Agar di Kampus Tak Sekadar Kuliah





Baru seminggu masuk ke kampus Institut Pertanian Bogor, hari ini Nadya sudah dibawa berkeliling ke stand-stand Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus barunya pada acara Open House bagi mahasiswa baru. Seperti biasa, setiap tahun ajaran baru, setiap anggota UKM mempromosikan UKMnya agar banyak dari mahasiswa-mahasiswa baru mau bergabung dengan mereka lewat stand-stand di Open House. Sekilas, Nadya tertarik dengan salah satu stand yang berada di pojok, yaitu UKM kerohanian: Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) IPB. Apalagi karena Nadya pun sempat mengikuti rohis saat di SMA dulu, iya tertarik dengan tagline-nya yaitu BKIM Rohisnya IPB.

“Namanya di kampus, ya kuliah aja. Belajar yang bener, gausah neko-neko!”

“Kamu itu diamanahkan sama orang tua cuma buat kuliah!”


Kamu pasti juga sering denger kan kalimat-kalimat seperti itu? Memang benar sih, orang tua kita mengamanahi kita hingga berada di kampus agar belajar dengan baik dan menjadi orang yang berilmu serta bermanfaat ketika sudah lulus. Kemudian kita, sebagai anak yang baik wajib mematuhi perintah orang tua kita tersebut. So, nggak perlu laah ikut-ikutan organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus; apalagi UKM kerohanian seperti yang Nadya lewati tadi; BKIM IPB. Tapi tahu nggak sih, sebenarnya selain peran sebagai mahasiswa, kita juga memiliki peran lain yang nggak kalah penting?

Yap, peran sebagai seorang muslim! Peran kita sebagai seorang muslim,tidak serta merta hilang ketika kita menjadi seorang mahasiswa. Sebagai seorang muslim, tentu selain sholat, puasa, zakat, pasti ada kewajiban lain yang harus kita penuhi. Salah satunya, allah berfirman dalam surat Ali-Imran (surat 3) ayat 104 yang artinya “ Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada al-Khair (Islam), menyuruh kepada perkara ma’ruf, dan mencegah dari perkara munkar. Mereka lah orang-orang yang beruntung.” Allah menyuruh kita dalam salah satu ayat quran tersebut untuk melakukan syiar atau berdakwah.

Untuk itu, BKIM IPB hadir di kampus IPB untuk menjadi wadah bagi para muslim di kampus untuk melakukan salah satu kewajibannya yaitu menyuarakan Islam di lingkungan kampus. BKIM IPB sebagai UKM Kerohanian Islam akan terus istiqomah berdiri di tengah-tengah civitas kampus IPB dan berjuang bersama teman-teman yang sadar bahwa dunia kuliah tak boleh hanya dilewatkan untuk belajar. Selain peran mahasiswa, ada peran lain yang menuntut kita melakukan lebih dari seharusnya yaitu peran kita sebagai muslim; dengan segala konsekuensi peran tersebut salah satunya adalah kewajiban syiar dan dakwah yang kita emban.


Selengkapnya tentang BKIM: kunjungi web BKIM di bkim.lk.ipb.ac.id

(ditulis untuk mading BKIM, BKIMedia di media centre. Juli 2014)
Photo source: @nurislamirr

Komentar

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP