agak pusing....

Ini foto abis tampil tugas ngejelasin tentang kasus perubahan iklim lewat acara yang menarik di tv, misal jadi pembaca berita, atau reporter. Kalo kita ceritanya ala-ala bukan empat mata gitu seru deh hehe. Tapi gaada foto pas tampilnya..



Pengantar Ilmu Tanah


Ini mata kuliah yang katanya mengerikan. Secara penuh dengan hafalan tentang jenis-jenis tanah diliat dari warna, tekstur, kegumpalan, dan lain-lain sebagainya deh. Terus dari situ kita bisa liat sifat fisik, sifat kimiawi tanahnya gimana, biasa ada di daerah apa, dan baik digunakan buat lahan apa, belajar tentang kesuburan, dan tanah yang baik untuk pertanian secara umum kayak apa.

Praktikumnya di belakang (lupa masa namanya apa), pokoknya jauh dan biasanya harus tebeng-tebengan sama yang bawa motor. Praktikumnya berkelompok lumayan gede jd agak nganggur kadang-kadang, dan beberapa kali bisa pulang cepet. Kegiatannya kebanyakan praktek pengambilan contoh tanah. Minggu ini tanah ini, minggu depannya tanah itu, terus juga pengenalan pupuk dan biopori.

Kayaknya sering foto tapi nggak nyimpen atau gimana entah dicari nggak ada.

Pengantar Manajemen
Kalo ini sebenernya matkul interdep buat semester 5, tapi berhubung bingung mau ambil apa lagi dan belum kepikiran jadi memutuskan buat narik mata kuliah atas buat diambil duluan. Di matkul ini kita belajar buat memanajemen organisasi atau perusahaan yang baik, karena nantinya kita juga bakal berurusan sama manajemen lanskap. Kebanyakan tugasnya studi kasus gitu, berkunjung ke perusahaan, liat struktur organisasinya, sampe sistem kerjanya.

Ini pas lagi kunjungan kelompok ke McD. Padahal numpang makan doang, wawancaranya lewat email wk.



Huaaah panjang banget, segitu aja tentang semester 3 nya.


Buat yang baru mau semester 3, pesen saya harus semangat yaaa, harus banyak istirahat soalnya banyak di forsir tenaganya karena begadang dan praktikum di lapang. Karena banyak interdepnya ruangannya juga jadi mencar-mencar dan lumayan jauh. Kalo nggak sempet makan bawa bekel aja, makan di kelas daripada drop (anaknya tukang makan di kelas). kalo nggak sempet tidur ya sempet-sempetin lah tidur walaupun sebentar di kelas. Eeee sesat.


Tinggal satu lagi utangnya, nulis tentang semester 4. Pokoknya harus selesai sebelum mulai semster 5, hap hap.

Udah jam 3 pagi.

Terimakasih udah mau bacaaaa. Bye :)


Sebelumnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? baca di sini (intro & garis besar)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #2 baca di sini (semester 1 & 2)

Selanjutnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #4 baca di sini (semester 4)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #5 baca di sini (semester 5)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #6 baca di sini (semester 6)

The End of My #ARLife Story baca di sini (skripsi hingga wisuda)

Postingan lain tentang Arsitektur Lanskap klik disini

Komentar

  1. Makasih banyak kakk! Keren banget tulisannya. Jadi gasabar pengen masuk arl ipb. Doain ya kak supaya saya bisa kuliah disana jugaa!

    BalasHapus
  2. Makasih banyak kak,semoga dgn baca postingan kakak dan mengikuti saran guruku bisa memantapkan aku tuk pilih arl ipb .. Semoga sesuai dgn minat dan bakatku .. Amiin ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinn, makasih udah mau baca yaaa. semoga membantu kamu :)

      Hapus
  3. makasih kak, tulisannya menarik banget jadi makin tertarik sama ARL semoga sesuai dgn minat dan bakat saya. amin..
    sukses terus kuliahnya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, sukses juga buat kamuu yaaa. Terimakasih udah mau baca :)

      Hapus
  4. makasih kak, infonya lengkap banget dan bahasanya mudah lagi buat di cerna, minta doanya ya kak bisa masuk arl ipb Tahun 2016 dan semoga minat dan bakat saya ada disitu
    SAMPAI KETEMU DI IPB KAK SALMA :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe alhamdulillaah, makasih udah mau baca yaaaa.
      amiin semoga bisa ketemu di IPB :)

      Hapus
  5. Tulisannya keren dan menarik bgt! Kece juga ternyata jurusan Arsitektur Lanskap, jd pengen ngambil ini buat snmptn, doain ya Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah mau baca yaaaa hhe, sukses snmptnnya :)

      Hapus
  6. Kak, masuk arl itu saingannya berat ya.
    Kalo udah lulus biasanya alumni arl ngapain aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat enggak nya nggak bisa pastiin ya :'
      kalo setelah lulus ngapain aja, pernah ditulis di post yang linknya ada di bawah ini, silahkan dibaca :)

      http://salmafadhilah.blogspot.co.id/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html

      Hapus
  7. kak kalau saya gajago gambar gimana... sudah terdampar di arl nih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti belajar sama sama kok, saya juga gajago gambar hehe :)

      Hapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP