Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Coba deh sebutin, hal apa aja yang paling ditakutin sama mahasiswa baru? Takut nyasar di kampus baru yang luasnya minta ampun? Takut gak ngerti cara baca jadwal kuliah? atau takut di ospek? Kayaknya yang terakhir paling pas ya, karena ospek di indonesia identik sama hal-hal berbau kekerasan, tugas nggak penting yang seabrek, acara dimarah-marahin sama kakak tingkat karena kesalahan yang gak pasti salah siapa, sampe kostum yang kadang juga melewati batas kewajaran.

Well, ospek yang harusnya jadi momen penting yang mengawali perjalanan panjang kita di dunia perkuliahan kadang bisa jadi hal yang nggak penting karena nggak jelasnya pesan yang mau disampein. Saking banyaknya unsur 'balas dendam' kakak tingkat atas hal yang menimpa dia tahun sebelumnya..

Nah, buat temen-temen yang udah jadi mahasiswa baru, rata-rata sih minggu ini semua prosesi ospek udah selesai dan bakal langsung dilanjut sama kegiatan perkuliahan efektif. Gimana ospeknya temen-temen semua? Capek? Ngebetein? Ngeselin? Atau malah seru?

Disini saya mau share sedikit nih, tentang pengalaman menjalani ospek-nya IPB atau biasa disebut MPKMB (Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru) yang baru aja saya jalanin selama tiga hari (26-28 Agustus 2013) kemarin. Katanya, MPKMB yang ke 50 ini bakal jadi ospek percontohan Indonesia karena jauh dari yang namanya kekerasan dan kegiatan nggak bermanfaat loh.

Awalnya saya takut duluan, padahal tugasnya juga nggak susah. Ngehafalin beberapa lagu (hymne IPB, lagu buruh tani, totalitas perjuangan, dan lagu generasi emas 50 sebagai mars MPKMB 50), bikin buku tugas yang isinya teks lagu yang harus dihafal, hal-hal tentang IPB, dan tandatangan, bikin name tag, plus ngafalin koreografi mars MPKMB 50 yang nggak juga susah bin ribet kayak koreonya boyband korea zaman sekarang...

Actually gak ada yang susah. Semua bahan-bahan buat bikin tugasnya, -kayak karton, plastik, sama kertas metalik- pun disiapin sama panitia. Kurang apa coba? Belakangan kita tau dari kakak tingkat, buku gak bakal di cek detil isinya, lagu juga gak bakal di tes satu-satu, jadi kita ngejalaninnya dengan santai aja. Dan emang bener, saya aja yang tanda tangannya belom sampe batas minimal, buku tugasnya berantakan dan asal jadi aja bisa lolos dari ancaman apapun. 

Setiap pagi kita dijemput dari asrama masing-masing untuk di mobilisasi ke tempat acara inti kita selama 3 hari, yaitu gedung Grha Widya Wisuda (GWW). Setiap pagi juga SOP dan barang bawaan wajib di cek bareng-bareng sama kakak-kakak komdis (komisi disiplin). Kakak-kakak ini punya tuntutan pekerjaan untuk menghilangkan senyum dan ekspresi ramah mereka selama MPKMB, karena tugasnya untuk nge-disiplinin kita. Wwalaupun agak keliatan killer, tapi mereka nggak akan marahin kita kalo emang nggak salah. Misalnya kalo kita emang nggak bawa barang wajib, contohnya payung atau air minum, nanti kita sendiri kan yang susah.

Sampe di GWW, kita berkumpul sesuai bintang (kelompok) dan galaksi (gugus) masing-masing, didampingin sama kaka-kakak SG (star guardian). Kakak-kakak ini tugasnya buat nge-bimbing kita, bantuin kalo ada tugas yang kita nggak ngerti, koordinir yel-yel dan lain-lain. kaka-kakak ini yang paling friendly dan murah senyum :) dan di GWW, kita disambut sama dekor yang keren banget dari kakak-kakak PDD (publikasi dekorasi dokumentasi). Disinilah kita bakal paling banyak menghabiskan waktu MPKMB kita. Nggak banyak dijemur, disuruh lari-larian, dan di drill fisik. Kita cuma dituntut untuk duduk manis dan memperhatikan dengan baik setiap materi yang disampaikan.

Selama tiga hari, banyak banget ilmu yang bisa kita dapet dari setiap pembicara. Mulai dari kuliah umum ke IPB-an dari Bapak Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardyanto Msi; materi ke-mahasiswaan dari presiden mahasiswa, kak M. Sigit S (yang cara ngomongnya somehow mirip banget sama ust felix Siauw); materi tentang gerakan mahasiswa; materi ke wirausahaan dari beberapa orang alumni IPB yang sekarang jadi enterpreneur hebat, sampe materi tentang pertanian dan perikanan indonesia dari Mentri Pertanian RI, Bpk Prof Dr Ir Siswono dan mantan menteri perikanan dan kelautan RI, Bpk Dr Ir Rochmin Dahuri.

Dari materi-materi dari orang-orang hebat itu, kita sebagai mahasiswa baru pasti tersadarkan banget tentang arti pertanian yang sesungguhnya: pertanian itu nggak sesempit yang orang banyak kira, dan nggak se remeh yang banyak orang pandang. Yang sebelumnya rada ogah-ogahan buat masuk ipb bakal lebih mikir deh, dan mungkin sekarang kita bakal marah dan protes kalo ada orang yang meremehkan pertanian dan merendahkan para petani. Kita juga disadarkan mengenai betapa masalah pertanian adalah masalah hidup dan mati (FYI ini quotes terkenal dari Presiden Pertama RI, Bapak Ir. Soekarno loh). Kalo nggak ada yang mau ngurusin pertanian, seluruh dunia mau makan apa? Selanjutnya, kita jadi paham kalo mulai saat ini, di pundak kita, mahasiswa IPB sebagai institut pertanian terbaik di dunia, tersampir beban yang berat untuk memberi makan dunia. Nggak ada alasan untuk malu jadi mahasiswa institut pertanian, justru kita punya peran besar. Nggak akan ada lagi pikiran buat males-malesan kuliah, karena tanggung jawab kita yang gak main-main seriusnya.

Nggak cuma materi, di hari kedua juga kita di ajak buat belajar gimana cara manajemen aksi sebagai mahasiswa yang sudah mulai punya fungsi kritik terhadap pemerintah. Kita baris dan longmarch, dan di peringatin buat waspada sama provokator. Disini bagian kakak-kakak medis yang repot buat misahin yang sakit, karena kita jalan siang bolong dan desek-desekan. Walaupun aksi yang kita simulasiin lebih cocok buat jaman jadul karena lumayan main fisik (aksi jaman sekarang sebenernya nggak bakalan segitunya), tapi lumayan jadi pengalaman terutama buat yang belom pernah aksi turun ke jalan. Bahkan banyak yang bilang, walaupun capek, tapi bagian simulasi aksi jadi yang paling berkesan di MPKMB tiga hari ini. Semoga jadi pada dapet yaa intinya, kalo tugas mahasiswa itu bukan cuma siswa sekolah lagi yang cuma belajar dan belajar tanpa mikirin isu sosial dan politik, tapi juga berperan penting jadi agent of change.

Oh ya, di MPKMB kita juga seru-seruan. Ada acara bikin boneka horta bareng-bareng (kalo yang nggak tau apa itu boneka horta bisa di cek di google), kuis dan bagi-bagi hadiah dari sponsor, perang yel-yel antar galaksi yang bikin GWW geter-geter setiap saat, segmen stalking twitternya mahasiswa baru (kayak di acara The-Comment NET gitu), sikat miring, sampe goyang caesar bareng satu GWW (ckckck, kalo yang ini saya geleng-geleng). Ada juga penampilan dari tiap UKM, dan penampilan band Too I Late yang nyanyi mars MPKMB 50. Tiap hari juga kita dipandu sama MC yang seru-seru, terutama kak Mada sama kak Ayu yang ketawanya kompak dan mirip pahlawan bertopeng di film crayon sinchan, hahahhaha *ngangkat dua tangan ke kanan atas*.

Bagian paling capek di MPKMB ini bisa dibilang pas bagian mobilisasi ke masjid Al-Hurriyah setiap dzuhur dan Ashar. Tau kan jarak GWW sama AlHur jauhnya kayak gimana? rasanya pengen banget saat itu mindahin alhur ke samping GWW buat tiga harii aja biar nggak usah bolak balik (sayangnya gak bisa). Disini kakak-kakak komdis lagi yang mandu dan kadang teriak-teriak kalo kita mulai jalan males-malesan dan gak karuan barisannya. Maklum, 3700an mahasiswa harus ke alHur, dan kalo nggak cepet dan disiplin barisnya bisa-bisa yang dibelakang nggak kebagian sholat..

Kata salah seorang temen; kalo belum kena marah, ospek belom afdhol rasanya. Di hari terakhir sebelum penutupan, tiba tiba semua panitia kecuali komdis keluar. Di dalem, mulai lah kita dimarah-marahin dan dibentak-bentak. Walaupun sekali lagi semua atas kesalahan kita juga, karena ada beberapa maba yang nggak naatin peraturan dan SOP, nggak sopan bahkan kasar sama kakak-kakak panitianya. Tapi abis tegang-tegangan gitu, semua komdis keluar, dan masuklah kakak-kakak SG yang bawa lilin-lilin. Lagu daylight-nya maroon 5 diputer, daaaan what a moment! semua panitia masuk lagi, plus kakak-kakak komdis yang masuk pake senyum. Bayangin aja gimana kaka-kakak komdis yang udah nahan senyum tiga hari tiba-tiba senyum cengir-cengiran semua. 

Abis itu sekali lagi kita nyanyiin lagi mars MPKMB 50 bareng semua panitia. Terakhir, acara ditutup dan kita balik ke asrama masing-masing. Ini lagunya:


Sekedar info, ini lagu bukan cuma nadanya aja yang asik, tapi lirik-nya juga bermakna buat kita semua. Bikin kita bangga jadi generasi emas, angkatan 50 IPB yang harus bisa berprestasi dan berkreasi mewujudkan pertanian emas indonesia (lah malah nge jargon).

Abis MPKMB selesai, banyaaak banget mention yang masuk ke twitter @MPKMBIPB tentang kesan-kesan selama ikut MPKMB dan alhamdulillah semua seneng, gak ada yang bete. Banyak yang bilang MPKMB IPB ini ospek yang paling beda. Mana ada coba, ospek yang bahan-bahan tugas plus step detil-nya dikasih, kalo air minum abis diisiin, makanan diambilin, tas dibawain, dan tinggal duduk doang dengerin pemateri di ruangan ber-AC? Pokoknya MPKMB IPB beda deh. Rata-rata fun banget sama semua rangkaian acara MPKMB IPB, dan nggak pengen MPKMBnya cepat berlalu. Termasuk saya yang awalnya ketakutan. Biasa, namanya juga korban framing sinetron jadi takut bakal dibully dan diplonco, haha. Tapi kakak-kakak tingkat kita langsung ingetin kalo kita nggak boleh lama-lama terbawa euforia MPKMB dan malah lupa sama semua pesan yang udah disampein. Semoga MPKMB ini bisa jadi charger energi buat kita yang bakal terjun langsung ke dunia baru.

Oh ya, MPKMB IPB juga masih bersifat umum buat satu angkatan karena kita masih di TPB (tingkat persiapan bersama), jadi belom ospek fakultas dan departemen yang baru ada tahun depan. Siap-siap aja, katanya sih yang dua itu lebih serem~

Atribut yang harus dipake tiap hari, ada caping juga sebagai trade mark mahasiswa pertanian.

Pin yang juga harus selalu di pake.

Persembahan dari kakak-kakak panitia MPKMB 50, di lapangan depan gedung rektorat 


More info about MPKMB 50 : 

MPKMB 50 in media :


Hehe, sekian sharing dan curhatan saya tentang MPKMB IPB 50. Terimakasih buat yang mau baca.
Gimana ospek kalian? Kayaknya sih ospek jaman sekarang jarang ada yang masih main bully-bullyan ya, semoga semuanya seru dan bisa jadi sesuatu yang bisa terkenang baik sampe lulus nanti.

Ini ceritaku, apa ceritamu ?  



Sf.


NB:
Besok (1 september 2013) bertepatan dengan dies natalis atau ulang tahun IPB yang ke 50. Best wishes! Semoga IPB semakin banyak melahirkan scientist-scientist pengubah dunia! Aamiin.

Komentar

  1. kak semua alat2 termasuk caping juga udah disiapin??klo untuk barang apaaja yang harus dibawa ada semacam teka2 gitu gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah, nanti dikoordinir sama panitia pembeliannya. jadi nggak usah repot2 cari :)
      nggak ada teka-teki macem mos SMA gitu kok, santai ajaa ;))

      Hapus
  2. Oh jadi di hari akhir komdisnya senyum?
    Akhirnyaa. Tapi blm kebayang gmna senyumnya komdis... -.-

    BalasHapus
  3. Kak kalo pas ospek yang muslim wajib pake kerudung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya nggak harus, tapi kalo mau lebih jelasnya bisa ditanyakan ke panitia ospeknya ya :)

      Hapus
  4. Ini hanya untuk S1 aja kak? D3 beda lagi?

    BalasHapus
  5. wahh keren ya, nanti kyanya bakal agak takut sih sama kakak-kakak komdis, aamiin, mudah-mudahan bisa ketemu sama kakak-kakak itu, mau benget ke ipb, makasih ya kak atas ceritanya, ini nih, seluruh maba ya kak?? dari semua fakultas?

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Teknik Studio: First Maquette Making

Kryptonite? Go Away!