Landscape Excursion 2016 #2 : Malaysia Part 1

Setelah seharian ngejelajahin Singapura, seperti yang diceritain di post sebelumnya, kita langsung nyebrang ke Johor, Malaysia lewat jalur darat masih dengan bus. Sampe di Malaysia, kita langsung menuju Universiti Teknologi Malaysia, tepatnya di Kolej/dorm mahasiswa nya buat istirahat dan menginap semalam. Then besok paginya kita baru lanjutin perjalanan Kuliah Lapang kita hari kedua di Malaysia

#2 MALAYSIA




Universiti Teknologi Malaysia (UTM)


Universitas Teknologi Malaysia atau disingkat UTM adalah universitas yang berada di Johor Bahru, yaitu Negeri bagian Malaysia yang berbatasan langsung dengan Singapura. Universitas ini merupakan universitas negeri tertua di Malaysia yang berfokus pada teknologi. Departemen atau jurusan yang dikunjungi yang pasti adalah jurusan Arsitektur Lanskap atau bahasa sananya Jabatan Arsitektur Lanskap (Department of Landscape Architecture) UTM yang berada pada Fakulti Alam Bina Faculty of Built Environment). Di aulanya, kita langsung disuguhin sama gelaran exhibition hasil karya dan tugas kuliah mahasiswa ARL UTM. Setelah itu acara dimulai dengan sambutan dari ketua departemen, pengenalan departemen Arsitektur Lanskap UTM dan IPB.

Ibu ibu dosen dan expo hasil karya ARL UTM

Oh iya, sebelum menuju Fakulti Alam Bina UTM, mahasiswa ARL UTM juga ngajak kita buat mengunjungi sebuah danau yang diatasnya dibangun gazebo kayu. Area kampus UTM ini cukup luas. Selain terdapat gedung-gedung perkuliahan, gedung asrama yang cukup banyak disediakan untuk para mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri yang berkuliah di UTM, dan selebihnya masih kayak berbentuk hutan-hutan gitu.

Danau kampus UTM

 Karena Malaysia luasnya nggak kayak Singapur, jadi di Malaysia ini rata-rata satu hari cuma diabisin di satu destinasi aja. Setelah muter-muter di UTM, kita langsung packing dari asrama UTM dan naik bis lagi menuju Kuala Lumpur, ibukota Malaysia. Sampe di hotel, kita istirahat dan besoknya kita baru jalan-jalan ke tempat lainnya yaitu Putrajaya.


Putrajaya

Putrajaya adalah tempat yang merupakan pusat administrasi Malaysia. Kawasan merupakan kawasan yang baru, karena pada awalnya pemerintahan terpusat di ibu kota Negara Malaysia di Kuala Lumpur. Inisiasi pembangunan kawasan ini awalnya dilakukan oleh salah satu mantan perdana menteri Malaysia yang menerima kecaman atas niatnya tersebut yang dianggap berlebihan dan percuma. Tapi pada akhirnya kawasan Putrajaya menjadi kawasan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Malaysia dan menjadi tujuan utama wisatawan untuk berwisata karena penataan wilayahnya yang rapih serta penuh dengan gedung-gedung berarsitektur dan seni tinggi.

Salah satu bangunan di Putrajaya

Di dalam kawasan putrajaya terdapat gedung-gedung pemerintahan, serta fasilitas umum bagi masyarakat setempat. Salah satu yang menarik adalah Masjid Putra yang warnanya pink. Kalo ingin masuk ke area dalam Masjid Putra, wisatawan harus memakai pakaian yang sopan atau harus menggunakan jubah yang warnanya merah yang disediakan petugas di loket.

Para red riding hood di Masjid Putra

Foto ala ala

I actually been there 4 years ago (please dont spot me).
ceritanya pernah ditulis di sini 

Jembatan Putrajaya yang terletak di samping gedung Perdana Menteri Malaysia juga menjadi daya tarik tersendiri dari kawasan putrajaya. Wisatawan banyak yang sengaja turun dari kendaraan mereka cuma untuk berfoto di jembatan ini. Dari jembatan ini bisa keliatan juga pemandangan Masjid Putra yang terlihat megah di ujung danau.

Jembatan Putrajaya (with Aris)

Masjid Putra as background


Taman Botani

Nggak cuma Bogor aja yang punya kebun raya, Taman Botani atau Kebun Raya-nya Malaysia ini terletak masih di kawasan Putrajaya. Kebun Raya ini merupakan area konservasi bagi berbagai macam tanaman koleksi dari daerah luar Malaysia atau disebut dengan konservasi exsitu. Tanaman yang penting dan dilindungi pada Kebun Raya ini diantaranya spesies-spesies Heliconia. Taman Botani ini dibangun untuk edukasi yang disajikan untuk wisatawan macanegara.

Lanskap Taman Botani Putrajaya

Taman ini dapat dijadikan tempat wisata karena menyediakan tempat bersantai bagi penghuni kota untuk bersantai dan menikmati hijaunya tanaman, bersepeda, hingga jogging. Selain itu taman ini juga menawarkan suasana yang indah dan menyegarkan dari pepohonan rimbun yang mengelilingi taman ini.

Di kawasan Taman Botani ada Exporer Trail, yaitu jalur seperti jembatan dari kayu yang membawa kita lebih tinggi dan lebih dekat dengan kanopi pohon. Jembatan ini mempermudah para peneliti atau pengunjung untuk mengamati tanaman atau bahkan hewan yang ada di Taman Botani ini dengan lebih dekat. Explorer Trail ini berakhir di sebuah gedung bernama Visitors’ Interpretative Centre (VIC) dimana kita bisa mencari tahu lebih banyak lewat pusat informasi dan brosur serta papan informasi yang terdapat di gedung ini.

Aris lagi ala ala di Explorer Trail

Foto bareng  

Karena postingan ini udah panjang banget, so kita lanjutin di post berikutnya yaaa
Thanks for reading!


Read Landscape Excursion 2016 #1 : Singapore here
Read Landscape Excursion 2016 #2 : Malaysia Part 2 here

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP