TPB (Tingkat Paling Bahagia) IPB

Bersalah banget rasanya, ketika ngisi kata 'menulis' di kolom hobi waktu disuruh ngisi berbagai form (form masuk asrama, daftar club, ukm, kepanitian dsb dsb). Padahal kenyataannya, udah lama banget nggak nulis yang bener bener bisa dikategorikan sebagai 'tulisan'. Nah karena itu, disinilah saya sekarang. selamat membaca!

By the way, harusnya sekarang saya lagi duduk manis dengerin penjelasan asisten dosen di gedung CCR 1.10 kelas responsi ekonomi umum. Tapi sekarang saya malah ada di kamar 218/A4 dan duduk manis di meja belajar, di depan laptop yang terkoneksi internet yang lumayan cepet karena yang lain masih pada kuliah. Eh, bukannya bolos! Tapi kelas bubar karena kakak tingkat yang harusnya ngajar responsi belom bisa ngajar. Kalo bolos atau ijin nggak masuk waktu masih sekolah sih enak, tinggal kasih surat sakit dan selesailah urusan. Kalo nggak masuk waktu kuliah bisa ribet sendiri sama absensi, bahkan ga bisa ikut ujian.

Nah, daripada saya bengong-bengong sendirian di kamar atau nonton ftv di ruang sebelah bareng temen-temen, nungguin sampe kelas selanjutnya jam 2 siang, mendingan saya pake waktu luang saya ini buat share ke temen-temen atau adek-adek kelas yang pengen tau gimana sih kuliah di IPB? Apasih asiknya? Ataupun gimana sih sistem kuliahnya, terutama di tingkat satu? Walaupun masih tergolong sebagai mahasiswa baru yang masih cupu dan belom tau apa-apa, tapi berbagi apa yang saya tau nggak ada salahnya kan?

Kalo tanya, mata kuliah apa aja yang udah saya dapet sebagai mahasiwa tingkat satu departemen Arsitektur Lanskap (ARL, tentang ARL klik disini) yang ada di fakultas pertanian (Faperta), jawabannya sama seperti kebanyakan mahasiswa tingkat pertama IPB lainnya di jurusan apapun. Kita masih belajar matematika, kimia, biologi, bahasa indonesia, dan pelajaran lain layaknya siswa SMA. Dan itu rata untuk hampir semua jurusan, kecuali beberapa fakultas kayak FEM (Fakultas Ekonomi dan Managemen) atau FEMA (Fakultas Ekologi Manusia) yang cuma dapet gambaran umum-nya aja tanpa praktikum (biologi umum, kimia umum, dll) yang nanti waktu masuk jurusan (biasa dibilang, departemen) nggak bakalan dipelajarin. Nah loh? Kok bisa?

IPB punya sistem yang berbeda dengan universitas-universitas lain buat para mahasiswa barunya, yang disebut TPB atau Tingkat Persiapan Bersama (mulai angkatan 52/tahun 2015 namanya jadi PPKU atau Program Persiapan Kompetensi Umum). Disini, semua mahasiswa baru bakalan sekelas sama mahasiswa-mahasiswa dari jurusan yang lain. mahasiswa TPB belum resmi masuk ke fakultas dan departemen (karena itu kita belom di ospek fakultas dan departemen/MPF & MPD). Kita harus lewatin dulu yang namanya TPB, trus MPF&MPD di tingkat 2 nanti, dan baru resmi jadi mahasiswa fakultas masing-masing. Di TPB, kita bakal belajar lagi pelajaran-pelajaran SMA -tentunya dengan tingkat kedalaman yang lebih-, makanya kadang-kadang dibilang juga sebagai kelas 4 SMA walaupun gak bisa disamain dan dianggap enteng juga.

Jadi ketika temen saya di Jurusan Arsitektur Interior UI udah belajar Pengantar Seni Arsitektur, Seni Rupa, dll di semester satu, saya di Arsitektur Lanskap IPB baru dapet mata kuliah itu di semester 2 (mata kuliah interdepartemen), dan bahkan di tingkat 2 dan seterusnya (walaupun beda jurusan, jadi kesananya pasti beda juga matakuliah-matakuliahnya), kayak gitu sekilas bayangan perbedaannya...

TPB, sesuai kepanjangannya, jadi masa persiapan kita menuju dunia perkuliahan yang sebenernya. Jadi, kita gak bakal 'jetlag' karena langsung belajar pelajaran yang beda banget sama pas sma, plus dengan sistem yang juga beda. Lumayan lah, kita belajar lagi pelajaran yang lama dengan sistem belajar yang baru. Jadi di TPB ini kita dikasih waktu buat sama-sama beradaptasi di kehidupan perkuliahan dengan mempelajari mulai dari dasar-dasarnya ilmu yang bakal kita dalemin nanti di departemen masing-masing...

TPB ini ada enaknya, ada juga nggak enaknya. Enaknya, di tingkat satu ini kita nggak usah pusing-pusing nyusun jadwal kuliah dan rebutan kursi demi menuhin SKS (Satuan Kredit Semester) di pengisian KRS (Kredit Rencana Studi), karena jadwal udah langsung dapet dari pihak TPBnya. Dan kalo kita lulus TPB, artinya kita udah jalanin sekitar 25% SKS yang dibutuhin untuk lulus S1. Jadi, disaat mahasiswa-mahasiswa lain udah bingung nyusun jadwal dan ngisi KRS (tapi beberapa juga udah di paketin), kita tinggal kuliah aja. Bagian galau karena KRS baru bakal kita rasain tahun depan di tingkat 2.

TPB jaman sekarang juga enak, karena kuliahnya terpusat di CCR (Common Class Room/ Gedung Kuliah Bersama) dan TL (Teaching Lab) yang bersebrangan dan di design kembar sama gedung kuliah di IPB Baranang Siang. Satu kelas isinya 130 orang, agak shock juga karena biasanya sekelas gak pernah lebih dari 30 orang jadi harus rebutan tiap harinya biar nggak dapet tempat duduk paling belakang, karena agak susah buat liat proyektor, plus dosen yang lagi ngejelasin.

Adanya CCR dan TL ini ngebantu banget, karena setiap ganti mata kuliah kita tinggal pindah ruangan atau nyebrang. Nggak kayak jaman orang tua kita dulu (dari testimoni orang tua yang kebetulan dua-duanya kuliah di IPB juga angkatan 26/tahun 1989), kalo ada kelas di lab kimia harus ke departemen kimia, pelajaran ekonomi harus ke FEM, dan seterusnya. CCR ini juga enak kelasnya, dibanding nanti kalo kita udah masuk departemen dan kuliah di gedung fakultas masing-masing (kata kakak tingkat). Apalagi CCR ini jaraknya deket banget sama Astri (Asrama Putri TPB), jadi setiap hari kalo mau kuliah tinggal jalan dikit dan sampe. Sebagai Fun Fact, bentuk bangunan CCR dan TL yang ada di kampus IPB Dramaga ini dicopy langsung dari bentuk bangunan utama IPB Baranangsiang loh. Jadi buat yang suka main-main di IPB Baranangsiang, atau mampir karena numpang parkir karena mau ke Mall Botani Square di sebelahnya, pasti nggak asing sama bentuk bangunan CCR dan TL ini.

Nah, kalo nggak enaknya nih buat beberapa departemen misalnya yang ada di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) seperti departemen Manajemen yang nantinya gak bakal belajar eksak, naah di TPB ini dipaksa buat belajar kimia, matematika, dll walaupun cuma umum atau garis besarnya aja. Mungkin sekilas nggak guna juga ya, karena ngapain dipelajarin toh nanti juga kedepannya gak di pake. Tapi itulah uniknya sistem IPB. makanya ada yang bilang juga, kalo ngambil jurusan berbau IPS mending jangan di IPB deh, haha.

Tapi over all nggak ada masalah sih sama TPB. TPB itu tergolong tingkat paling santai, masih banyak waktu luang, dan relatif gampang buat dapet nilai A di transkrip nilai kita. Serius! (kopi kata-kata kakak tingkat lagi). TPB itu katanya juga tempat panen IP 4. Banyak mahasiswa TPB yang dapet IP empat di tahun pertamanya (walaupun saya bukan salah satunya, haha), yang katanya bakalan susah didapetin di tahun-tahun berikutnya. Makanya, kita di TPB dituntut buat manfaatin waktu sebaik-baiknya diantara jadwal kuliah masih bolong-bolong (gak full seharian), dan sehari bisa cuma 3, 2 bahkan satu mata kuliah doang. Di TPB juga tempat kita bersosialisasi, karena disini kita di wajibkan buat tinggal di asrama. Di asrama, kita bisa belajar, makan, nonton tv, dan seru-seruan bareng. Katanya sih, nanti kalo kita udah lulus TPB dan keluar asrama, banyak hal yang kita bakal kangenin terutama kebersamaannya. Nah, makanyaa TPB kadang-kadang dibilang sebagai Tingkat Paling Bahagia yang nggak bakalan ditemuin di tingkat-tingkat seterusnya.

abis serah terima mahasiswa baru
Seru kaaan kuliah di IPB? Sekian, segitu aja yang saya tahu dan berkesempatan saya bagi tentang TPB IPB. Mohon maaf kalo ada yang salah, kurang atau lebih karena saya hanyalah seorang mahasiswa baru biasa yang belum tau apa-apa dan hmmm, sekarang saya udah jalan minggu ke 4 di kampus + minggu ke 2 kuliah. Nggak kerasa ya, minta doanyaa, semoga saya bisa memanfaatkan waktu-waktu saya yang singkat di TPB ini dengan baik ..

Terimakasih buat yang udah baca :)

@salmafadhilah

Komentar

  1. Kak ARL IPB seru ga? Mahasiswa yang lain dan dosennya gimana? Kenapa kakak pilih jurusan ARL, apa karena dari awal ingin masuk ARL atau ada cerita lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seruu!
      yaa standar laah. mahasiswa, dosen, kk tingkatnya juga asik-asik tapi lebih santai dan nggak kaku kayak departemen lain hehe

      baca postingan yang lain ya ---> http://salmafadhilah.blogspot.com/2013/07/berita-baik-sebelum-bulan-baik.html
      tentang arl nanti tunggu postingan selanjutnya, karena emg belom sepenuhnya masuk departemen

      Hapus
  2. Kak klo mau ngambil ARL IPB nilai yang lebih di prioritaskan itu apa kak? Biologi atau apa? Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk diterima di ARL sendiri, kayaknya IPB liat rata-rata nilai SMA secara keseluruhan, nggak ada yang di prioritaskan. tapi waktu kuliahnya, kebanyakan belajar seputar tanaman, iklim, tanah, dll. bukan biologi juga sih tepatnya, banyak bidang ilmu yang kepake dan saling berhubungan.

      sama-sama :) lengkapnya baca --> http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html

      Hapus
  3. ka doain ya, aku milih IPB jurusan ARL buat snmptn, doain biar keterima ya.. :)

    BalasHapus
  4. kak salam kenal^^ kaka masuk ip lewat jalur snmptn apa sbmptn? kira2 tahun ini untuk prodi arsitek lansekap sendiri daya tampungnya besar ngga ya? mohon dijawab ya kak. makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masuk ipb lewat jalur sbmptn hehe :)
      buat arl, daya tampung jalur snmptnnya tahun lalu sekitar 40 orang, sbmptn sekitar 30 orang, dan utm 8-10 orang. jadi totalnya 70-80 orang dari semua jalur. kurang tau kalo tahun ini berapa tapi kayaknya masih sekitar itu.
      sama-sama, sukses ya :))

      Hapus
  5. kak katanya kalo masuk ARL metematikanya harus bagus ...itu bener gak :-D

    BalasHapus
  6. kak kalo masuk ARL matematikanya harus bagus ya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga sih, matematika nya dipake dikiit banget beda sama teknik arsitektur yang banyak matematika teknik.
      coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html

      Hapus
  7. Kak doain aku masuk arl ya, aku kepingin masuk arl karena menurutku sesuai kemampuanku dan tidak mainstream, sangat keren dan menantang

    BalasHapus
  8. Kak doain aku masuk arl ya, aku kepingin masuk arl karena menurutku sesuai kemampuanku dan tidak mainstream, sangat keren dan menantang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, sukses yaa semog kamu bisa jadi bagian dari ARL 52 :)

      Hapus
  9. Mohon informasi ttg kebutuhan2 di jurusan arl ini ya kak, apa masih sering bikij maket2? Apa skrg sudah banyak menggunakan basis komputer? Atau masih mesti beli peralatan2 arsitektur yg ky papan atau meja atau pensil2 khusus mahal itu ga sih kak?Trs biaya arl di ipb tuh semesterannya brp ya kak? Sama setau kakak lulusan arl ipb itu banya kerja dimana kaak? Mohon dijawab sejelas mungkin ya kaak, saya butuh menjelaskannya ke ortu saya soalnya, saya pegen bgt tp ortu sy msh blm se7. Ja tolong bantu saya ngeyakinin ortu saya ya kaakk hehe trimakasih banyak kak ditunggu jwbnnyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo nadia,
      coba baca tulisan-tulisan sy tentang arl lainnya dulu ya!
      Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap (disini http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html)
      Kenapa Arsitektur Lanskap? (disini http://salmafadhilah.blogspot.com/2015/02/kenapa-arsitektur-lanskap.html)
      insya allah sebagian pertanyaan kamu, seperti tentang prospek kerja ada di tulisan2 itu. dan semoga keingintahuan kamu yang lain bisa terjawab :)

      untuk yang belum terjawab disitu, tentang kebutuhan,
      bikin maket nggak terlalu sering, sampe semester 4 ini sih baru buat maket 1 kali dan biasanya berkelompok, jadi nggak jadi beban individu.
      basis komputer sudah dipakai, tapi kemampuan mengggambar freehand tetep harus dipunyai sama setiap arsitek lanskap. peralatannya emang agak mahal sih, tapi emang perlu dan jadi investasi juga buat kedepannya.
      biaya semesteran di ipb tergantung gaji orangtua, dan berbeda setiap mahasiswa. jadi nggak bisa digeneralisir berapanya per jurusan. tapi nggak akan membebani kok dan juga di ipb banyak kebuka peluang banyak jenis beasiswa, jadi tenang aja

      segitu aja, maaf kalo ada yang kurang jelas yaaa. bisa ditanya lagi hehe. semoga sukses :)

      Hapus
  10. Iya kak aku udh baca postingan kakak yg lainnya, akhirnya mamaku jg udh setuju buat masukin arl jd slh satu jurusan buat undangannya. Buat selebihnya makasih ya kak jawabannya dan mohon doanya kakak juga yah mudah2an bisa aku bisa masuk arl ipb nantinya hehe :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah :)
      iyaa sama-sama, amiiin semoga nantinya kamu bisa jadi bagian dari arl ipb :) sukses terus :))

      Hapus
  11. Kak, nilai rapor minimum untuk pelajaran MIPA nya kira2 berapa? Soalnya aku nggak terlalu bisa MTK. Bisa nggak kira2 masuk ARL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau, soalnya bukan masuk lewat snmptn yang pake rapor hehehe.

      Bisa kok, asal mtk nya lulus walaupun nggak terlalu bagus tapi mata pelajaran yang lain bisa membantu rata2nya jadi naik kayaknya nggak masalah. soalnya setahu saya yang diperhatikan nilai keseluruhan dan bukan satu mata pelajaran aja. Semoga membantu :)

      Hapus
  12. Assalamualaikum~

    Saya berencana untuk melanjutkan S2 ke jurusan ARL tapi saya S1 nya teknik arsitektur, bagaimana menurut kamu? apakah sulit nantinya?

    terimakasih atas sarannya :)
    dan tulisan kamu sangat bermanfaat ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kurang tau yaaaa -_- saya aja masih s1 dan belum lulus hiks...
      tapi kayaknya bisa aja sih, S2 ARL IPB juga nggak semuanya lulusan ARL kok kak. coba dikontak aja cp bag s2 nya dan ditanya2 lagi, semooga membantu ya kak, hehe :)

      Hapus
  13. kak biaya kuliah ARL IPB brp ya ? ad biaya apa aja ? asrama utk tahun pertama itu gratis atau bayar ya kak ? asrama cuma utk tahun pertama ya ? bisa gk utk tahun seterusnya juga tinggal diasrama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya kuliahnya sama seperti departemen-departemen lain di IPB, yaitu disesuaikan sama besar gaji orangtua. Biayanya pakai sistem UKT, so uang pangkal nggak di tagih langsung di awal tp distribusikan ke tiap semesternya.

      Asrama untuk tahun pertama saja, tahun berikutnya harus cari kos/kontrak. Karena tahun depannya bakal diisi sama mahasiswa baru selanjutnya.

      Asrama nggak gratis, ada biayanya, cuma nggak bakal mahal banget kayak ngekos/ngontrak, namanya juga asrama. Buat berapa biayanya sekarang kurang tau juga ya.

      Hapus
  14. keperluan utk kamar asramanya udh disediain/beli sendiri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keperluan seperti apa ya?
      kalo buat ranjang, kasur, lemari, dan meja belajar sudah ada. sisanya beli sendiri

      Hapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?

Last Day of May: Tentang Waktu

"Gimana, Betah Nggak?"