Jurusan Apa Saja Sih Yang Bisa Kerja Di Tambang?


Sebagai lulusan jurusan Arsitektur Lanskap, bergelar S1 Sarjana Pertanian dari sebuah Institut Pertanian di Indonesia, dan punya pengetahuan nol besar tentang pertambangan, rasanya saya masih merasa amazed bahwa saat ini saya sudah bekerja di tahun ketiga di divisi yang bergerak di bidang pertambangan sebuah perusahaan jasa survey. Walaupun tidak langsung bekerja di tambang, saya dapat keluar masuk tambang, keluar masuk fasilitas pemurnian barang tambang (smelter), dan bekerja sama dengan klien dari berbagai macam perusahaan tambang dari seluruh indonesia. Saat sedang bekerja, surprisingly saya tidak hanya bertemu dengan rekan-rekan dengan background ilmu Teknik Pertambangan, tetapi juga rekan-rekan dari berbagai jurusan.

Karena merasa masih harus banyak belajar di bidang pertambangan, hari ini saya mengikuti Online Training dengan judul Skill Wajib Kerja Tambang dari dari AnakTeknik Academy x BawahTanah. Materinya dibawakan oleh Alsace Cahya Bening, yaitu seorang HR practitioners Coal Mining PT BUMA. Pada training ini saya mendapatkan banyak insight, salah satunya mengenai pertanyaan saya juga, yaitu sebenarnya jurusan apa saja sih yang bisa kerja di tambang plus posisinya? 

Berikut yang bisa saya rangkum :

Engineering
Bertugas dalam aspek teknik dalam proses produksi pertambangan, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Teknik Sipil
- Teknik Pertambangan
- Teknik Geologi
- Teknik Geodesi
- (dan tambahan dari saya,) Teknik Metalurgi

Production
Bertugas dalam aspek produksi, diantaranya produktivitas, ulitisasi, dan efisiensi resource dalam tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- SMA/SMK Basic Operators
- Teknik Sipil
- Teknik Pertambangan
- Teknik Geologi
- Teknik Geodesi
- (dan tambahan dari saya,) Teknik Metalurgi

Mine Control/Management System 
Bertugas dalam optimalisasi operasional produksi tambang dan penggunaan teknologi didalamnya, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Teknik Elektro
- Teknik Pertambangan
- Teknik Industri
- Teknik Informatika
- Teknik Sipil

Plant Maintenance
Bertugas dalam pengelolaan semua alat yang digunakan di tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- SMA/SMK Basic Mechanics
- Teknik Elektro
- Teknik Mesin
- Teknik Alat Berat

Logistics/Supply Chain Management 
Bertugas dalam proses distribusi sumberdaya pada site, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Teknik Industri 
- Semua jurusan 

Human Resource
Bertugas dalam perencanaan dan monitoring kebutuhan pekerja tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Manajemen
- Teknik Industri
- Psikologi

General Service
Bertugas mengelola seluruh pelayanan dan pemenuhan kebutuhan pekerja tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Manajemen
- Semua jurusan 

Industrial dan External Relation
Bertugas dalam proses hubungan secara industrial/industrial relation dengan pihak lain, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Hukum

Finance 
Bertugas dalam proses yang berhubungan dengan uang seperti pembukuan, keuangan, dan perpajakan di tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Finance
- Ekonomi
- Akuntansi
 
Business Excellence/Strategic Management 
Bertugas dalam proses pengelolaan aktivitas kerja dan sistem kerja pada tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Teknik Sipil
- Teknik Industri
- Semua jurusan  

Learning Center
Bertugas dalam penyelenggaraan pelatihan untuk kebutuhan kompetensi pekerja tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Teknik 
- Manajemen 

Information & Technology
Bertugas dalam mengerjakan infrastruktur jaringan dan komunikasi, serta pengelolaan dokumen di tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Ilmu Komputer
- Teknik Elektro
- Teknik Informatika

Health Safety Environment/HSE
Bertugas dalam menjaga kesehatan, keselamatan, dan lingkungan dalam tambang, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
- Hiperkes (ilmu kesehatan/keselamatan kerja karyawan)
- Teknik Lingkungan
- Teknik Industri
- Teknik Mesin
- Teknik Pertambangan
- Kesehatan Masyarakat
- Kesehatan Lingkungan
- Psikologi Mental Health
- (dan tambahan dari saya) Arsitektur Lanskap! karena saya kenal senior yang bekerja di bidang environment yang bertugas dalam reklamasi tambang.

Selain itu karena perusahaan tempat saya bekerja juga memiliki laboratorium yang menganalisa sampel dari tambang (laboratorium mineral maupun batubara) beberapa posisi yang saya ketahui lainnya, terutama untuk tambang yang memiliki insite laboratory, terdapat juga posisi:

Analis
Bertugas menganalisa kadar hasil tambang atau kemurnian dari hasil pemurnian smelter/pabrik pada tambang di laboratorium, jurusan yang bisa mengisi posisi:
- Kimia
- Analis Kimia

Dan masih banyak lagi jurusan-jurusan di posisi-posisi lain jika memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan tambang. Tentunya didukung dengan usaha peningkatan kompetensi diri seperti mengikuti pelatihan-pelatihan, dan sertifikasi.

Berikut sebagian kecil yang saya dapatkan dari online training dari AnakTeknik Academy kali ini, ditambah sedikit pengalaman yang bisa saya bagi kembali. Tentunya, sepanjang dua jam, tidak hanya ini yang saya dapatkan, namun masih banyak lagi pengetahuan penting seperti skill-skill dasar apa yang dibutuhkan untuk kerja di tambang, seperti apa HR merekrut karyawan untuk bisa kerja di tambang, serta tips-tips serta ilmu untuk mencari celah-celah yang bisa dilewati jika ingin bekerja di tambang. Jadi, jika diadakan kembali Online Training dengan tema ini, saya rasa sangat worth it untuk diikuti, terutama untuk rekan-rekan yang tertarik untuk kerja di tambang dari jurusan apapun.

Sejauh ini, ini adalah Online Training kedua yang saya ikuti dari AnakTeknik Academy (sebelumnya Online Class mengenai Project Management & Scheduling With Ms. Project). Sedikit review, mulai dari sistem pendaftaran, pembayaran, hingga pengiriman sertifikat, sistem yang digunakan sangat mudah. Apalagi ditambah dengan adanya reminder pembayaran dan reminder waktu training/class yang sudah mau dimulai via Whatsapp (terutama untuk saya yang sering skip ini). Plus ada juga grup Telegram untuk diskusi. Definitely will join another training/class!


Catatan pribadi dalam mengikuti Online Training
Skill Wajib Masuk Kerja Tambang 
AnakTeknik Academy x BawahTanah
Jumat, 16 Juni 2021, 19:45 - 21:45 WIB
Alsace Cahya Bening:
- Human Resource practitioners Coal Mining
- Berkarir di Mining Kontraktor terbesar no 2 di indonesia PT Bukit Makmur Mandiri Utama tahun ke 9
- Bussiness Growth BawahTanah.co.id

(Written originally by Salma Fadhilah on salmafadhilah.blogspot.com)

Komentar

Postingan Populer

Moony Scribbler

Ekspresi Hijau

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?