Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #6

Udah satu bulan (lagi-lagi) kelewat tanpa ada satu post pun. Mau alesan lagi KKN, tapi temen satu kelompok KKN yang satu ini masih bisa-bisa aja tuh nulis postingan sampe setengah lusin selama KKN. Hmmmm, emang sini nya aja kali yaa yang mageran :( padahal draft postingan udah mulai numpuk dan mulai basi seperti dua postingan sebelum ini yaitu yang ini dan ini yang notabene ngebahas tentang Kulap yang sudah terjadi satu semester yang lalu. Tapi karena udah kepalang ada di draft, jadi yaa lanjutkan sajalah.

Tapi mungkin postingan kali ini bakal jadi postingan Belajar Apa di Arstektur Lanskap IPB yang paling nggak basi, karena insya allah bakal ke post sebelum semester selanjutnya berjalan. Fresh setelah semester ininya baru dilaluin. So, gaada lagi alesan lupa-lupa pas nulisnya. Here we go, Apa aja sih yang dipelajarin di Arsitektur Lanskap IPB pas nginjek semester 6? Selamat membaca!

Btw udah part ke 6, semoga nggak bosen yaa.. ehe



Setelah nginjek semester ke 6 di ARL IPB, rasanya udah tua banget jadi mahasiswa. Kalo diitung, berada di semester 6 artinya kita udah kuliah selama hampir 3 tahun, dan 1 tahun lagi yang masih tersisa. Ngerasa tua kan? Apalagi di semester ini udah bakal dibagiin Dosen pembimbing skripsi, penentuan lab peminatan, sampe pengajuan judul skripsi dan latihan seminar proposal penelitian. Hmmm. Dan karena udah mau menginjak tahap akhir kuliah, di semester ini kita bakal dapet mata kuliah yang menunjang aktivitas penelitian dan penyusunan skripsi kita, yaitu mata kuliah Metode penelitian Arsitektur Lanskap dan Teknik Penulisan Ilmiah. Selain itu ada juga mata kuliah Desain Lanskap, Penanaman Lanskap, dan Kuliah Kerja Profesi.

Metode penelitian Arsitektur Lanskap
Mata kuliah ini sering disingkat Metopen. Sesuai namanya, di mata kuliah ini kita bakalan belajar gimana caranya ngambil sampel penelitian, ngitung data, dan ngambil kesimpulan dari penelitian yang kita lakukan. Untuk itu, di mata kuliah ini bakalan banyak rumus, statistik, dan berkutat sama aplikasi aplikasi pengolah data kayak Statistic 7 juga Excel.

Teknik Penulisan Ilmiah
Setelah belajar teknik penelitiannya di mata kuliah Metopen tadi, di mata kuliah TPI ini kita bakal belajar gimana menuangkan penelitian kita dalam sebuah skripsi secara ilmiah. So diajarin caranya dari mulai bikin pendahuluan, sampe kesimpulan skripsi, beserta perintilannya sesuai kaidah penulisan IPB.


dua mata kuliah diatas itu mata kuliah standar sih yang bakal didapet sama semua mahasiswa IPB, dan mungkin di universitas lain. Cuma bedanya, semua yang diajarin bakal disesuain lagi sama keilmuan masing-masing. Misalnya penelitian di ARL bakal kayak gimana sih tahapannya, pasti ada perbedaan sama departemen/jurusan yang lain. Gitu...

Selain mata kuliah diatas, masih ada juga mata kuliah Mayor ARL itu sendiri. Oh iya, yang ditulis disini belum termasuk mata kuliah Supporting Course dan Minor yang mungkin bakal berbeda setiap orangnya yaaa.


Desain Lanskap
Di mata kuliah Desain Lanskap ini, kita bakal belajar tentang salah satu tahapan kerja Arsitektur Lanskap selain perencanaan dan manajemen, yaitu perancangan atau desain. Mata kuliah ini jadi mata kuliah yang bikin kita banyak banget begadang, plus pusing mikirin ide karena diharuskan buat masing-masing dari kita untuk kreatif. Disini diajarin gimana tahap-tahapannya, plus praktek langsung dalam nge-desain suatu tempat/tapak/lahan mulai dari berkelompok besar, kelompok agak kecil, dan akhirnya jadi proyek individu di ujian praktikumnya yang berlangsung selama 3 hari. Next tentang Ujian Praktikum Desain Lanskap ini bakal ditulis di postingan selanjutnya karena spesial bangetnya.


hasil ujian praktikum Desain Lanskap


Penanaman Lanskap
Di mata kuliah ini kita bener-bener ngerasain gimana dari mulai menanam sampe merawat tanaman sebagai untur desain utama kita. Kita belajar menanam dengan cara stek, biji, sampe stolon, kemudian nyiram setiap hari, pemangkasan, sampe penimbangan hasil bobot kering tanaman tadi. Di praktikum mata kuliah ini, kita bakal selalu ada di nursery ARL, yaitu temoat pembibitan dan perawatan tanaman hias. Kita bakal banyak ketemu sama cangkul, tanah, alat siraman, pupuk, gunting rumput, alat pangkas, dll.

 
praktikum pemangkasan

 
rumput golf, 4 minggu dan 7 minggu setelah penanaman


Kuliah Kerja Nyata
Nah, kalo yang ini belum ada seminggu berlalu saya pulang dari lokasi Kuliah Kerja Nyata atau KKN di desa. Kebetulan saya dapat kesempatan KKN di Desa Mandirancan. Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan KKN nya gimana? Kayak yang biasa kita tau lah yaa, datang ke desa, cari permasalahan dan apa yang dibutuhkan sama desa tersebut, kemudian ngelakuin program yang sesuai kebutuhan desa. KKN ini berlangsung selama sekitar 1,5 bulan. Dan di KKN, kita bakalan ketemu sama mahasiswa dari departemen bahkan fakultas yang lain

The team


Itu dia yang kita lakuin selama semester 6, thanks for reading!


Sebelumnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? baca di sini (intro & garis besar)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #2 baca di sini (semester 1 & 2)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3 baca di sini (semester 3)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #4 baca di sini (semester 4)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #5 baca di sini (semester 5)

Selanjutnya...
The End of My #ARLife Story baca di sini (skripsi hingga wisuda)

Postingan lain tentang Arsitektur Lanskap klik disini

Komentar

  1. kak.. itu KKN-nya sendiri apa tim??

    BalasHapus
  2. Haloo kak salma! kenalin nama aku ghina:) aku suka baca2 blog kak Salma ttg ARL, makasih ya kak semua info nya sangat bermanfaat banget buat aku kak, aku jadi luamayan tau banyak ttg ARL. Dan semakin tertarik buat milih jurusan ARL buat kuliah nanti hihi. Ohiya, kak Salma doain yah semoga ghina keterima tahun depan di ipb jurusan ARL aamiin yaAllah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, hehe. Amiin, semoga sukses yaa!!!

      Hapus
  3. terimakasih atas postingan tentang ARL nya kak. Bermanfaat sekalii :') ingin deh bisa masuk jurusan ini seperti kakak. Semoga sukses dan lancar selalu kuliahnya ya kak :))

    BalasHapus
  4. Hai kak, makasih postingannya. Aku boleh tanya nggak? Di postingan sblmnya kan ada ttg penyebab penyakit tumbuhan, nah itu apa kita juga menghafal si penyebab nya itu? Ex hewan2 atau hama nya?

    Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Manajemen Komunikasi Efektif Pada Project-Based Organizations