Desain Lanskap: Maps Themed Plaza


Kuliah satu jam plus praktikum 7 jam full di studio dalam satu hari? Ngerjain tugas sampe tengah malem di lab komputer? Ujian praktikum dari jam 8 sampe jam 6 selama 3 hari penuh? Yap, cuma mata kuliah Desain Lanskap yang punya penderitaan-penderitaan macam begitu.

Kalo yang lain banyak nge-share hasil begadangan 3 hari 3 malem ujian praktikum DL ini di Instagram atau di Snapchat beberapa bulan lalu #telat, saya mungkin gak sepede itu. Dibanding ngeshare di platform yang banyak orang liat kayak ig atau sc, kayaknya buat saya cukup dengan ngeshare di blog yang gabanyak orang liat ini aja. Wkwk. Tapi tetep, saya pengen 'pamer' sedikit hasil project individu pertama saya -yang sebenernya gak bagus-bagus amat-, tapi dibuat dengan cucuran darah dan keringaat #lebay #biasa.  


Sedikit cerita, walaupun tapaknya agak lumayan kecil aja yaitu di area gerbang berlin (kalo anak ipb pasti tau lah ya), tapi buat ngerjain UP ini agak susah buat nyari idenya mau diapain gerbang berlin yang isinya tukang telur gulung, seblak dan pangkalan ojek itu. Emang kata kakak kelas, ide gabakalan dateng di hari pertama. Tapi bener aja, udah detik-detik mau ngumpulin hasil progress hari pertama sekitar jam 5an, masih belum ada ide juga. Akhirnya ngumpulin seadanya dan asal-asalan dulu, tapi keterusan deh jadi konsep fix.

Intinya, di gerbang berlin itu saya pengen kalo semua yang lewat dapet informasi yang lengkap tentang lokasi-lokasi di IPB, jadi gak bakalan bingung. Apalagi notabene yang lewat situ langsung disuguhin sama hilir mudik orang yang jalan dari arah mana-mana karena gerbang berlin adalah 'jalan tikus' buat masuk ke IPB. So, kita bakalan muncul di tengah-tengah area IPB dan bukan di gerbang utama. Kalo buat anak baru atau orang yang baru dateng ke IPB, pasti pusing dong? Apalagi, kalo ke IPB pake angkot, pasti sama abangnya diturunin di gerbang Berlin ini.

Selain itu, saya pengen yang masuk gerbang Berlin nggak langsung pusing dengan hiruk pikuk dan ribetnya bangunan di IPB -yang awal-awal saya kuliah disana selalu nyasar-. So, di area ini saya buat perkerasan (plaza) yang luas, pohon teduh, plus bunga-bungaan yang adem di mata. Just in case, kalo di angkot udah mabok kena macet dramaga, masuk Berlin gabakalan pusing tapi bakal jadi fresh lagi. Gitu deh intinya. (padahal males bikin detil, jadi dijadiin plaza sama flower bed aja semua wkwk...... lelah)

Ya itu sih intinya, kok jadi panjang amat.

So yeaa, kalo ada yang penasaran #kaloada, ini dia hasil begadangan 3 hari 3 malem yang dibumbuin sama degdegan laptop ngehang keberatan program, panik beberapa lembar data yang sempet ilang, plus takut nggak selesai. Kalo ada juga yang penasaran gimana sih kerjaan anak ARL, ini salah satu contohnya, walaupun ada tahapan kerja yang dilewatin kayak bagian konsep pengembangan, preliminary design, detail engineering design, dan kawan kawan yang detai lainnya karena keterbatasan waktu, tapi mungkin ini udah mewakili lah ya. Thanks for keep reading!



Re-Design Area Gerbang Berlin IPB 
dengan tema Maps

Latar Belakang

Gerbang Berlin merupakan lokasi pertama di IPB yang dicapai oleh mahasiswa maupun user secara umum jika melewati rute yang ditempuh angkutan umum. User yang menggunakan angkutan umum seringnya tidak mengetahui arah yang harus dilalui jika ingin mencapai tempat tujuannya di IPB jika baru turun dari angkutan umum, dikarenakan tidak adanya informasi yang jelas dalam bentuk apapun yang tersedia di area Gerbang Berlin. Untuk itu, informasi yang jelas mengenai arah dan peta keseluruhan IPB menjadi hal yang penting untuk ada di area ini.


Konsep

Konsep Maps diambil karena peta merupakan alat navigasi yang berfungsi untuk menunjukkan arah, dan hal inilah yang dirasa amat dibutuhkan user di area Gerbang Berlin. Salah satu sarana yang menyediakan peta di era modern ini adalah Google Maps. Maka untuk konsep desain, elemen-elemen desain dan lanskap yang ada pada tapak mengambil dari unsur-unsur yang ada pada logo Google Maps.

Pola tapak re-design diambil dari bentuk icon location yang ada pada logo Google Maps. Kemudian bentuk bangku diambil pula dari lingkaran pada icon location yang ada pada logo Google Maps. Logo Google Maps yang colorfull dan terdiri dari warna yang solid dituangkan dalam flower bed yang terdiri dari hamparan bunga berwarna-warni.

Fasilitas utama pada tapak diberikan untuk mendukung fungsinya sebagai welcome area yang memberi navigasi yang baik untuk user. Pada tapak tersedia:

1. Gedung pusat informasi, dimana user dapat menanyakan hal-hal mengenai IPB

2. Papan informasi, yang berisi informasi umum dan peta keseluruhan IPB

3. Panel informasi, dimana user dapat menempel poster-poster untuk menyebarkan informasi kepada user lain; serta

4. Tiang penunjuk jalan, yang akan menunjukkan arah tempat-tempat penting yang ada di IPB.











atau tonton langsung di youtube lewat https://www.youtube.com/watch?v=FdMv3iY1LSw

Komentar

  1. Hallo kak
    Mau nanya itu desainnya pake aplikasi apa kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, banyak aplikasinya dan beda-beda tiap tahap; pake aplikasi ArcGIS, AutoCAD, SketchUp, Lumion, sama Photoshop :) nanti pengen dijelasin di satu post khusus. Semoga segera yaaa

      Hapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Teknik Studio: First Maquette Making

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?