Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #5


Mumpung ada waktu dan mumpung lagi mood, langsung lanjut aja yaa ngelanjutin postingan yang belum ada 2 jam lalu saya post yang judulnya Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #4. Kali ini di postingan part ke 5, seperti biasa, bakalan di jelasin tentang apa aja sih yang dipelajari di ARL khususnya di semester ke 5. Langsung aja, so checkout!



SEMESTER 5

Di semester ke 5 alias di tingkat ke-tiga kita kuliah, mata kuliah yang kita dapetin antara lain Komputer Grafik Untuk Arsitektur Lanskap, Analisis Tapak, Pelestarian Lanskap Sejarah dan Budaya, Konstruksi dan Bangunan Taman, Tanaman Dalam Lanskap, dan Kuliah Lapang Arsitektur Lanskap yang semuanya merupakan mata kuliah Mayor.


Komputer Grafik Untuk Arsitektur Lanskap

Ada yang bilang, memasuki semester 5 adalah saat buat say bye to rapidograph. Kenapa? Karena di mata kuliah yang biasa disingkat Komgraf ini bakal mulai diajarin buat ngolah data, gambar, desain, analisis spasial, sampe bikin presentasi karya ARL kayak siteplan, peta, 3d, sampe animasi dengan aplikasi komputer grafis. So, setelah dapet matakuliah ini, semua tugas bakal dibuat computerize. Aplikasi yang bakal dipelajarin antara lain ArcGIS, ERDAS, AutoCAD, Sketchup, Lumion. Di matakuliah ini diajarin juga buat ngambil dan ngolah data pake GPS.


Salah satu hasil kerjaan yang masih ada di laptop (yang lain pada gatau dimana) 
pake aplikasi ArcGIS


Analisis Tapak

Mata kuliah Antap ini kita diajarin buat nge-analisis sebuah tapak, nentuin potensi, kendala, amenity, dan danger signal yang ada di tapak itu, dilihat dari sifat fisiknya. Setelah itu kita harus bisa tentuin apa penggunaan terbaik yang bisa diterapin dan apa yang diperlukan buat tapak itu.



Foto bareng setelah kuliah terakhir

Juga pernah upload tugas antap di sini.


Pelestarian Lanskap Sejarah dan Budaya

Buat yang suka sam atempat-tempat bersejarah pasti suka sama mata kuliah ini. Di mata kuliah PLSB, kita bakal belajar tentang lanskap-lanskap bersejarah, karakternya, dan apa aja nilai penting yang dipunyai sama tempat itu, plus strategi-strategi buat pelestariannya, lewat kebijakan, program, maupun pembangunan interpretasi dan kawasan perlindungan sejarah.


Konstruksi dan Bangunan Taman

Di mata kuliah KBT ini kita bakalan belajar konstruksi berbagai struktur bangunan yang digunaik di taman dan lanskap dan bahan bangunannya. Kita bakal belajar teknik bikin pondasi, rangka, dinding, paving, tangga, dll, juga belajar gimana ngegambarnya secara teknis.


Tanaman Dalam Lanskap

 Setiap minggu, buat mata kuliah TL ini kita bakalan nyetorin puluhan sampe ratusan list taneman. Mulai dari nama lokal, nama latin, sampe ciri-ciri tumbuh tanaman itu, karena di matkul ini kita belajar macam-macam tanaman yang ada pada tiap tipe lanskap. Jadi tiap minggu kita bakalan dateng ke suatu tempat dan nyatetin detail taneman-taneman, (yang kalo di kebun raya ada di plang-plang ijo di deket setiap taneman).

Fieldtrip di Kebun Raya Cibodas, tetep nyatetin plang



Kuliah Lapang Arsitektur Lanskap

Kuliah lapang alias Kulap ini adalah mata kuliah dimana kita bakalan pergi ke sesuatu tempat dan belajar tentang contoh karya arsitektur lanskap secara langsung. Mulai dari lanskap alami maupun buatan, lanskap kota, konservasi, sampe lanskap sejarah dan budaya, lalu mepelajari tentang karakter dan aplikasi teori dasar ilmu arsitektur lanskap itu sendiri pada masing-masing destinasi.

Waktu tahun keberangkatan angkatan saya kemaren kebetulan berkesempatan buat berangkat untuk liat karya-karya lanskap di Singapur dan Malaysia. Cerita detail tentang kulap (atau bahasa kerennya landscape excursion) di postingan selanjutnya (yang di link dibawah) yaa

Kulap #1 Singapore: https://salmafadhilah.blogspot.jp/2016/07/landscape-excursion-2016-1-singapore.html
Kulap #2 Malaysia Part 1: https://salmafadhilah.blogspot.jp/2016/09/landscape-excursion-2016-2-malaysia.html
Kulap #3 Malaysia Part 2: https://salmafadhilah.blogspot.jp/2016/09/landscape-excursion-2016-3-malaysia.html


See you and thanks for reading!


Sebelumnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? baca di sini (intro & garis besar)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #2 baca di sini (semester 1 & 2)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3 baca di sini (semester 3)
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #4 baca di sini (semester 4)

Selanjutnya...
Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #6 baca di sini (semester 6)

The End of My #ARLife Story baca di sini (skripsi hingga wisuda)

Postingan lain tentang Arsitektur Lanskap klik disini

Komentar

  1. ka pengen contek" an... buat belajar ASL...

    BalasHapus
  2. Ka Salma nilai rapot di SMA rata-rata berapa ka? Fokusin di mapel apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak masuk lewat snmptn undangan, jadi nggak pake raport :)

      Hapus
  3. Ka aku mau nanya dong, kalo mau masuk arl tuh harus udh jago gambar gaa?

    BalasHapus
  4. Kak download Lumion dimana ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Moony Scribbler