#ARLife: Frequently Asked Questions

 

Beberapa kali pernah nulis post tentang gimana kuliah di ARL bikin orang yang penasaran dan pengen tau lebih tentang ARL banyak nyasar dan akhirnya nangkring ke sini. Seneng rasanya bisa cerita dan berbagi tentang apa yang saya tau dan alamin sendiri di ARL, mulai dari tentang pengalaman dapetin satu bangku kuliah, ospek, masuk kuliah, nugas, belajar, sampe seluk-beluknya. Jadi, walaupun sebenernya nggak banyak-banyak banget yang nanya, tapi pengen aja bikin rangkuman pertanyaan-pertanyaan apa aja yang sering masuk dan sering ditanya, biar yang pengen tau juga gampang kalo pengen cari tentang sesuatu yang berhubungan sama ARL.

Di postingan ini di list pertanyaan-pertanyaan apa yang sering ditanya, dan pertanyaannya dijawab dari sudut pandang saya yang notabene masih kuliah dan masih ngejalanin jadi mahasiswa ARL (Jadi jangan percaya sepenuhnya ya, bisa jadi salah hehe). Beberapa pertanyaan di copy dari kolom comment di blog, e-mail, ask.fm, atau sms yang masuk. Jawabannya juga dilengkapin sama link ke postingan blog yang kira-kira bisa lebih jelasin dengan lebih rinci atau pernah ditulis khusus dalam satu post blog. Kalo ada yang kurang jelas, belum pernah ditanya, atau pengen tau lebih lanjut bisa submit di kolom comment ya.

Makasih banyak, semoga membantu!


- Kalo mau baca post blog tentang ARL dimana sih?


Masuk ARL

- Kenapa pilih ARL?

- Dari awal ingin masuk ARL atau ada cerita lain?
Awalnya nggak pengen, tapi karen satu dan lain hal jadi pengen, hehe. (selengkapnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2013/07/berita-baik-sebelum-bulan-baik.html)

- Masuk ARL IPB lewat snmptn atau sbmptn?

- Nilai rapor minimum untuk masuk ARL kira-kira berapa?
Kurang tau, soalnya bukan masuk lewat snmptn yang pake rapor hehehe. Dan kayaknya nggak ada yang tau kecuali pihak kampusnya sendiri.

- Kalo ada satu pelajaran yang nggak bisa, bisa nggak masuk ARL?
Bisa kok, asal mata pelajaran itu lulus walaupun nggak terlalu bagus tapi mata pelajaran yang lain bisa membantu rata2nya jadi naik kayaknya nggak masalah. soalnya setahu saya yang diperhatikan nilai keseluruhan dan bukan satu mata pelajaran aja.

- Peminat ARL banyak nggak ya? Perbandingan bangku sama peminatnya berapa?
Kalau waktu tahun saya snmptn (tahun 2013) peminat ARL sekitar 1700 dari 42 orang yang diterima di jalur itu. perbandingannya sekitar 1:40, artinya satu kursi di ARL diperebutkan sama 40 orang, dan itu jadi jurusan dg peminat terbanyak ke 10 di IPB tahun itu. tapi kalo mau usaha dan serius sih nggak susah sebenernya.. itu buat snmptn aja, tapi semoga bisa jadi gambaran. kalo daya tampung totalnnya dari semua jalur ada 70-80 orang. rinciannya, jalur snmptnnya sekitar 40 orang, sbmptn sekitar 30 orang, dan utm 8-10 orang. kurang tau kalo tahun selanjutnya berapa tapi kayaknya masih sekitar itu bahkan biasanya tambah banyak.

- Masuk ARL matematika atau fisikanya harus bagus ya?
nggak juga sih, matematika dan fisikanya dipake dikiit banget beda sama teknik arsitektur yang banyak matematika dan fisika teknik. (Selengkapnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html)

- Kalo mau ngambil ARL IPB nilai yang lebih di prioritaskan itu apa?
Untuk diterima di ARL sendiri, kayaknya IPB liat rata-rata nilai SMA secara keseluruhan, nggak ada yang di prioritaskan. tapi waktu kuliahnya, kebanyakan belajar seputar lingkungan, tanaman, iklim, tanah, dll. bukan biologi juga sih tepatnya, banyak bidang ilmu yang kepake dan saling berhubungan. (selengkapnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html)


Kehidupan IPB

- Ospek IPB gimana sih?
Ospeknya seruu kok, terutama ospek departemennya. walaupun tugasnya banyaak, tapi semua itu kakak-kakanya buat biar kita lebih kenal sama temen kita sendiri, sama senior, dan sama departemen kita. Kalo jaman saya, masih ada ospek departemen sama fakultas di tingkat dua setelah ospek universitas di awal masuk tingkat satu. tapi denger-denger katanya mulai angkatan depan (angkatan 52) ospek departemen sama fakultasnya bakal digabung sama ospek universitas di awal masuk. Tapi over all bakal relatif sama kok. Ospek di IPB namanya MPKMB (Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru), atau sekarang namanya MPB. (Selanjutnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2013/08/mpkmb-50.html)

- Tahun pertama di PPKU (Program Persiapan Kompetensi Umum) gimana sih?
Dulu namanya TPB atau Tingkat Persiapan bersama. (Selanjunya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2013/09/tpb-tingkat-paling-bahagia-ipb.html)


Kehidupan Perkuliahan ARL

- Di ARL harus jago gambar ya?
Ga harus jago, ga bisa pun gapapa, mengingat saya juga nggak pernah nggambar sebelumnya dan baru kenal sama dunia gambar-menggambar pas masuk ARL, itupun pas semester dua. Yang penting sih suka, dan mau belajar. kalo bisa-nggak bisanya sih bisa jalan seiring waktu, dan nanti juga belajar sama-sama dari awal, bahkan dari cara pegang pensil dan bikin garis. Masalahnya semua tugas dan mata kuliah nggak bakal lepas dari gambar dan bakal mabok sendiri kalo gak suka (Selanjutnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html)

- Di ARL lebih banyak laki-laki atau perempuan?
Persentase laki-laki dan perempuannya sih lumayan imbang, nggak terlalu banyak di perempuan atau laki-lakinya. Mungkin sekitar 60% perempuan dan 40% laki-laki. nggak terlalu kontras sih kayak di jurusan Teknik Mesin dan Biosistem yang kebanyakan laki-laki, atau Ilmu Gizi Masyarakat yang kebanyakan perempuan.

- Kebutuhan di jurusan ARL ini apa aja ya?
Pastinya hampir setiap tugas butuh sketchbook atau kertas dengan berbagai ukuran, dr A4 sampe A1, bahkan ukuran meter-meteran. Alat gambar, colouring, dan buku-buku kuliah, juga software-software komputer.

- Peralatan arsitektur kayak papan, meja, atau pensil khusus itu mahal ga sih?
Beberapa peralatannya emang agak mahal sih, tapi nggak semuanya. Beberapa nggak perlu merek khusus yang mahal-mahal, asal bisa dipake. Tapi beberapa yang mahal emang perlu dan jadi investasi juga buat kedepannya.

- Untuk laptop kira-kira yang spesifikasinya seperti apa? RAMnya harus besar atau tidak?
Emang beberapa aplikasi lanskap butuh ram gede sih buat ngejalaninnya. kalo belum beli laptop coba tanya deh sama tukang laptopnya, laptop mana yang support design. kalo udah ada laptop kayaknya pake aja yang ada juga bisa. temen-temen sih sampe saat ini ada juga masih bertahan dengan laptop lamanya, plus kalo laptop ga support masih bisa pake komputer lab ko

- Di ARL sering bikin maket?
Bikin maket nggak terlalu sering, sampe semester 4 baru buat maket 1 kali dan biasanya berkelompok, jadi nggak jadi beban individu. (Selanjutnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2015/03/arlife-first-maquette-making.html)

- Apa di ARL sudah banyak menggunakan basis komputer?
Basis komputer sudah dipakai, tapi kemampuan menggambar dengan tangan (freehand) tetep harus dipunyai sama setiap arsitek lanskap jadi akan tetap belajar dua-duanya.

- Biaya kuliah di ARL IPB satu semesterannya berapa?
Biaya semesteran di ipb tergantung gaji orangtua, dan berbeda setiap mahasiswa. jadi nggak bisa digeneralisir berapa per jurusannya. tapi nggak akan membebani kok dan juga di ipb banyak kebuka peluang banyak jenis beasiswa

- ARL IPB seru ga?
Seruuu, serunya harus dirasain sendiri hehe

- Mahasiswa yang lain dan dosennya gimana?
Mahasiswa, dosen, dan kakak tingkatnya asik-asik dan lebih santai dari departemen lain, mungkin karena ARL jadi jurusan yang paling nyeni kali ya

- Di ARL belajar apa sih? Mata kuliahnya apa aja? Tugasnya gimana?


Lulus ARL

- Lulusan ARL IPB banyak kerja dimana?
Banyaknya sih kakak-kakak kelas nggak jauh-jauh dari kerja di perusahaan kontraktor, konsultan, atau studio design ARL, ikut di proyek-proyek design di segala macem bentuk dan skala tapak, dan segala macem perusahaan. ya, sesuai sama yang dipelajari lah. (Selengkapny coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html)

- Susah nggak sih dapet kerja?
Profesi Arsitek lanskap baru sedikit dan jarang, jadi masih banyak dibutuhin. Kalo takut tenaga dan ilmu kita nggak kepake sebagai arsitek lanskap, ruang lingkup lanskap itu luasnya sejauh mata memandang dan kemana pun kaki bakal berpijak. Dimanapun ada alam terbuka, itu tugas kita dalam perencanaan, perancangan dan pengelolaannya, jadi lapangan kerjanya juga banyak. (Selengkapny coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2014/12/sekilas-tentang-arsitektur-lanskap.html)

- Kalau sarjana, nanti sarjana pertanian ya? atau apa?‎
Dari awal berdiri jurusan, sampe sekitar 3 tahun yang lalu sih lulusan Arsitektur Lanskap di IPB dapet gelarnya masih S.P alias sarjana pertanian. Tapi sejak angkatan 2014 sekarang sarjana ARL dapet gelar S.ArsL, sarjana arsitektur lanskap. (Selanjutnya coba baca http://salmafadhilah.blogspot.com/2015/06/belajar-apa-di-arsitektur-lanskap-ipb.html)


25/11/2020
Update ringkasan tentang kehidupan ARL 

dari masuk...

Student Exchange ke Jepang 

 https://salmafadhilah.blogspot.com/2021/01/daysinjapan-table-of-contents.html

...sampai lulus.


Semoga membantu!


Sf

Komentar

  1. assalamualaikum kak mau nanya dong, s1 arl ipb itu ada double degreenyakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk S1 nya belum ada, tapi S2 nya sudah ada bekerjasama dengan Chiba University dan Kyoto University Jepang. Semoga membantu <3

      Hapus
  2. Upakah kualitas ARL di IPB masih menduduki paling tinggi bila dibandingkan dengan Universitas lainnya?

    BalasHapus
  3. Demi apa, makasih banget teteh buat semua postingan tentang ARL-nya~ ><
    membantu banget, hehe~ ^^a
    Semoga teteh dilancarkan dan dimudahkan dalam segala urusan~ ><

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum kak, apakah lulusan smk bisa daftar ARL ipb?

    BalasHapus
  5. ka kalo ARL tuh termaksuk soshum atau saintek, bingung banget kalo sampe saintek aku lemah bgt kalo di angka:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saintek/IPA ya :) Untuk info seluruh jurusan di IPB itu IPA :)

      Cuma kalau memang suka, di ARL nggak banyak di angka kok. Semoga membantu ya :)

      Hapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Teknik Studio: First Maquette Making

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #2