Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #2



Nah, setelah tau gambaran umum yang bakal dipelajarin selama jadi mahasiswa ARL IPB di post sebelumnya (Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?), sekarang di postingan #2 ini saya akan berbagi tentang apa yang dipelajarin waktu tingkat pertama di masa-masa TPB (Tingkat Persiapan Bersama, lebihnya bisa klik postingan sebelumnya tentang TPB) selama semester 1 dan 2.

Sebelumnya, kabarnya nama TPB yang udah ada dari jaman ibu saya kuliah di IPB ini bakal diganti jadi PPKU alias Program Persiapan Kompetensi Umum (kalo nggak salah) sejak angkatan 52 tahun ini. Entah alesannya apa, tapi karena jaman saya disebutnya masih TPB, jadi kita sebut TPB aja ya. Hehe, semoga belum ada yang berubah dan masih bermanfaat, karena jujur jaman tpb saya sudah berlalu sekitar setahun yang lalu. Hiks, tua. Salah siapa baru nulis sekarang.


Nah, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, tahun pertama di IPB sering disebut sebagai kelas 4 SMA karena pelajarannya yang mengulang pelajaran SMA secara umum yang bertujuan untuk menyamakan start awal. So, mata kuliahnya nggak bakal berbeda, beberapa hanya mengulang kembali pelajaran di SMA dan hampir semua matakuliahnya sama buat semua Depatremen/Jurusan.


SEMESTER 1

Untuk ARL, nanti akan masuk ke kelas P yang bakal dapet mata kuliah Biologi, Ekonomi Umum, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Kimia, Pengantar Ilmu Pertanian,  dan Landasan Matematika di TPB semester pertama. Lima mata kuliah pertama pasti udah familiar dan pada faktanya emang nggak beda jauh kayak yang dipelajari di SMA. Nah untuk dua sisanya...

Pengantar Ilmu Pertanian

Disini kita bakal dijelasin tentang asal usul dan gimana pertanian berkembang, apa pentingnya, hingga tokoh-tokoh, dan kejadian penting tentang pertanian sebagai ilmu pokok di IPB. Kunci lulus matkul PIP ini katanya tinggal tamatin aja  2 'novel' PIP yang dibagiin gratis buat kita di awal perkuliahan. Emang isi modulnya banyak cerita-cerita sih, makanya nggak heran kalo sampe dibilang novel.

Kenapa sih harus dapet mata kuliah PIP ini? Karena ada di Institut Pertanian Bogor, semua mahasiswanya diwajibkan buat tau seenggaknya dasar-dasar dari Ilmu Pertanian itu sendiri (walaupun misal jurusannya gaada pertanian-pertaniannya sama sekali).

Landasan Matematika

Landasan Matematika alias LM ini adalah versi paling sederhana dari rangkaian mata kuliah berbau matematika di IPB seperti Pengantar Matematika dan Kalkulus yang serinya ada 1 sampai 3 macem novel trilogi, hehe. Beruntunglah kalian anak Arsitektur Lanskap yang dapet LM ini, disaat diluar sana anak-anak Teknik Arsitektur pusing dengan Kalkulus-nya. Kenapa kita dapet Landasan Matematika? Karena nantinya kita nggak bakal butuh matematika lanjut yang lebih rumit dari ini, dan kita bisa langsung lepas landas untuk mengaplikasikannya di ilmu kita setelah dapet landasannya di Landasan Matematika. Katanya sih gitu~

Oh iya, untuk anak snmptn undangan yang bakal kuliah lebih dulu dari jalur yang lain, kalian bakal dapet mata kuliah LM ini di Matrikulasi. Kalian akan kuliah selama sebulan, dua minggu sesi UTS dan dua minggu UAS, hanya mempelajari LM. Dan nanti waktu teman-teman kalian dari jalur lain lagi belajar LM di perkuliahan reguler, kalian udah nggak perlu lagi...


SEMESTER 2

Nah, setelah melewati 7 mata kuliah tadi di semester 1, selanjutnya di semester 2 kita bakal bertemu sama mata kuliah Sosiologi Umum, Fisika, Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila, Olahraga dan Seni, Pengantar Kewirausahaan, dan dua interdept yaitu Menggambar Sketsa dan Pengantar Seni dan Arsitektur. 

Beda sama mata kuliah TPB lain, mata Kuliah Interdept atau kepanjangannya Inter Departemen adalah mata kuliah Departemen/Jurusan yang didapat saat di TPB. Karena tahun pertama hitungannya kita masih TPB (belum masuk jurusan), maka mata kuliah luar TPB (yang notabene jurusan kita sendiri) yang didapat di TPB disebut InterDept. Nah kalo kita biasa kuliah bareng-bareng anak departemen lain di TPB, mata kuliah interdept ini bakal beda tiap departemennya. Misalnya Menggambar Sketsa dan Pengantar Seni dan Arsitektur untuk ARL, Anatomi Manusia dan Ilmu Gizi Dasar buat Gizi, dan lain lain. Biasanya kuliah Interdept ini akan di lakukan serentak di satu hari, dan bakal jadi awal kenalnya temen satu departemen yang biasanya kebagi jadi berkelas-kelas di TPB. Interdept juga jadi awal nyobain ruangan-ruangan di departemen sendiri, setelah biasanya selalu kuliah di CCR yang walaupun pas TPB bosen tapi biasanya bakal dikangenin pas masuk departemen he he.

Menggambar Sketsa 

Banyak banget yang nanya, apa kalo masuk ARL harus pinter gambar? Nah ini jawabannya, di mata kuliah Menggambar Sketsa alias Mensa ini kita bakal diajarin gambar secara freehand, mulai dari cara pegang pensil, derajat kemiringan pensil, bikin garis lurus, garis agak keriting, sampe akhirnya nanti gambar apa yang ada di hadapan kita secara langsung alias livescketch. mata kuliah ini ada praktikumnya, jadi setelah dosen nerangin di kelas kuliah, kita bakal nyoba dan latihan pas praktikumnya, di dalam kelas, ato bisa juga jalan-jalan.  Setiap pertemuan pasti ada tugas, dan pastinya selalu gambar, he-he yaiyalah. Ujiannya? Ya nggambar juga. Nggak kayak mata kuliah lain yang harus ngafal banyak materi, buat ujian Mensa mah bisa kok tidur di malem ujian, asal banyak latihan sebelumnya hehe.

Pengantar Seni dan Arsitektur

Seperti mata kuliah dengan kata 'Pengantar' yang lain, mata kuliah PSA ini dipenuhi dengan asal-usul perkembangannya di berbagai belahan dunia, sejarah, dan klasifikasi ilmu seni dan arsitektur itu sendiri. Di mata kuliah ini bakalah diajarin membuat, menganalisis dan mengapresiasi hasil karya seni dan arsitektur dari berbagai masa. Kegiatan praktikumnya didominasi dengan bikin karya seni, bikin poster, dan presentasi. Agak pusing dengan istilah-istilah, nama tempat, nama orang,  tahun, dan nama periode sih. Ujiannya juga essay, hehe. Kalo di mk TPB yang lain dibiasain buat ujian Pilihan Ganda, nanti di departemen, ujian yang bentuknya PG bakal sedikit banget,

Oh iya, di akhir perkuliahan Mensa dan PSA ini kita diajak buat Fieldtrip alias kuliah lapang.


Fieldtrip Mensa & PSA @ Eco Art Park Sentul 



Pulang pulang dapet tugas, katanya sih livesketch padahal difoto terus kerjain di rumah HA-HA

Hehe udah gitu aja, next tentang semester 3 bakal di tulis di post selanjutnya ya!
Thanks for reading :))


Sebelumnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? baca di sini (intro & garis besar)

Selanjutnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3 baca di sini (semester 3)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #4 baca di sini (semester 4)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #5 baca di sini (semester 5)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #6 baca di sini (semester 6)

The End of My #ARLife Story baca di sini (skripsi hingga wisuda)

Postingan lain tentang Arsitektur Lanskap klik disini

Komentar

  1. kaka bohong, katanya ga jagojago banget gambarnya? itu livesketch nya bagus ya -_- eeff..
    tp makasih bgt ka infonya *peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih sekali dibilang bohong :')))
      kamu nggak liat aja gambar temen yang lain kayak apa

      sama samaa, makasih udah mau baca!

      Hapus
  2. Bagi linenya kak mau tanyak" tentang arsitektur lanskap .

    Line : pauluspdd

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?

Last Day of May: Tentang Waktu