Lanskap Agrowisata: Eco Green Park Batu

Analisis Agrowisata
Eco Green Park Kota Batu Jawa Timur 

A. Tata Ruang

Deskripsi



Eco Green Park adalah obyek daerah tujuan wisata yang beralamat di Jl. Oro – Oro Ombo nomor 9A, Kelurahan Temas – Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur. Sebelum dibangun sebagai obyek wisata andalan, adalah berbentuk lahan yang difungsikan sebagai perkebunan tanaman jati, tanaman jeruk dan pembenihan ikan dan jamur dengan status kepemilikan sertifikat pribadi, tanah dengan ukuran luas kurang lebih 6 hektar yang berada di lereng gunung Panderman dengan ketinggian 1.200 DPL (dari permukaan laut) dengan suhu udara rata – rata dibawah 27 derajat celcius dengan kandungan sumber air yang cukup serta kelembapan udara yang sangat baik.


Pembangun proyek sesuai dengan site plan yang didesign secara khusus, dengan konsep 10% sampai dengan 15% adalah berbentuk bangunan permanen dan semi permanen, sedangkan 85% adalah sebagai ruang terbuka hijau berbentuk taman dengan tetap mempertahankan keutuhan pohon – pohon besar dan aliran sungai yang membelah lahan tersebut.

Pada tanggal 15 Juni 2012, ditandai dengan penanaman pohon oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, resmilah pembanguna obyek wisata yang bernama Eco Green Park dengan motto Fun & Study yang memiliki arti tempat wisata ekologi yang berwawasan pendidikan dan rekreasi.

Pada tanggal 01 Juli 2012, Eco Green Park resmi dibuka secara umum. Eco Green Park merupakan tempat wisata pertama yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group yang bernuansa ekosistem dan lingkungan yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional dengan udara yang sejuk dan lukisan alam yang indah akan menambah kenyamanan pengunjung. Eco Green Park menyediakan 37 wahana yang memadukan Konsep Wisata Alam, Kebudayaan, Lingkungan dan Seni inspiratif, Menarik dan Mendidik.


a. Ruang/Zona Agrowisata Utama

Untuk ruang agrowisata utama, Eco Green Park mengkategorikan wahananya kedalam wahana edukasi dan wahana bermain. Untuk wahana edukasi diantaranya adalah wahana:

· Pembelajaran Biogas
· Pembelajaran Hidroponik Strawberry dan Jamur
· Pembelajaran Komposter
· Science Center
· Silase dan Hey
· Pembelajaran Pengolahan Susu
· Perkebunan Sayur

Kemudian untuk wahana bermain diantaranya adalah wahana:

· Basmi Hama
· Jungle Adventure
· Plaza Musik
· Rumah Terbalik
· Water Outbound

Diantara wahana-wahana diatas, khususnya yang berada dalam kategori edukasi, wahana yang menjadi objek daya tarik on-farm adalah wahana Pembelajaran Hidroponik Strawberry dan Jamur dan wahana Perkebunan Sayur. Wahana yang menjadi objek daya tarik off-farm hulu adalah wahana Pembelajaran Biogas, wahana Pembelajaran Komposter, dan wahana Silase and Hey. Kemudian wahana yang menjadi objek daya tarik off-farm hilir adalah wahana Pembelajaran Pengolahan Susu.


b. Ruang/Zona Agrowisata Minor/Spesifik

Obyek dan daya tarik ruang pendukung aktivitas utama agrowisata Eco Green Park ini antara lain terdapat fasilitas seperti parkir mobil, sepeda motor dan bus, musholla, toilet, food court, ambulance, drug store, dan klinik. Kemudian terdapat akomodasi seperti kereta pengantaran (shuttle) untuk pembeli tiket terusan, kursi roda yang dapat digunakan gratis dengan meninggalkan ktp, dan e-bike yang dapat di sewa seharga 100.000/ 3 jam. Terdapat pula signage system, papan informasi, loket tiket, dan kantor pengelola.


c. Jalur Wisata (Touring Plan)

Pola jalur wisata di kawasan agrowisata Eco Green Park berbentuk loop atau berpola looping, yaitu pola yang berupa rangkaian tertutup. User akan memulai aktivitas di satu titik kemudian mengakhirinya di titik tersebut kembali. Jalur wisata yang memuat titik start, obyek yang dilewati, hingga titik akhir dapat dilihat pada gambar 1.


Gambar 1 Peta Eco Green Park 


B. Fungsi dan Aktivitas Agrowisata

Ruang/Zona
Objek & Daya Tarik
Fungsi Ruang
Aktivitas
Keterangan
Agrowisata Utama
Perkebunan Sayur
Sebagai obyek dan daya tarik utama wisata
Belaja berkebun sayuran
Pembelajaran Hidroponik Strawberry dan Jamur
Sebagai obyek dan daya tarik utama wisata
Belajar menanam strawberry dan jamur dengan metode hidroponik
Pembelajaran Komposter
Sebagai obyek dan daya tarik utama wisata
Belajar mengolah sampah menjadi kompos
Silase dan Hey
Sebagai obyek dan daya tarik utama wisata
Belajar mengolah tanaman menjadi pakan kering dan basah hewan
(Ilustrasi)
Sumber: agrobisnisinfo.com
Pembelajaran Biogas
Sebagai obyek dan daya tarik utama wisata
Belajar mengolah biogas dari limbah hewan ternak
Pembelajaran Pengolahan Susu
Sebagai obyek dan daya tarik utama wisata
Belajar mengolah susu
Agrowisata Minor
Signage
Signage system
Penanda lokasi pada welcome area
Loket tiket
Utilitas
Pembelian tiket
E-Bike
Akomodasi
Berkeliling area
Sumber: rantsa.com


C. Dasar Pengembangan Kawasan

Dasar pengembangan kawasan agrowisata Eco Green Park ini adalah Activities-Based karena kawasan wisata ini menonjolkan aktivitas sebagai daya tarik. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di Eco Green Park, antara lain kegiatan pembelajaran yang dilakukan di wahana edukasi seperti belajar berkebun, membuat kompos, mengolah susu, hingga melakukan kegiatan yang bersifat rekreasi di wahana rekreasi.



Sumber:
Eco Green Park. Eco Green Park Fun and Study. (internet). http://www.ecogreenpark.co.id/. (Diakses pada 20 Juni 2016)



(disusun untuk tugas mata kuliah Lanskap Agrowisata (ARL315))

Nama : Salma Fadhilah
NRP : A44130063

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP