Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap


Kadang bingung kalo mau ngejelasin cuma dengan beberapa kata karena waktu yang singkat kalo ada orang yang nanya tentang jurusan yang lagi saya jalanin sekarang. Arsitektur lanskap? Hmm, kadang jawaban yang keluar dari mulut cuma seputar arsitektur pertamanan beserta sedikit penjelasan tentang perbedaannya sama teknik arsitektur atau arsitektur interior, jurusan yang sama-sama ada kata arsitektur di dalamnya. 


Bener sih, ilmu Arsitektur Lanskap itu perkembangan lebih lanjut dari ilmu awalnya yaitu Arsitektur Pertamanan. Tapi yang banyak orang pikir; bikin taman? Nyusun-nyusun tanaman di depan halaman rumah? Lah, itu mah nggak usah susah susah belajar jadi Arsitek Lanskap, tukang kebun atau tukang bikin taman pinggir jalan juga bisa! Padahal sebenernya dunia arsitektur lanskap yang belum banyak orang tau ini nggak cuma se-sempit kelihatannya.

Nah, berhubung besok pagi saya ujian mata kuliah Daskap alias Dasar-Dasar Arsitektur Lanskap dan baru aja selesai baca abis slide sesi uasnya, sambil refreshing sekalian review sekarang saya pengen jelasin sedikit dan yang saya tau tentang dunia arsitektur lanskap ini yang belum kesampean sejak bersemester-semester lalu.

Mungkin yang jadi pertanyaan awal adalah kata lanskap (atau cara penulisan lainnya; lansekap) di belakangnya yang masih asing dan jarang di denger. Sebenarnya, lanskap sendiri artinya bentang alam yang luasnya sejauh mata memandang, sejauh indera dapat merasakan, dan sejauh yang dapat di imajinasikan (Zain Rachman). Kalo digabung sama kata arsitektur di depannya, jadi ilmu perancangan alam terbuka. So, ilmu arsitektur lanskap ini nggak cuma berkecimpung di dunia design-mendesign taman skala kecil seperti halaman rumah, tapi juga tata kota, wilayah, sampai negara. Dimanapun bumi dipijak, kemanapun pergi, penataannya masih jadi ruang lingkup Arsitektur Lanskap.

Berhubung bumi itu tempat manusia dan seluruh makhluk hidup tinggal, selain mikirin sisi keindahan penataannya pasti harus memikirkan aspek keberlanjutan dan kelestarian alam serta kehidupan manusia. Karena itu, ilmu Arsitektur Lanskap memadukan antara seni dan berbagai cabang ilmu sains, mulai dari klimatologi, planologi, ekologi, pertanian, sipil dan lingkungan, hingga ilmu arsitektur itu sendiri. Jadi, di Arsitektur lanskap, kita juga harus belajar tentang ilmu tanah, ilmu agrnomi, ilmu tentang iklim dan banyak ilmu lain yang berkaitan dengan lingkungan. Misalnya nih dengan komposisi tanaman yang pas, taman yang diciptakan akan membantu proses pemurnian udara dari polusi, menyuplai oksigen bagi manusia, serta membuat alam semakin hijau dan asri. Memodifikasi iklim mikro yang panas dan gersang menjadi lebih sejuk dengan berbagai macam vegetasi, hingga menghindarkan manusia dari bahaya bencana alam dengan design lingkungan yang sudah direncanakan sedemikian rupa. Lingkungan dan manusia sehat dan aman, namun keindahan alam tetap terjaga. Singkatnya, make a better place for human life.

Salah satu tugas yang agak sukses,
walau akhirnya disuruh ngulang :'D
Di Arsitektur Lanskap ini, nanti bakalan banyak ketemu sama aktivitas gambar-menggambar bebagai jenis pohon dan tanaman. Elemen design yang dipakai disini, yaitu tanaman yang termasuk elemen hidup juga menjadi pembeda dari ilmu-ilmu arsitektur yang lain. Karena itu juga, ilmu Arsitektur Lanskap nggak memerlukan banyak ilmu hitung seperti ilmu arsitektur yang masuk rumpun teknik, karna ilmu konstruksinya cuma dipakai untuk konstruksi bangunan sederhana. Makanya ARL di IPB masuk di fakultas pertanian dan bukan teknik. So, nggak bakalan tuh yang namanya ketemu sama kalkulus...

(edit 31/12/14) Banyak juga kemudian yang tanya, sebenernya di ARL itu harus punya basic gambar yang kuat nggak sih? Kalo menurut saya, punya basic gambar sih kayaknya nggak harus-harus banget, mengingat saya juga nggak pernah nggambar sebelumnya dan baru kenal sama dunia gambar-menggambar pas udah masuk ARL, itupun pas semester dua. Serius. Tapi yang paling penting sih suka, dan mau belajar. Kalo bisa-nggak bisanya sih bisa jalan seiring waktu, kagok-nggak kagok, biasa-nggak biasanya juga bisa dilatih dengan banyak-banyak gambar. Toh, nanti semuanya juga belajar sama-sama dari awal, bahkan dari cara pegang pensil dan bikin garis. Sekali lagi, yang penting suka, dan mau belajar. Masalahnya semua tugas dan mata kuliah nggak bakal lepas dari gambar dan bakal mabok sendiri kalo gak suka 

Ilmu unik ini masih dikuasai oleh sedikit orang di Indonesia, secara perkembangannya juga terbilang baru kalo dibandingkan sama bidang-bidang ilmu yang lain. Universitas yang punya jurusan ini juga masih terhitung jari, dan IPB satu-satunya perguruan tinggi negri yang punya. Tapi kalo mau bicara tentang lapangan pekerjaannya, kayak yang dibilang diatas tadi, luasnya sejauh mata memandang dan kemana pun kaki bakal berpijak :)

Kalo ngecopy dari web IPB sih begini kira-kira lapangan pekerjaan secara spesifiknya sarjana arsitektur lanskap :
- Lembaga/perusahaan konsultan dan kontraktor Arsitektur Lanskap
- Wirausaha dibidang arsitektur lanskap
- Perusahaan property
- Resort wisata, pemukiman/apatermen/hotel, & olahraga dan padang golf
- BAPPEDA
- Departemen/Dinas Pekerjaan Umum, lingkungan hidup, & pertamanan/Tata kota
- Lembaga-lembaga Penelitian & Perguruan tinggi

Tapi banyaknya sih kakak-kakak kelas nggak jauh-jauh dari kerja di perusahaan kontraktor, konsultan, atau studio design ARL, ikut di proyek-proyek design di segala macem bentuk dan skala tapak, dan segala macem perusahaan. Ya, sesuai sama yang dipelajari lah. Yang perlu diinget, kalo takut tenaga dan ilmu kita nggak kepake sebagai arsitek lanskap, -sekali lagi ditekankan- dimanapun ada alam terbuka, itu jadi tugas kita dalam perencanaan, perancangan dan pengelolaannya.

Plus, kalo denger cerita-cerita dari dosen dan kakak kelas, lulusan departemen kita, sarjana arsitektur lanskap jarang banget yang banting setir dan kerja di luar bidang arsitektur lanskap. Sering denger dong ya, kalo IPB punya nama lain yaitu Institut Perbankan Bogor, atau kelakar yang bilang kalo lulusan IPB itu serba bisa dan ahli di banyak bidang, kecuali bidangnya sendiri yaitu pertanian? Beda dengan lulusan jurusan lain di IPB yang banyak kerja di bidang lain, kayak kerja di bank, jadi guru, atau wirausaha, lulusan arsitektur lanskap hampir seluruhnya bakalan kerja di bidang arsitektur lanskap juga. Hal ini dikarenakan emang ilmu kita yang sangat khas dan unik, plus tenaga kita yang masih sedikit dan masih sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Apa lagi ya? Yah, segitu aja sih sekilas tentang ARL yang saya tau dan alami langsung selama kuliah (dan kebanyakan juga didapet dari mata kuliah Daskap yang didapet sesi UTS kemaren hehe) dan semoga bermanfaat. Kalo mau tau lebih jelas bisa tanya langsung, googling, atau bisa juga liat gambaran ilmunya di video yang judulnya 'I Want to be a Landscape Architect’ di bawah ini


atau tonton langsung di youtube dengan klik https://www.youtube.com/watch?v=zbx3FDDNeQM

Dibilang promosi atau provokasi banget sih enggak kayaknya ya, tapi buat yang berminat dan mau masuk ARL sih dijamin seru dan ilmunya insya Allah sangat bermanfaat, nggak cuma buat diri sendiri tapi juga buat kehidupan manusia dan lingkungan

Sekian dulu dan minta doanya juga buat ujian Daskap besok pagi ;) 
Thanks for reading, see ya!


Buat baca postingan lain tentang Arsitektur Lanskap, klik disini ya!

Komentar

  1. Kakk mau tanyaaaaa waktu ikutan SNMPTN nilai rata rata rapor kk berapaa ya kak ?? Mksh ka salmaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe gak harus disebutin kan? masa sebutin disini sih -_-

      nggak terlalu bagus, ditambah lagi dengan sekolah yang belom akreditasi. jadi dari awal emang nggak berharap banyak dari snmptn.

      tapi snmptn itu banyak faktor luck-nya. coba aja sambil terus semangat belajar. insya Allah kalo rezeki mah nggak kemana :) sukses, semoga membantu!

      Hapus
    2. kak kalo untuk SBMPTN nya sendiri itu tes nya gimana aja? terus kalo untuk tau kapan dilaksanakannya SBM ARL itu nyari info nya di mana? ada web khusus nya ngga?

      Hapus
    3. kalo sbmptn kan nasional. jadi sama tipe soalnya dan waktunya buat semua jurusan.

      arl masuk jurusan ipa, jadi nanti tes nya ambil paket ipa, atau ipc kalau ada pilihan ipsnya juga. juga nggak ada portofolio dan tes bakat seni atau apapun nya. jadi tes tulis aja. setahu saya sih terakhir begitu, saya sbmptn udah hampir 3 tahun yang lalu btw :')

      bisa kamu lihat infonya di web sbmptn ya di sbmptn.or.id atau cari aja infonya banyak kok di google :)

      Hapus
  2. wkwkwk emang sal, sejatinya, banyak orang yang tidak berilmu yang meremehkan ilmu...
    so, dalam imajinasi aja noyor nya, hueheheheh "sial, gini2 tukang kebunnya negara lo mau apa?!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. yooi fakh hahahaha kesel pake banget kalo udah di remehin, wajar sih kebanyakan karena ketidaktahuan dan nggak kerasanya efek ilmu kita buat mereka. yah sabar ajalah ya :') emang cuma bisa noyor dalam imajinasi :'D
      thanks a alot fakh! luv luv :*

      Hapus
    2. Baca artikel ini mirip kayak game Build Simcity!!!!

      Hapus
  3. Kak mau nanya dong kira kira peminat masuk arl banyak ga ya? Aku juga kepikiran mau masuk sana juga nantinya, perbandingan bangku sama peminatnya brp ka? Makasih banyak ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau waktu tahun saya snmptn (berarti sekitar 2 tahun yang lalu, duh tua juga -_-) peminat ARL sekitar 1700 dari 42 orang yang diterima di jalur itu. perbandingannya sekitar 1:40, artinya satu kursi di ARL diperebutkan sama 40 orang, dan itu jadi jurusan dg peminat terbanyak ke 10 di IPB tahun itu. tapi kalo mau usaha dan serius sih nggak susah sebenernya..

      itu buat snmptn aja, tapi semoga bisa jadi gambaran. kalo daya tampung totalnnya dari semua jalur ada 70-80 orang. rinciannya, jalur snmptnnya sekitar 40 orang, sbmptn sekitar 30 orang, dan utm 8-10 orang. kurang tau kalo tahun ini berapa tapi kayaknya masih sekitar itu.

      terimakasih sudah bertanya, semoga membantu :)

      Hapus
  4. Saya mau bertanya arsitektur lanskap nanti ad mata kuliah studio perancangan arsitektur ga? Truss mau nanya di jururan Anda lebih banyak laki-laki atau perempuan?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mata kuliah yang dilakukan di studio; perancangan arsitektur lanskap, ada :) atau lebih tepatnya mata kuliah desain lanskap yang didapat nanti di semester 6.

      persentasenya laki-laki dan perempuannya untuk kasus angkatan saya sih lumayan imbang, nggak terlalu banyak di perempuan atau laki-lakinya. Mungkin sekitar 60% perempuan dan 40% laki-laki. nggak terlalu kontras sih kayak di jurusan Teknik Mesin dan Biosistem yang kebanyakan laki-laki, atau Ilmu Gizi Masyarakat yang kebanyakan perempuan.

      Sama-sama, semoga membantu :)

      Hapus
  5. kak mau nanya, masuk ARL ini susah gak ? jurusan ini masuk ke ipa atau ips ? soal ny aku ipa, kalo lewat snmptn kan susah klo ngambil fakultas yg gak sesuai jurusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah gampangnya sih tergantung ya hehehe, tergantung sama usaha kita segimana, kalo snmptn berarti juga faktor sekolah terakreditasinya bagus apa enggak, banyak deh hehe. yang pasti sih nggak sesusah masuk jurusan-jurusan favorit kayak kedokteran dll, karena peminatnya juga nggak sebanyak itu.

      ARL ini IPA, masuk fakultas pertanian, soalnya banyak berhubungan sama tanaman dan alam. dan semua jurusan di IPB juga jurusannya IPA. hehe

      Semoga membantu :)

      Hapus
  6. ka aku mau nanya, klo jurusan arl ini harus pinter pinter matematika gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga sih, matematika nya dipake dikiit beda sama teknik arsitektur yang banyak matematika teknik. nggak usah takut ketemu banyak matematika, saya juga gak pinter matematika kok :))

      Hapus
  7. Ka aku mau nanya, untuk portofolionya jurusan arl ini yg dites itu kyk gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu saya dulu, pas masuk nggak butuh portofolio. kayaknya tahun sekarang uga masih belum perlu hehe. semoga membantu :)

      Hapus
  8. kak mau nanya, klu jurusan statistika kan nilai klu dri ipa yang dilihat nilainya mtk dan fisika. klu arsitektur fisika mtk juga.
    arl sama gg mtk fisika juga yang dilihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau ya kalo nilai apa yang dilihat hehe, soalnya yang tau kayak gitu ya pihak kampusnya sendiri. tapi kayaknya sih nilai keseluruhan, bukan cuma fisika mtk aja. lagipula, nantinya di arl bukan ilmu fisika sama matematika yang dominan, tapi malah biologi hehe

      Hapus
  9. Ka Saya masih kelas 3 sma, mau ambil arl tapi masih ragu-ragu, boleh saya minta kontaknya buat tanya-tanya ka? Sekalian ada tugas wawancara dari sekolah, terimakasih ka.

    BalasHapus
  10. kak mau tanya, jurusan ARL itu adanya di univ mana saja ?, sama biaya hidupnya disana gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di universitas negeri, IPB masih satu-satunya yang punya jurusan Arsitektur Lanskap. Kalo di universitas lain sudah ada, tapi belum berbentuk jurusan, jadi paling cuma jadi peminatan, biasanya di jurusan teknik pertanian/agroteknologi atau dipelajari di satu mata kuliah di jurusan Teknik Arsitektur.
      Ada juga di Universitas Udayana (UNUD) - Bali, tapi jurusan Arsitektur Pertamanan. Masih lebih sempit dr Arsitektur Lanskap
      Kalo di swasta, ada Trisakti, Universitas Tribuana Tunggadewi - Malang, & Institut Sains dan Teknologi Nasional - Jakarta. Baru itu yang saya tau sih hehe.

      Biaya hidup maksudnya keperluan kuliah? paling untuk alat gambar sih,paling rapidograph yang agak 'seret' kantong kalo abis beli. hehe bisa googling yaa kalo mau tau gimana bentuknya. yang lain sih standar, alat-alat gambar, kertas, dll

      Hapus
  11. biaya hidupnya kayak tempat tinggal dan makannya gimana ?, sama cari beasiswa di IPB itu sulit gak ?. Kalau alat-alat buat gambar, udah tau kayak gimana mahalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo biaya hidup kayak makan dan tempat tinggal sih kurang tau ya berhubung saya tinggal di rumah. tapi setahu saya biaya kosan sama makan terjangkau sih, kalo dibandngin sama bandung atau jakarta. tapi kalo tahun pertama nggak terlalu bingung nyari kos karena kita ada asrama buat tingkat pertama

      cari beasiswa di ipb nggak susah kok, banyak beasiswa yang dibuka asal mau usaha daftar sana sini

      Hapus
  12. kak ARL belajarnya tentang apa aja? banyak ngafal ga kak?

    BalasHapus
  13. ka mau nanya kalo ARSL musti berbakat menggambar ya?

    BalasHapus
  14. ka,kalo ARL itu apa belajar IT juga ka?

    saya kelas 12 SMA, saya masih bingung ttng SNMPTN ka, saya ada 2 juruan yg saya minat di IPB, rencana pilihannya gini ka

    pilihan 1 : ARL IPB
    pilihan 2 : TMB IPB
    pilihan 3 : Teknik Geodesi UNDIP

    kira2 susunan pilihan saya tepat gk ka? atau justru persaingan masuk TMB lebih tinggi daripada ARL IPB? soalnya saya masih bingung buat nentuin pilihan SNMPTN 2016 kak makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. IT gimana maksudnya? kalo belajar pake aplikasi komputer iya...
      hehehe gak tau yaa nggak bisa bilang jurusan ini lebih tinggi, itu lebih rendah. Insya allah dicoba aja. Semoga sukses ya !

      Hapus
    2. ok2 deh ka

      kalo peminat dan daya tampung ARL IPB dari tahun ke tahun kira2 makin sengit/ gk ya ka?
      terus belajarnya kebanyakan teori atau praktek dilapang ka?

      Hapus
    3. kalo peminat nya kurang tau yaaa.. kalo daya tampung kurang lebih masih samaa

      lumayan seimbang sih belajar di lapang sama di kelas.
      selanjutnya bisa baca post yang ini yaa
      Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB

      Hapus
    4. ok2 ka

      makasih banyak ka infonya hehe

      Hapus
  15. kak saya mau nanya kalo mau masuk ARL pelajaran apa yang harus di perdalem?? mum pung masih kelas 11 saya mau persiapan dulu hehhehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nggak ada pelajaran yang dominan banget, karena ARL ini gabungan dari banyak ilmu hehe. tapi yang jelas sih ilmu alam alias IPA karena objek yang kita pelajari itu alam..

      masih kelas sebelas lagian, hehehe. harus maksimalin belajar semuanyaa biar rapor dan hasil akhirnya memuaskan. biar cari sekolah gampang, mau kuliah dimanapun bisa hehe.

      semangat ya, terimakasih commentnya
      kalo masih ada yang kurang bisa klik disini -->
      Frequently Asked Question (FAQ)

      Hapus
  16. kak mau tanya, kakak emang minatnya dari dulu itu mau masuk arl atau mau arsitektur biasa? maaciw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya Teknik Arsitektur, hehe. ceritanya bisa dibaca disini

      dan kenapa akhirnya lebih pilih ARL daripada Teknik Arsitektur bisa dibaca disini Kenapa Arsitektur Lanskap?

      maaf yaa jawabannya banyak link soalnya kebanyakan udh pernah ditulis sebelumnya. hehe, makasih udah mau tanya!

      Hapus
  17. Kak. Kalo pengantar seni dan arsitektur itu ngapain aja ya? Apa yg dipelajarin dan perlu dipersiapkan? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini pasti anak 52 yang baru ambil kelas PSA ya? hehe
      udah pernah ditulis kokk, rinci sama mata kuliah-mata kuliah lainnya hehe. bisa diliat di post yang ini yaa Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB #2
      http://salmafadhilah.blogspot.co.id/2015/07/belajar-apa-di-arsitektur-lanskap-ipb-2.html

      Hapus
  18. Kak saya nih masih kelas xi dan taun depan naik kelas xii
    Nilai saya sempet turun, nilai sayapun semua standar gak ada yg menonjol dan pesimis snmptn karna kebanyakan yg lulus kan nilainya naik setiap taun
    Dari smp sih pinginya ke jurusan archi pure di its. Dan setelah mikir lagi, dapet ilham kalo teknik arsitektur tuh udah mainstream dan pesaingnya juga banyak banget. Nah mikirlah ke arl ini dan prospeknya kelihatanya bagus tapi banyak yg bilang mending masuk arsitek aja nanti bakal diajarin landskap pasti kalo mau memperdalam ya otodidak baca buku. Saya sih udah liat di website its kalo gak salah ada meteri ato lab lanskapnya dsn.
    Yang saya pesimisin sekarang, mampukah saya masuk ipb😂
    Oiya kak lulusan arl ipb gelarnya SP ya bukan ST?

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. kalo lewat snmptn emang agak gambling dan banyak unsur 'luck' nya ya, jadi walaupun nilai kamu turun dan nggak menonjol nggak ada salahnya buat dicoba kok.
      tapi kalo mau yang lebih perjuangannya dan nggak memperhitungkan rapor, coba aja berjuang dan mulai siapin buat sbmptnnya :)

      ARL IPB gelarnya S.SArl :)

      Hapus
  20. pertanyaan saya ini kk ,seberapa peluang masuk ke jurusan ARL dari luar daerah Jawa dan berapa banyak mahasiswa yang berasal dari kawasan provinsi Bengkulu yang kk ketahui ? , makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. >>>Maksudnya seberapa besar peluang

      Hapus
    2. banyak kok :) ipb terkenal sbg kampus yang rata sebaran penerimaan mahasiswanya. jadi nggak cuma yang asal jawa atau jabodetabek aja yang banyak diterima. tapi dari daerah-daerah juga banyak.

      Di angkatan saya sendiri ada 2 orang dari bengkulu, dan setiap angkatan pasti ada kok :) semangat ya!

      Hapus
  21. Kak i want to ask you. Emang kalo masuk ARL IPB kalo udah diterima disuruh gambar lanskape lagi buat diterima atau engganya? Takut ga ada notif dan sangat penting karena sya mau masuk arl, please bales email ke alfathshinigami@gmail.com . Thankss kakkk. GBU

    BalasHapus
  22. software yg biasa digunain atau yg utama apa kak? software apa aja yg udah kakak pake buat kuliah di jurusan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini udah pake AutoCAD, Sketchup, Lumion, ArcGIS, ERDAS, sama basic design software kayak Corel Draw atau Photoshop.

      nanti kapan-kapan pengen cerita juga lebih banyak tentang software-software yang dipake hehe, insya allah ditunggu ya :)

      Hapus
    2. kak aku mau tanya, berarti kalo mau masuk arl udah harus bisa menguasai software itu apa nggak, ya? atau nantinya akan dipelajari semasa kuliah? aku mau masuk arl tp rada gaptek orangnya.. hehe

      Hapus
    3. nggak kok, semua juga belajar dari awal banget :)

      Hapus
  23. kak mau tanya dong. Jurusan arsi pertamanan itu lbh sempit ya katanya kakak td , beda nya apa ?
    sm kalo boleh tau rata" nilai sbm taun kakak brp ya ? Mksh :))

    BalasHapus
  24. kak mau tanya dong. Jurusan arsi pertamanan itu lbh sempit ya katanya kakak td , beda nya apa ?
    sm kalo boleh tau rata" nilai sbm taun kakak brp ya ? Mksh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. arsitektur pertamanan, kayak namanya, lebih ke penataan taman. sedangkan kalo arsitektur lanskap nggak cuma taman tapi lanskap secara luas. bisa sampe ke penataan kota, wilayah dll. gitu :)

      hehe kalo rata2 nilai sbm nggak tau yaaa maafiiinn -_-

      Hapus
  25. Balasan
    1. standar yaa nggak mahal-mahal banget. cuma kadang ada alat2 yang 'agak mahal' aja sihh, dan emang worth the price menurut aku karena emang pasti kepake kok

      udah sering jawab dan ditaro di FAQ juga sebenernya hehe, coba dicek lagi yaa

      Hapus
  26. KAK PLEASE TOLONG DIJAWAB,
    di ARL IPB kalo buta warna sebagian masih bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa koo, karena emang nggak ada tes buta warnanya buat masuk ARL IPB. tetemn-temen juga beberapa ada yang buta warna sebagian dan masih enjoy aja ko hehe

      Hapus
  27. Kak b.inggris di butuhin bgt gak di ARL??

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh kayaknya jaman sekarang mah semua butuh bahasa inggris :')
      kalo di arl sih ada beberapa matakuliah yang slide nya bahas inggris semua, ada juga yang buku pegangannya bahasa inggris. tapi nggak semua kok

      Hapus
  28. Kak, kakak lewat jalur sbmptn ya? Btw kak. Aku kan sekolah di smk multimedia cita cita aku jadi arsitek lanskap nah aku pengen banget masuk ipb. Kesempatan aku paling cuma lewat sbmptn doang kan, saran dong kak apalagi yg harus aku siapin berhubung aku udh kelas 12 sekarang:') thx before:)

    BalasHapus
  29. Kak, kakak lewat jalur sbmptn ya? Btw kak. Aku kan sekolah di smk multimedia cita cita aku jadi arsitek lanskap nah aku pengen banget masuk ipb. Kesempatan aku paling cuma lewat sbmptn doang kan, saran dong kak apalagi yg harus aku siapin berhubung aku udh kelas 12 sekarang:') thx before:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lewat jalur sbmptn. kakak enggak tau yaaa, tapi kayaknya kalo smk pelajarannya beda ya sama mata pelajaran sbm? jadi les aja khusus buat sbmnya, insya allah kekejar kok :) semangat yaaa

      Hapus
  30. kak itu gambar kakak disuruh ulang karna apa? kan bagus gitu kak .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kan gambar nya gak cuma harus bagus, ada teknik sama aturannya. bukannya pede bagus si wwkwkwk, segitu juga ga bagus. cuma kalo gasalah itu ada yang nggak sesuai skala, tangganya ketinggian ato gambar orangnya kekecilan lupaa deh. hehe pokomnya gitu, ada perhitungannya

      Hapus
  31. Keren. Tahun depan insyaAllah mau sbm mau ambil jurusa ini, minta doanya semoga jdi rejeki hehee

    BalasHapus
  32. Kak jurusan ini, bnyak ngitung-ngitungnya gak???

    BalasHapus
  33. Kak mau tanya ni ,kalau tangan cacat bekasnya putih kena luka bakar parah banget , gimana kk jadi masalh ga kdepannya buat kerja di bdang artsiktektur lanskap ini ?? Saya skrg smester satu di Universitas bandung raya tp skrg di bidang agroteknologi ,yg mana kk yg tepat buat saya ambil ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma bekas aja? tanggannya masih bisa buat gambar kan? masih bisa lah pastinya :)
      untuk yang mana yang lebih tepat buat kamu, kamu pasti lebih tau
      makasih udah baca & tanya :)

      Hapus
  34. ka aku kan suka gambar. bisa ga sih kalo passion ku cuma gambar doang (untuk skrg ini) tp mau msk jurusan ini?
    soalnya aku konsul ke guru gitu kalo aku suka gambar harus masuk mana. trus kata guru ku kalo misalnya mau di bogor coba aja di ipb jurusan arsitek lanskap. tapi aku bingung kalo aku cuma modal seneng gambar aja, bisa ga yah?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kamu juga punya modal pengen belajar & kuliah, bisa kok :)

      Hapus
    2. oke kaa makasih ya. trus ka kalo jurusan ini bisa masuk dari snmptn kan?

      Hapus
    3. ya selama ada di universitas negri, pasti bisa lah :)

      Hapus
  35. Mau nanya lagi hehe
    Di arl harus bisa fisika dan matematika banget gak?? Ya initinya itung2an kak

    BalasHapus
  36. Mau nanya lagi hehe
    Di arl harus bisa fisika dan matematika banget gak?? Ya initinya itung2an kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak :)
      sudah ditulis panjang lebar diatas coba dibaca lagi ya :)

      dibantu copy deh:

      Karena itu juga, ilmu Arsitektur Lanskap nggak memerlukan banyak ilmu hitung seperti ilmu arsitektur yang masuk rumpun teknik, karna ilmu konstruksinya cuma dipakai untuk konstruksi bangunan sederhana. Makanya ARL di IPB masuk di fakultas pertanian dan bukan teknik. So, nggak bakalan tuh yang namanya ketemu sama kalkulus...

      Hapus
    2. Hehehe, alhamdulillah...
      Doain aku ya kak supaya aku tahun besok bisa masuk arl🙏🙏🙏
      Ohiya kak, pas milih jurusan sbmptn kakak milihnya apa aja??

      Hapus
    3. amin amiiiin ditunggu yaaaa :)))

      dulu milihnya
      1. ARL- IPB
      2. Teknik Arsitekur - Unibraw
      3. Arsitektur - UPI

      hehehe pengennya arsitek-arsitekan aja, tp later emang ngerasa paling cocok di ARL. Untung keterimanya disini heheheheh :'D

      Hapus
    4. Wihhh kakak pengen bgt ya jadi arsitek, ohiya teknik arsitek itu lebih suasah ya kak??

      Hapus
    5. nggak tau siih kalo ditanya susah apa enggak, kan nggak pernah ngalamin kuliah arsitek :'D

      tergantung orangnya juga sih, kalo dia emang kuat di teknik, itungan, fisika, dll mungkin bisa.

      tapi kalo aku yang ngalamin pribadi kayaknya susah wkwkwkwk :"

      Hapus
    6. Haduuh sama kak aku juga gak bakal kuat klo teknik arsitek :"(
      Tapi itu kok pilihan sbm kakak yg kedua teknik arsitektur :D klo dapet teknik arsitektur gmn tuh kak hehehe

      Ohiya kak pas kakak tes sbm susah gaak?
      Minta tips dan trik dong dari kakak, untuk mengerjakan soal2 pas tes sbm #aseek :D

      Hapus
  37. Kak aku mau nanya, kakak itu jalur snptn kan ya??
    Itu nilai rata rata rapot kakak brp??

    BalasHapus
  38. Halo semua salam kenal nama saya Gede Wiras...saya marketing di perusahaan produsen Drainage Cell dengan merek STAR Cell yaitu CV. Kampung Flora Mandiri grup usaha dari PT.Kampung Flora Cipta ( Lanscape Contractor ). Biasanya untuk perusahaan Lanscape butuh Drainage Cell untuk proyek-proyek landscape di gedung, perkantoran atau perumahan. Bisa hubungi saya ya kalau perlu informasi, di 0811-9992256 atau email saya gede.cvkampungfloramandiri@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, infonya akan saya sampaikan ke teman teman :)

      Hapus
  39. Kak telnik sipil dan lingkungan sm ARL susahan yang mana?? Atau lebih mudah yang mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh saya bandingin susah enggaknya gimana wong cuma tau ARL nya doang :(((

      Hapus
  40. Kak kan sekarang un sekarang cuma 4 matpel, 3 wajib, trus 1 milih fisika/kimia/biologi. Kan aku mau masuk ARL nihh AAMIIN
    Trus aku milinya biologi, gmn menurut kakak?? Untuk masuk arl...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh gitu ya? baru tau ada sistem un baru. ho ho
      kurang tau sih yaaa kalo sistem baru kayak gimana,
      tapi kalo diantara fisika, kimia, dan biologi, arl lebih ke biologi sih karena belajar banyak tentang tanaman dan lingkungan. semoga sukses ya!

      Hapus
  41. Kak mata kuliah ARL yang slidenya pake bahasa inggris semua. Itu di dapetinnya di semester awal atau gmn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling cuma kelas yang ada anak internasionalnya, dan pasti beredar jg ko slide versi indonya

      Hapus
  42. Kak, untuk mata kuliah ARL ini apa sama kaya mata kuliah arsitek biasa? Ada disuruh buat maket kaya anak arsitek biasa lainnya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda laah, nama jurusanya juga udah beda. perbedaannya juga ditulis di atas kaan? gampangnya, kalo teknik arsitek belajar desain bangunan, arsitek lanskap belajar desain lingkungan luar bangunannya.

      belajar, pernah ditulis di sini https://salmafadhilah.blogspot.jp/2015/03/arlife-first-maquette-making.html

      Hapus
    2. Oh iya, belajar apa aja (matakuliah-matakuliah) di ARL nya pernah ditulis disini juga, dibaca yaa ada dari semester 1 sampe seterusnya https://salmafadhilah.blogspot.jp/search/label/Belajar%20Apa

      Hapus
    3. Selama 8 semester itu bikin maketnya berapa kali kak? Sering banget atau gimana kak?

      Hapus
    4. sampe semester 6 baru 1 kali, tapi tergantung dosen juga. angkatan bawah udah 2 kali. tapi emang ga sering, paling kalo sama skripsi (kalo pake maket) paling maksimal 3 kali lah selama kuliah

      Hapus
  43. kak, beda teknik arsitektur dan arsitektur lanskap juga perencanaan wilayah dan kota (t.planologi)apa ya ? masing2 apa yg dipelajari ? apa prospek kerjanya sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampangnya, kalo teknik arsitek belajar desain bangunan, arsitek lanskap belajar desain lingkungan luar bangunannya secara luas mulai dari skala taman rumah sampe kota, kalo PWK ya spesifik buat perencanaan kota. Karena beda, pasti yang dipelajari & prospek kerjanya juga pasti beda

      Hapus
  44. ARL lebih ke biologi/fisika ? bingung ni milih utk bio/fisika utk un nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena belajar banyak tentang lingkungan & tanaman, mungkin lebih ke biologi.

      pertanyaan ini udah dijawab looh di 3/4 comments sebelum ini, biasakan cek dulu yaa lain kali :)

      Hapus
  45. ARL prospek kerja kedepannya gimn ? bisa kerja di PU ? brp semester/thn bisa lulus ARL ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prospek kerja ARL sudah ditulis loh di postingan diatas, dinas Pekerjaan Umum (PU) juga disebutin tuh di situ, hehe coba dibaca lagi ya :)

      Berapa semester lulusnya, sama kayak standar S1 biasa yaitu 4 tahun (8 semester) tapi itu kalo lancar, tergantung juga sama individunya masing2

      Hapus
  46. Kak aku pilih unnya fisika, aku ingin banget ke ARL. Masih masuk g kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah jawab di beberapa komentar2 sebelum ini diatas, coba dibaca lagi ya :)

      Saya kurang tau ttg sistem UN baru yg sekarang, so saya pribadi gatau dari IPB nya menerima siswa yg memilih UN biologi/fisika/kimia. Mohon maaf yaa

      Hapus
  47. hai ka
    kaka ARL angkatan berapa ya?
    aku juga ARL, angkatan 53.. cuma masih ragu mau dilanjutin atau ngga..
    sebenernya asik gak sih ka di arl?
    aku tuh gak suka biologi banget kak. pas tau arl banyak yang hapalan sejenis kaya gitu, aku langsung minder.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey halo Ranti!

      Aku angkatan 50, masih kuliah kok. kayaknya tahun depan bisa ketemu di kampus wehehe

      asiiiik, aku ngerasa gak salah sih milih arl. coba kamu baca tulisan aku yang ini yaaa https://salmafadhilah.blogspot.jp/2015/02/kenapa-arsitektur-lanskap.html#more kali aja kamu nemuin alasan-alasan yang sama hehe

      di arl nggak banyak hapalan juga kok, hmm gimana ya ngomongnya. kan kita disini banyak belajar tentang lingkungan, makanya aku bisa bilang matapelajaran sma yang paling deket sama arl ya biologi. tapi bukan berarti isinya bakal hapalan semua kayak biologi.

      disini kita banyak belajar ilmu aplikasi, kayak misal kita tau ilmunya dan gimana sih prakteknya/ kita memunculkannya di desain2 kita. so, nggak banyak hapalan jugaa.

      gitu, semoga kebayang ya!
      gausah minder, banyak looh orang yang pengen masuk arl dan kamu salah satunya yang beruntung :) sukses terus!

      Hapus
  48. Hai ka, aku baru-baru ini tertarik sama ARL-IPB karena minat aku di biologi dan mtk, tapi aku sedikit ragu karena aku bukan orang yang kreatif. Menurut kakak gimana? Kreatifitas kita bisa berkembang ga nantinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Rara!
      Kreativitas bisa dikembangin ko kalo kitanya mau ngasah, mancing, dan ngelatih terus. Semoga sukses ya!

      Hapus
  49. Kak aku kan dari SMK teknik bangunan kalo mau masuk ipb apakah ada peluang buat anak smk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen ambil jurusan ARL

      Hapus
    2. bisaaa sepertinya asal masih berkaitan jurusannya :) semangat!

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Kak aku mau nanya kalau di univ itu ada yg dri Papua nggak ? Atau dari fakultas lanskapnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaa, banyak kok di IPB. IPB kan terkenal jg sbg kampus rakyat, jadi mahasiswa daerah juga banyak disini, malah kayaknya lumayan jadi mayoritas. Di ARL juga, di angkatan saya ada, senior2 & junior juga ada dr papua :)

      Hapus
  52. kak yang masuk lewat utm ipb di arl banyak ga ya? peluangnya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya 10 persen sih, jadi kalo 80 orang kuotanya dari utm ada sekitar 8 orang. Tapi itu jaman saya yaa hehe kalo sekarang kurang tau tapi mungkin kurang lebih sama :)

      Hapus
  53. Kak kalau dilihat dari luas prospek kerjanya, lebih luas mana kak antara teknik arsitektur dan arsitektur lanskap?
    Dan apa sih keunggulan masing-masing jurusan antara teknik arsitektur dan arsitektur lanskap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua duanya banyak diperlukan kok, dan kerjanya juga saling melengkapi. setiap pekerjaan design bangunan perlu juga desain lingkungan luarnya kan? hehe :)
      jadi nggak bisa dibandingin keunggulan sih, karena dua duanya punya pekerjaan masing-masing dan keahlian masing masing.

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Kalau SMA jurusan Bahasa bisa masuk Arsi gak, kak? T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok kalo kamu lewat jalur sbmptn tulis dan ngambil tipe soal saintek. soalnya kalo snmptn undangan ipb hanya menerima dari sma jurusan ipa

      Hapus
  56. Setau saya sudah ada juga di Universitas Udayana :)

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum Kak,
    Saya mau tanya,saya ips tapi saya dari dulu pengen masuk architecture landscape,menurut kakak aku harus gimana biar bisa masuk kuliah jurusan arl? Apakah ipa dan IPS menentukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ARL ini IPA, masuk fakultas pertanian, soalnya banyak berhubungan sama tanaman dan alam. dan semua jurusan di IPB juga jurusannya IPA, jadi kalo jalur snmptn undangan IPB cuma nerima dari jurusan IPA. Tapi kalo kamu jurusan IPS, caranya adalah ikut ts tulis dan ambil tipe soal saintek. Semoga membantu :)

      Hapus
  58. Kalo misalnya Sarjana Pertanian gitu bisa lanjut S2 ARL nggak kira kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sepertinyaaa, karena arl ipb juga ada di fakultas pertanian dan gelarnya (sampe sekarang 2017) masih S.P juga :) tp lebih jelasnya coba ditanya langsung ke bagian akademik s2 nya ya hehe

      Hapus
  59. kak kamu sma mana yaa? maksudnya daerahnya dimana wkwk. btw arl matkulnya banyak yg berhubungan sama ipa ga? makasi kakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bogor :) iya soalnya dia ipa dan belajar ttg lingkungan jg kan :)

      Hapus
  60. Kak..aku kan ngincer beasiswa ke luar negeri s2nya..di ipb ada s2 arl dan ada peluang beasiswa ke luar kak untuk arl? Terus kalau di undip ada prtukaran plajar dri luar untuk teknik arsitektur. Kalau di ipb utk arl ada kak? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. adaa, kakak2 s2 juga banyak yang exchange ke luar negeri pas s2, ada juga program double degree yang setahun kuliah di ipb setahun kuliah di luar (sekarang kerjasama dg chiba univ, jepang).

      Adaaa, aku juga alhamdulillah pernah dapet, bisa dilihat di postingan yang dibawah ini ya :)

      How I Went to Japan: TUAT AIMS Program

      Hapus
  61. Kak Salma, makasih untuk blog yang sangat menginspirasi.
    Kak mau tanya dong, kan materi un nanti bakal disuruh pilih salah satu, nah kirakira untuk arsitektur lansekap ini kan juga mencakup ilmu pertanian. Jadi, saya harus ambil fisika atau biologi? Kan arsitek juga mencakup ilmu hitung menghitung

    Mohon jawaban nya ya kak, makasih

    BalasHapus
  62. kak, aku mau nanya lagi. jumlah seluruh siswa di angkatan kakak ada berapa ?? terus kalau buta warna bisa masuk nggak di arl ipb ??

    BalasHapus
  63. kak salma, makasih banyak atas postingan di blog kakak yang mengenai arl.. dari kelas 11 sampai mau lulus ini udah mantap pengen masuk arl berkat blog kakak x'D aku suka banget gambar, tapi kalau masuk dkv atau design grafis gitu gk dibolehin.. kalau arsitektur, aku gk kuat denger2 biaya kuliah nya mahal.. jadi aku kepengen banget masuk arl supaya kembangin hobi aku.. biaya kuliah nya mahal gk sih kak? trus, sbmptn kesempatan nya kecil gk sih? aku takut banget udah belajar dan usaha mateng2 ternyata gagal sbm :'(( hoki-hoki an itu bener gk sih? :'((

    tolong dijawab ya ^^ makasih kak ^^

    BalasHapus
  64. Kak mau tanya kalo menggambarnya manual atau gimana kak? Soalnya saya kurang pandai menggambar. Dan saya dari sekolah kejuruan teknik bangunan, bisa ga kalo masuk ARL-IPB

    BalasHapus
  65. Kak klo peluang kerjanya di jurusan ARL banyak apa gak yaa kak?, saya lumayan tegang klo sampai salah pilih jurusan masalahnya :v, trus juga persemester butuh biaya berapa, dan juga klo sama arsitek, arsitek interior, PWK dan ARL lebih banyak mana nih peluang kerjanya... ???
    Sekian terimakasih :) (:

    BalasHapus
  66. kak mau tanya,
    di IPB kalo nggak salah jurusan arsitektur lanskap itu susah buat ditembus,
    bener nggak sih kak
    aku minat banget pengen kesitu

    BalasHapus
  67. klo program magister nya sendiri pastinya lebih dalam lagi kan ya? musti dari jurusan arl juga gak?

    BalasHapus
  68. Ka mau nanya dong, klo smk multimedia itu kira2 bisa gk masuk arl ? Soalnya pelajaran ipa itu gk ada di smk.

    BalasHapus
  69. Kak kalo lulusan SMK teknik gambar bangunan bisa masuk arl ngga?

    BalasHapus
  70. Kak klo dari sarjana interior masuk program magister/s2 arl bisa ga kak? Makasii

    BalasHapus
  71. Assalmu'alaykum kak,
    Nanti saat belajar di arl, ada gak tuh bikinin tugas gambar wajah manusia, atau hewan gitu kak? Terimah kasih sebelumnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang aku anak arsitektur lanskap institut teknologi sumatera cuman mau bantu jawab, jadi sejauh yang aku tau kita tidak menggambar wajah manusia secara spesifik tpi tetap menggambar hewan dan manusia walaupun jatohnya lebih ke arah sebagai skala atau sekedar tambahan dalam design yg akan kita buat akan tetapi apabila kamu emang suka untuk menggambar hal2 tersebut malah bagus kamu udh punya basic menggambar, karena aku dlu waktu SMA juga suka buat gambar2 wajah dll tpi walaupun begitu bukan berarti aku g kewalahan sma tugas2 gambar yang ada wkwkw emang g bisa di anggap enteng jugasih hehe.

      Hapus
  72. Kk sy mau nanyak, Prospek kerja ARL tu apakah bisa menjadi Kontraktor atau arsitek bangunan kk? Tlong infonya

    BalasHapus
  73. Kakk, kalo masalah tugasnya itu numpuk banget ya kak? Apa gimana ya kak?

    BalasHapus
  74. Kak mau nanya desain AL yg berhasil kayak gmana yah kak..

    BalasHapus
  75. Halo kak, saya mau nanya .. alhamdulillah saya udah keterima jadi mahasiswa ARL. Tapi, akhir2 ini saya bener2 insecure dengan kemampuan sendiri, karena ngerasa gak bisa gambar. Apa bener kak, bahwa kita bakal diajarin dari awal? Terus bener juga kakak gak pernah gambar sebelumnya? Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya, betul dan betul. Hehe
      Semangat yaa.
      Ku awalnya juga insecure, tp that's lead you nowhere jadi kalau kamu merasa kemampuan kamu kurang dibanding yang lain, mungkin kamu bisa berusaha lebih dari yang lain juga. Banyak latihan, banyak lihat contoh. Walaupun aku juga nggak jadi jago juga tp yaa seenggaknya aku survive hahaha. Sekali lagi semangat ya!

      Hapus
    2. Wahh terima kasih kakk 😭😭
      Oh iya satu lagi kak, karena penasaran. Apa memang bener, pada akhirnya yang utamanya dibutuhin sama arl itu bukan kemampuan gambar kak? Saya baca di beberapa sumber juga, kita gak perlu bener2 jago gambar. Terima kasih lagi kakk

      Hapus
  76. Kak mau tanya dong kak !!
    Saya kan suka menggambar dan saya memang sangat mau ke arsitek landscape cuma saya SMA jurusan IPS, kira-kira bisa ga kak masuk ARL ini? Kalo pun bisa, kira-kira apa aja yang harus di pelajarin ya kak?, mumpung masih kelas 10. Dan kira-kira bisa untuk IPS,persaingan nya ketat ga kak untuk IPS?

    Makasi kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai aku masuk ARL di institut teknologi sumatera lulusan 2020, klo menurut pengalamanku ya sebenernya bisa aja karena beberapa temenku juga anak ips tapi ya mau g mau harus usaha keras dan tergantung sama hasil dari tes utbk/sbm kamu.klo saran untuk apa yang di pelajari kamu fokus aja sama pembelajaran yang di SMA dlu tapi basic gambar dan minat buat usahanya harus tinggi, keep fighting and we wish you the very best luck.

      Hapus
  77. Konten keren.. Jarang-jarang orang mau abisin waktu untuk bagi-bagi ilmu..

    Salam sukses selalu kak ... :)

    Dari Blog Pemainayam

    BalasHapus
  78. Awalnya saya bingung pas mau pilih jurusan ini, dan sampe udah keterima pun masih bingung, tapi makasih kak ilmunya, saya jadi semangat buat kuliah 🔥🔥🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih banyak sudah berkunjung!

      Hapus
  79. Kak mau nanya nih. Kalo misalkan kita ngga bisa ngegambar tapi suka sama ARL, itu gimana. Dan saran nya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sering dijawab, selanjutnya bisa cek tab "Jawaban Pertanyaan Umum" untuk pertanyaan yang sering ditanya yaa.

      Asal mau belajar menggambar dan suka, aman kok :) semoga membantu ya.

      Hapus
  80. Kak mau nanya. Kalau tahun ini untuk masuk ARL IPB ada tes menggambarnya gak ya kak? siapa tahu kakak tahu infonya. Terimakasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kurang tahu :( cuma sampai terakhir saya tahu blm perlu portofolio/tes menggambar atau tidak. Bisa cari info langsung ke IPB ya :))

      Hapus
    2. kok belibet sih, wkwkw. maksudnya sampai yang terakhir saya tahu, nggak perlu ya.

      Hapus
  81. Kak mau nanya, untuk pendaftaran tahun ini diperlukan portofolio gak, ya? terima kasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kurang tahu :( cuma sampai terakhir saya tahu blm perlu portofolio/tes menggambar atau tidak. Bisa cari info langsung ke IPB ya :))

      Hapus
    2. kok belibet sih, wkwkw. maksudnya sampai yang terakhir saya tahu, nggak perlu ya.

      Hapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP