Perilaku Konsumen: Motivation, Motive for Your Action

Pernah nggak sih terpikir, bagaimana bisa orang-orang yang berumur sama dengan kita bisa memiliki prestasi yang amat banyak sedangkan kita masih sibuk dengan hal-hal yang itu-itu saja? Atau apa yang mendorong orang-orang diluar sana dapat amat senang berbagi dan beraktivitas sosial padahal tidak ada keuntungan materi yang didapatkan? Kekuatan besar yang ada di belakang mereka, banyak disebut para trainer dan motivator sebagai Motivasi.

Apa sih sebenarnya motivasi? Motivasi dinyatakan sebagai dorongan yang muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan. Munculnya motivasi awalnya, berasal dari adanya kebutuhan dan keinginan yang tidak terpenuhi. Nah, kebutuhan yang tidak terpenuhi itu berubah menjadi tekanan dan kemudian berakhir menjadi tindakan. Setelah tujuan tercapai, tekanan akan berkurang dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan juga akan berkurang. Pada intinya, motivasilah yang membuat seseorang bisa bergerak, bertindak, dan melakukan suatu hal yang berbeda. Motivasi setiap orang akan berbeda. Sesuatu yang orang anggap perlu, mungkin dianggap tidak penting bagi orang lainnya, bahkan sebaliknya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


Ada dua faktor yang mendorong dirasakannya kebutuhan. Pertama, faktor pendorong yang terdiri dari faktor dalam atau kebutuhan bertahan hidup, dan faktor luar atau kebutuhan sampingan yang berasal dari respon lingkungan dan budaya. Faktor yang kedua adalah faktor manfaat, yaitu faktor kebutuhan utilitarian atau karena fungsinya, dan faktor kebutuhan ekspresif/hedonik yang dipengaruhi tuntutan sosial, 

Teori kebutuhan yang dikemukakan oleh Maslow menyebutkan bahwa manusia memiliki lima jenis kebutuhan yang tersusun dalam segitiga.  Kebutuhan yang ada di segitiga terbawah adalah kebutuhan fisiologis, kemudian diatasnya ada kebutuhan rasa aman, lalu kebutuhan sosial, kebutuhan ego, dan yang terakhir kebutuhan aktualisasi diri. Teori kebutuhan Maslow menunjukkan dimana kebutuhan paling bawah dan paling besar harus dipenuhi terlebih dahulu untuk selanjutnya memenuhi kebutuhan yang berada di tingkat atasnya, yang menunjukkan tingkat kepentingan/prioritas dari kebutuhan tersebut. Sedangkan McClelland hanya membagi kebutuhan mmenjadi tiga jenis, yaitu kebutuhan sukses, afiliasi, dan kekuasaan.

Dalam strategi pemasaran, motivasi dan kebutuhan ini penting untuk menentukan strategi apa yang akan dilakukan untuk menarik konsumen, apakah dengan menggunakan Segmentasi yaitu dengan mengarahkan langsung produk ke konsumen yang membutuhkan, atau Positioning yaitu membangun citra dan image produk sehingga konsumen yang akan datang karena mencari.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perkenalkan nama saya Salma Fadhilah, pengambil mata kuliah perilaku konsumen (IKK) yg diampu Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor sebagai Supporting Course (SC). Saya merupakan mahasiswa dari Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB. Saya lahir di Bogor, tanggal 4 Mei, tahun 1995 dan besar di Bogor. Saya berasal dari sebuah SMA swasta di Bogor dan diterima di IPB lewat jalur SNMPTN tulis. Saya memilih untuk melanjutkan studi di IPB karena dekat dengan rumah, juga terdapat program studi yang saya inginkan yaitu Arsitektur Lanskap. Hobi saya adalah membaca novel dan blogging. Selengkapnya tentang saya dapat diakses di blog pribadi saya di salmafadhilah.blogspot.com. Terima kasih.
Salma Fadhilah (A44130063)
Kuliah Jumat siang, 13.00 @ RK CCR 2.07
11 September 2015

Departemen Arsitektur Lanskap (www.arl.faperta.ipb.ac.id)
Fakultas Pertanian (www.faperta.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Departmen Ilmu Keluarga dan Konsumen (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Fakultas Ekologi Manusia (www.fema.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
(www.sumarwan.staff.ipb.ac.idwww.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md Djamaluddin, MSc

Textbook :



Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP