Last Day of May: Tentang Waktu

gawat gawat gawaaaat! udah hari terakhir di bulan mei dan belom posting apapun bulan ini? merasa gagal. ngapain aja saya bulan ini? padahal perkuliahan banyak yang udah gak efektif, praktikum semester ini udah selesai, banyak tanggal merah, dan banyak menyingkirkan diri dari kegiatan mubah atau amanah yang nggak terlalu urgent dan bisa dimangkiri *eh. tapi tetep aja ya nggak bisa seproduktif dulu, waktu sma, waktu sekolah full day dari pagi sampe sore, waktu dari sebelum subuh sampe tengah malem pasti adaa aja kegiatan di asrama, waktu harus menyakitkan diri dulu (memaksakan diri supaya sakit, red) biar bisa istirahat dan nggak sekolah (wkwk, yang ini jangan ditiru).

ngomong-ngomong tentang sibuk, tadi banget abis maghrib, saya sempet ngobrol sama temen dan akhirnya diajakin buat ikut tim pkm (pekan kreatifitas mahasiswa)-nya dia. saya tolak saat itu juga, saya bilang kalo takut nggak ke handle dan takut keteteran, takutnya saya bilang siap tapi akhirnya diajak kumpul susah, di suruh ngerjain ini itu nggak kelar.


temen : emang sibuk apaan sih?
saya : sibuk tugas indep, mpd *bla bla bla/ banyak*
t : perasaan sama aja gue juga
s : eh iya ya? *diem*
t : bukannya lu semester ini lebih luang dari gue? matkul ini lu udah nggak usah ngambil, praktikum cuma satu, banyak luangnya kan? perasaan temen gue yang sekelas sama lu banyak banget nganggurnya. emang lu ngapain aja sih?
s : *mikir* iya ya, ngapain aja ya?
t : lu ajaa kali yang gak bisa manage waktu, sok sibuk lu 
s : *jleb* *kemudian berfikir untuk ngerekrut manajer saat itu juga* *berasa artis* #abaikan

jadi inget, waktu ta'lim (belajar) di asrama dulu, pas materinya Ust Rahmat Kurnia setiap kamis malem abis isya, beliau pernah bilang:
" Nggak ada itu yang namanya time management/ manajemen waktu, karena waktu nggak bakalan bisa kita ubah-ubah, tetep bakalan cuma ada 24 jam dalam sehari. tapi yang ada adalah manajemen diri, bagaimana cara kita memanage diri kita melakukan semua aktivitas dengan efektif dalam waktu yang hanya 24 jam tersebut."
jadi cambuk buat diri sendiri yang suka nyalahin waktu kalo ada hal-hal yang nggak ke handle atau nggak kekerjain. waktu ada, banyak, sama kayak waktu orang-orang, 24 jam. tapi kenapa mereka bisa dan kita nggak? ya, yang salah managemen diri kita berarti. emang ego manusia sih yang selalu nyari hal lain yang disalahkan, padahal dirinya sendiri yang salah (dasar manusia nggak mau ngaca -,-) waktu ada dan nggak dipake dengan baik, eh pas mepet deadline dan job nggak kelar, si waktu lagi yang disalahin. katanya waktunya kurang blablabla yeyeye lalala~ #tobat

temen se angkatan pernah nge share di grup line dulu waktu awal semester satu, kata-kata seorang dosen fisika yang sampe sekarang keinget banget walaupun nggak kenal sama dosen tsb, nggak pernah diajar (lupa juga nama dosennya ._.v), dan nggak denger langsung. katanya kurang lebih gini:
"setelah memilih menjadi aktivis yang ikut organisasi ini itu, tidak ada alasan bagi anda untuk punya nilai jelek. karena saat waktu anda tersita untuk organisasi tsb, maka bukan waktu belajar yang harus dikorbankan, tapi waktu tidur dan istirahat anda. tidak ada alasan, itu resiko." 
kata-kata itu keinget sampe sekarang, dan jadi cambuk (walaupun belom berhasil-berhasil juga diterapin .-.). selama ini, walaupun kerjaan lagi banyak, kadang saya masih pake pola tidur yang sama. masih menyempatkan diri tidur di sela-sela pergantian jam kuliah yang lumayan waktu siang, padahal sebenernya waktu itu bisa dipake buat ngerjain hal yang lain. walaupun sebenernya, istirahat juga penting, tapi mungkin itu yang bikin saya agak keteteran sama tugas-tugas dan lebih sering jadi deadliner...

mungkin sekarang nggak bakal lagi bilang 'ih, waktu kerasa cepet banget ya, nggak kerasa dulu masih *bla bla bla* sekarang  udah *bla bla bla* lagi aja, padahal belom sempet *bla bla bla*..' karena sampai kapanpun, sehari bakal tetep terdiri dari 24 jam, dan satu jam bakal tetep terdiri dari 60 menit, dst dst *silahkan lanjutin sendiri. lebih banyak introspeksi diri aja, ngapain aja di waktu-waktu tersebut yang dengan murah hatinya masih allah kasih buat kita. terutama buat saya, saat di bulan ini allah tepat kasih kesempatan saya buat hidup selama 19 tahun sudah...

Image source: id.pinterest.com


نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ. 
"Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, 
yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari) 

jadi kesimpulannya? si salma nggak sempet blogging karena kebanyakan tidur. wakakak
okesip, silahkan simpulkan sendiri ;)
segini dulu curhatnya, haha. semoga bermanfaat :))

with love,
salmafadhilah


Komentar

  1. super...! memang kerasa banget harus mendisiplinkan diri sendiri kalo self employed atau freelance, sebenernya lebih sibuk, tapi mudah untuk meninggalkan kesibukan untuk hal lain. #curhat

    BalasHapus
  2. Kayaknya tau tuh yg nawarin PKM siapa wkwk._.
    semangat salm! semoga di semester yg baru ini kita lebih bisa ngehandle semua-muanya yaak #YukBerubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, sepertinya tebakanmu tepat ._.
      thanks, amiiin :)) semangaaat juga zah ^^9

      Hapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Moony Scribbler

Ekspresi Hijau

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?