They Said it 'Tugas Non-Akademik'

rekor. sebulan tanpa nulis apapun di blog itu bisa dibilang hal yang langka banget, dan sekarang kejadian. dulu walaupun sesibuk-sibuk apa juga, sama lkma, un, atau sbmptn tetep aja bisa nge-blog barang dua-tiga post. tapi sekarang, nulis dikit aja susah. amanah yang dibuat sendiri deadlinenya bahkan blm di buat (maap pak bos ._.v), tugas media juga belom (maap mbak bos ._.v), apalagi proyek one day one paraghraph nya Busa (haduuuuh, maap maap dah buat semuanya -_-v) 

mungkin sekarang tenaga nulisnya udah kesita banyak buat nulis laporan, makalah, resume, analisis, bla bla bla kali yah makanya gak napsu lagi buat nulis blog -___- tapi akhirnya, sekarang saya  menyempatkan diri juga setelah ngerjain laporan dan ngeprint ini itu, walaupun sekarang waktu udah menunjukkan jam 2 lewat dan besok harus kuliah jam 7 pagi lagi seperti biasanya #okesiplanjut~

semester ini anak TPB udah mulai dapet mata kuliah departemen. buat saya, artinya mulai terjunlah saya ke dunia yang penuh dengan gambar, gambar, dan gambar. ada dua mata kuliah, menggambar sketsa sama pengantar seni dan arsitektur. dua-duanya penuh kejutan, praktikum plus tugasnya pun isinya hampir gambar semua. (oke, jangan teler dulu ma, ini baru permulaan -_-) tapi kali ini saya gak bakalan nge post foto tugas-tugasnya, karena itu terlalu mainstream (lagian jelek juga siapa yang mau liat -_-) tapi kali ini saya mau post tentang tugas-tugas non akademik yg saya dapet belakangan ini.


"setiap gue sebutin jurusan gue, percakapan selanjutnya pasti begini 'ooh anak ARL, jago gambar dong?'  kamp****! #sensor"

itu tadi curahan hati salah satu temen sekelas tentang asumsi-terlalu-tingginya orang-orang terhadap kemampuan menggambar anak-anak ARL. buat kebanyakan orang mungkin bener, tapi buat saya (dan mungkin teman saya yg diatas tadi)? hmmm, saya sadar diri, perjalanan masih panjang buat mencapai itu.


pun juga dengan kemampuan design. anak-anak ARL nantinya emang banyak bersinggungan sama software-software design. tapi sayangnya plis-sekali-lagi-bukan-sekarang, waktu saya masih jadi mahasiswa TPB yang polos dan gak tau apa-apa gini. dan mungkin karena itu juga, akhirnya beberapa kali saya diberi amanah buat bikin publikasi-publikasi event dakwah kampus dan luar kampus.

waktu jaman sma dulu, mungkin banyak yang kira saya termasuk orang yang jago design -karena sering kerja bareng orang yang sangatsangatsangat expert di bidang itu-. waktu itu, mungkin saya cuma kecipratan 'citra'-nya aja. tapi kalo ditanya karya, nol besar.  mau bantah? coba tunjukin satu aja design publikasi saya selama sma. ada? pasti muter otak 7 kali puteran buat mikirinnya doang.

kalo ditanya suka gak sukanya, saya suka. saya tertarik sama bidang itu. saya mau belajar. tapi belum bisa. dulu saya juga sempet masuk Code (community of designer) walaupun gak lama disitu dan akhirnya keluar.

akhirnya waktu kuliah saya ngerasain. gimana pertama kalinya saya ditodong disuruh buat publikasi dan gak bisa nolak. ngerasain kejar-kejaran sama deadline yang juga dikejar deadline tugas kuliah yang gak sedikit. terus pas diserahin kurang ini itu dan disuruh remake, diedit lagi diserahin lagi dan katanya terlalu lebay padahal udah pake berdarah-darah ngerjainnya, diedit lagi dan diedit edit edit dan setelah proses panjang akhirnya dicetak gede-gede dan dipajang. itu rasanya.... antara capek, sakit, kesel; tanpa perasan positif sama sekali. awalnya gak mau liat itu banner dan terus-terusan badmood selama acara kalo inget gimana prosesnya. tapi abis itu ketampar. sadar. buat siapa sebenernya saya lakuin ini? kalo buat Allah, pasti gak ada yang sia-sia...

itu sih pengalaman pertama...
masih terlalu dominan sama emosi, saya memang terlalu labil -_-
  
dan yang baru aja belakangan ini, awalnya saya di amanahin untuk bikin publikasi dan backdrop acara PPMM2014. tapi setelah lewat 1 hari deadline, amanahnya dipindahin ke orang lain karena saya nggak sempet ngerjain dan astaghfirullahnya sibuk sendiri sama tugas kuliah. akhirnya saya ditugasin buat design publikasi yang lain: bikin poster-poster jargon ukuran A3 yang biasanya di bagiin pas aksi. 

tugas kali ini saya kerjain dan selesai sesuai deadline dengan mulusnya sekitar satu minggu yang lalu. tapi setelah H-1, tepat kemaren, saya dapet sms jarkom dari pj saya kalo acaranya diundur karena masalah perijinan dan bentrok sama acara lain, plus diganti konsep. dan artinya fix, poster jargonnya batal cetak dan gak kepake~

"acaranya diundur dan diganti konsepnya salma, jadi kita design publikasi lagi :) afwan ya dek, semoga menjadi hujjah dan pemberat amal di hadapan Allah ya :) amiin... " 

hmmm :') gak bisa ngomong apa-apa lagi. kalau inget Allah, sekali lagi, semua alasan buat kesel se titik pun jadi ilang dan tergantikan sama rasa damai yang gak bisa diungkap kata. seriuss :''  

so i decided to write about it here~

tons of thanks for reading, dan maap penuh curhat :'D
salmafadhilah

Komentar

  1. Great beb ..!! Lanjutkan...!!
    Just improve our talent in Islam way.!!! Caiiyyooo |(^^)/

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Manajemen Komunikasi Efektif Pada Project-Based Organizations