Tips Traveling di Tokyo: Tokyo Handy Map


Ceritanya, malem sebelum berangkat fieldtrip ke Tokyo Metropolitan Government Office (yang ditulis di post sebelumnya), saya dapet Whatsapp dari tante saya, Tante Winda, yang dulu sempet tinggal di Jepang. Awalnya beliau cerita kalo abis baca postingan yang tentang Kawagoe dan jadi kangen lagi sama Jepang. Terus beliau juga cerita, atau lebih tepatnya kasih tips buat saya yang notabene berstatus pelajar yang ke Jepang dengan duit beasiswa, bukan yang emang mau jalan-jalan dan udah persiapin dana cukup. So pastinya saya kere dan butuh tips-tips ala backpacker buat memanfaatkan waktu-waktu tersisa (yang semakin menipis) disini.

Beliau bilang kalo sebelum kita nge eksplor Jepang, khususnya Tokyo, ada satu hal yang harus kita lakuin untuk bisa eksplor Tokyo dengan maksimal tapi dengan biaya yang lebih rendah dari biaya normal. Dan guess what? hal itu bisa dilakuin di Tokyo Metropolitan Government Office!

Entah kebetulan atau emang takdir (?), tips ini saya dapet sehari sebelum saya emang bakal pergi buat fieldtrip ke sana. So ya, without further do, saya langsung masukin hal ini dalam must-do-list besok hari dan nggak boleh sampe kelupaan.

Kalo kita pengen tau tempat-tempat apa yang recommended buat didatengin di Tokyo, plus tertarik dengan spot-spot wisata seperti museum atau park yang butuh beli tiket masuk, ada tips menarik yang patut dicoba. Kita tinggal dateng ke Tokyo Tourist Information Centre yang terdapat di dekat pintu masuk Building No.1 dari Tokyo Metropolitan Government Office buat ngambil ini: Tokyo Handy Guide dan Tokyo Handy Map!


Di Guide-nya, bakal di jelasin tempat-tempat apa aja sih yang patut didatengin di Tokyo, detil di setiap prefecture-nya, dan lengkap dengan harus turun di stasiun apa, kapan jam dibuka sampe tutupnya, tanggal berapa aja tempat itu ditutup dari pengunjung, dan website yang bisa kita akses untuk tau lebih lanjut tentang tempat tersebut. Di tempat-tempat yang ada festival atau event khusus, kita juga bisa tau kapan aja bakal diadainnya, so kita jadi bisa dateng ke tempat itu di waktu yang tepat. Dari Guide, kita juga bisa tau dimana lokasi tempat tersebut di Map dengan kode khusus.


Bukan cuma itu, di Guide juga tersedia informasi-informasi berguna lainnya buat turis seperti info tentang rute kayak apa aja yang bisa kita lewatin kalo kita cuma punya 1 hari aja untuk ngejelajahin Tokyo dengan efektif, ada juga informasi tentang transportasi plus paket-paket freepass nya, cara dapetin free wifi, juga nomer-nomer apa aja yang bisa dihubungi kalo misalnya ada musibah. Selain itu, ada juga informasi singkat tentang kota-kota lain yang langsung berbatasan sama Tokyo

Yang paling penting nih, Tokyo Handy Guide dan Map ini tersedia dalam banyak bahasa (tapi sayangnya nggak ada bahasa Indonesia...) dan bisa kita ambil secara gratis! Dan keuntungannya, dengan menunjukkan Guide & Map ini kita bisa dapet diskon khusus bahkan free pass entry ticket di baaaaaanyak tempat. Ini jelas worth it banget karena kita bakalan ngirit dari 350 sampai 500 yen !



Oh iya, selain Tokyo Handy Guide & Maps, di Information Center itu juga tersedia Tokyo Muslim Travelers' Guide yang ngebantu traveler muslim untuk traveling di Tokyo. Yang saya tau, Tokyo emang lagi pengen narik banyak traveler muslim untuk dateng ke Jepang dengan cara mempermudah mereka dalam hal tempat makan, tempat tinggal, tempat belanja, dan pastinya tempat untuk sholat (yang saya alamin sendiri sekarang masih susah ditemui dan belum banyak) tapi mereka berusaha buat ngasih info sebanyak-banyaknya lewat Muslim Guide ini.


Untuk yang paling krusial yaitu tempat makanan untuk muslim, informasi yang dikasi bener-bener lengkap dengan kategori-kategori apa yang tempat itu penuhi. Kayak, selain makanannya halal, apakah dia pemasaknya halal, alat yang dipakenya halal, ada tempat sholatnya atau engga, dan lain-lain. Ada juga range harganya, waktu buka sampe tutupnya, dan alamat, nomor telpon, plus website-nya. Bahkan informasi tentang staff-nya bisa ngomong bahasa inggris/multilingual atau enggak pun ada.


Salah satu restoran halal yang pernah saya datengin:

Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Nah buat yang berencana atau lagi di Tokyo, bisa banget buat ngambil Tokyo Handy Guide & Map, maupun Tokyo Muslim Travelers Guide nya buat yang muslim sebelum kemana-mana karena bakal ngebantu banget secara informasi dan secara ekonomi wkwk. Kalo nggak salah, selain di Tokyo Metropolitan Government Office, pernah liat juga Guide ini ada di Tourist Information Centre beberapa stasiun besar kayak Shinjuku station, Keisei Ueno station, dan tentunya di Haneda Airport.

Segitu aja, semoga tips-nya membantu ya!
Thanks for reading!


Read other post about #DaysInJapan here

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP