Landscape Excursion 2016 #3 : Malaysia Part 2

Nggak kayak perjalanan sebelumya di Singapur yang cuma makan 1 hari, perjalanan kita di Malaysia makan waktu 4 hari. So, karena post sebelumnya tentang Kulap di Malaysia udah kepanjangan, jadi ceritanya bakal dilanjut di post yang ini!



Istana Negara Malaysia

Masih di hari kedua di Malaysia, setelah dari Taman Botani, kita langsung menuju Istana Negara Malaysia. Tapi nggak masuk, cuma di depannya aja, he he. Istana Negara ini dikelilingi pagar yang tinggi, namun para wisatawan masih bisa melihat kawasan istana dan taman yang menarik dan dijaga keindahannya dari luar pagar. Istana Negara Malaysia merupakan tempat berdiamnya Raja dan Permaisuri Malaysia. Bangunan ini dibeli oleh Pemerintah Selangor, dan kemudian direnovasi sebagai kediaman Sultan Selangor.

Foto alay, istananya gakeliatan, ok.

Selain dapat melihat kawasan istana dari luar pagar, di Istana Negara ini para wisatawan dapat menyaksikan acara penukaran petugas penjaga berkuda di pintu depan istana. Pertukaran petugas penjaga berkuda dilakukan setiap setengah jam sekali, dan pertukaran kuda nya sendiri dilakukan satu jam sekali. Kebetulan hari itu kita dapet kesempatan liat upacara penggantian kudanya

Penjaga berkuda

Upacara penggantian penjaga gerbang istana


KLCC

Destinasi terakhir di hari itu adalah KLCC atau Kuala Lumpur City Centre  yang merupakan jantung kota Kuala Lumpur. KLCC merupakan area yang terbagi menjadi beberapa plot, dimana setiap plotnya memiliki kegunaan masing-masing diantaranya hotel, pusat hiburan, komersial, serta bisnis. Salah satu area merupakan gedung KLCC Suria yang di dalamnya terdapat pusat perbelanjaan berisi berbagai toko serta restoran elite. Area ini merupakan tempat berdirinya Petronas Twin Tower, sebagai landmark Negara Malaysia sehingga menjadi tujuan utama wisatawan yang pergi ke Malaysia. Petronas Twin Tower dibangun pada tanggal 1 Januari 1992 sampai dengan 31 Desember 1994. Petronas Twin Towers adalah gedung tertinggi di dunia dari 1 Januari 1998 hingga 31 Desember 2004. Saat ini, Petronas Twin Tower sudah dikalahkan rekor ketinggiannya oleh sebuah menara di Dubai, namun masih memegang rekor bangunan kembar tertinggi di dunia.

Petronas Twin Tower

Been there too before,
(jaman dulu ga suka foto-foto sendiri jadi borongan mulu)

Di KLCC sendiri terdapat ruang terbuka bernama KLCC park yang dibangun untuk menyediakan ruang terbuka hijau di area sekitar Petronas dan area-area lain yang mengelilinginya. Pada malam hari, terdapat water feature berupa atraksi air mancur menari dengan lighting yang cantik yang dapat dinikmati pengunjung yang bernama Musical Fountain Show. Diiringi dengan sebuah lagu, air mancur akan memancarkan airnya seiring dengan irama lagu tersebut, lengkap dengan lampu-lampu sorot yang berwarna-warni. Tapi saya nggak sempet ke sana malem-malem, so yaa...


Setelah menjelajah KL dalam 1 hari, malemnya kita langsung packing lagi dan pagi-pagi kita langsung caw menuju wilayah Malaysia yang paling utara alias dari ujung ke ujung. So di hari selanjutnya,  kita agak banyak ngabisin waktu di atas bis selama perjalanan. Dan di tengah hari, akhirnya kita sampai juga di....

Penang

Pulau Penang adalah sebuah kota kepulauan yang letaknya terpisah dari daratan utama Malaysia. Untuk menuju pulau ini kita dapat menyebrangi Jembatan Pulau Pinang atau Penang Bridge yang berdiri kokoh membentang sepanjang 13km. Ibukota Pulau Penang ini adalah Georgetown.

Georgetown diakui sebagai salah satu kota yang termasuk warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2008 karena terdapat banyak bangunan tua bersejarah dengan gaya arsitektur Eropa dan Asia yang masih dilesstarikan sampai sekarang. Banyak pertokoan yang bangunannya masih kental dengan bangunan kuno, khususnya dengan gaya etnis Cina. Di Kota Georgetown ini banyak terdapat street art berupa lukisan-lukisan dinding yang menambah nilai estetika dari kota ini. Terdapat pula beberapa tempat ibadah etnis tionghoa atau klenteng dengan gaya khas. Selain etnis cina, terdapat pula area Little india yang kental dengan budaya Hindu India.

Salah satu bangunan kuno gaya etnis cina


Foto gak guna bersama ekor naga


Salah satu street art bersama Aris yang (sekali lagi) sedang foto ala ala

Sebagai Negara bagian yang merupakan sebuah pulau, Penang memiliki sejumlah pantai yang mengelilingi, salah satunya adalah Batu Feringghi. Di Batu Feringghi terdapat banyak terdapat aktivitas watersport seperti jetski dan paralayang. Selain itu kita juga dapat berenang dan menikmati sunset di pantai yang berpasir bersih dan indah ini. Akses masuk ke pantai ini tidak hanya dari satu titik saja, namun dapat ditemui di beberapa tempat yang memanjang sepanjang pinggir pulau ini.

ada yang main ini ni apateh namanya

Edisi backlight karena ngebelakangin sunset di pantai Batu Feringghi

Sunset

Nah setelah pulang dari sini, kita langsung menuju hotel dan istirahat. Nggak lupa juga buat packing, karena besok harinya kita udah harus balik ke Jakarta. Kemudian, selesailah perjalan kita selama 5 hari 4 malam Kuliah Lapang di Singapura dan Malaysia. Dan setelah sampe di kampus lagi, kita nggak bisa santai-santai karena harus segera ngejar bikin laporan Kuliah Lapang ini. Huft.

Segitu aja deh, ini cerita udah sampe 3 part panjang banget ya... maafkan...
yang ketinggalan bisa baca part-part sebelumnya ya.

Thanks for reading!


Read Landscape Excursion 2016 #1 : Singapore here
Read Landscape Excursion 2016 #2 : Malaysia Part 1 here

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP