World Landscape Architecture Month 2015



Bulan April menjadi bulan yang sakral bagi para civitas akademika maupun pekerja di bidang Arsitektur Lanskap. Pasalnya, di setiap tahunnya sepanjang bulan april akan diperingati sebagai World Landscape Architecture Month atau dalam bahasa Indonesia, Hari Arsitektur Lanskap Dunia. World Landscape Architecture Month atau biasa disingkat WLAM ini di inisiasi oleh American Society of Landscape Architecture (ASLA) bekerja sama dengan International Federation of Landscape Architect (IFLA) mulai tahun 2015 ini, yang pada awalnya telah lama menjadi perayaan rutin negara Amerika berupa National Landscape Architecture Month (NLAM).

Pada awalnya, NLAM yang menjadi cikal bakal WLAM ditetapkan pada bulan April karena bulan itu berisi beberapa tanggal yang penting bagi perkembangan ilmu arsitektur lanskap. Bulan April bertepatan dengan Hari Bumi yaitu 22 April dan ulang tahun Frederick Law Olmsted (1822-1903) pada 26 April sebagai bapak arsitektur lansekap dunia, desainer Central Park New York dan lanskap ikonik lainnya, serta pendiri ASLA pada tahun 1899.

Perayaan WLAM ditujukan untuk memperkenalkan profesi arsitek lanskap kepada generasi berikutnya di seluruh dunia melalui media sosial. WLAM akan menggunakan media sosial untuk menghubungkan setiap chapter ASLA yang ada di seluruh dunia dan organisasi sejenis di setiap negara untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan menjangkau banyak segmen dengan media sosial. Pada WLAM, setiap chapter ASLA yaitu perwakilan ASLA di snegara-negara di dunia akan berkolaborasi dengan siswa, organisasi atau perusahaan yang didedikasikan untuk arsitektur lanskap dengan Skype dan media sosial dan membentuk hubungan untuk membahas arsitektur lanskap sepanjang 2015.

Selain itu, setiap arsitek lanskap dapat berpartisipasi dengan mengambil foto ruang atau obyek yang dirancang oleh arsitek lanskap bersama kartu seukuran dompet berwarna oranye dengan tulisan “Designed by Landscape Architect” atau "Didesain Oleh Arsitek Lanskap" di atasnya dan mengunggahnya di media sosial dengan hashtag #WLAM2015. ASLA akan menampilkan semua foto yang diunggah ini pada web ASLA (www.asla.org/wlam) untuk menghubungkan seluruh akademisi, pekerja, serta penggiat siswa di seluruh dunia untuk berkolaborasi dalam ide dan mempromosikan profesi arsitektur lanskap.

Nancy Sommerville sebagai wakil presiden eksekutif dan CEO ASLA mengatakan "Kami sangat gembira untuk bermitra dengan organisasi di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran profesi. Kami berharap semua arsitek lanskap dapat bergabung dengan perayaan WLAM ini dan membantu untuk mengembangkan generasi arsitek lanskap berikutnya." WLAM adalah kesempatan yang baik bagi arsitek lanskap di seluruh dunia untuk merayakan, menampilkan dan mendidik orang lain tentang profesi besar arsitektur lanskap. [Salma Fadhilah/INFOS HIMASKAP]



(Ditulis untuk buletin tiga bulanan Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap (HIMASKAP) IPB)




Data source:
http://www.asla.org/NewsReleaseDetails.aspx?id=34921
http://www.asla.org/ContentDetail.aspx?id=45783
http://land8.com/profiles/blog/show?id=2025679%3ABlogPost%3A765218&commentId=2025679%3AComment%3A766741&xg_source=activity
http://asla-mn.org/vision/world-landscape-architecture-month

Read more post about Landscape Architecture : click here

Komentar

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP