Langsung ke konten utama

Fear is Choice

Image source: www.northstar.church

takut. entah takut nerima penolakan, takut nggak didenger, takut dijauhin, atau takut salah ngomong, jadi faktor seseorang mengurungkan niatnya buat mengingatkan atau menyampaikan kebaikan. takut, bisa bikin hal-hal yang kita udah hafal mati hukumnya malah nggak keluar dan cuma jadi percakapan imajiner di dalem otak. takut, bikin kita jadi cuma bisa diem ngeliat kemaksiatan terjadi di depan kita dan akhirnya jadi setan bisu. nah loh? nggak mau kan jadi setan bisu?

ngomong-ngomong tentang takut, saya jadi inget, beberapa bulan yang lalu waktu upgrading di sebuah tempat di Bogor, saya dan temen-temen diberi tayangan sebuah film barat keluaran mei tahun 2013 berjudul After Earth.

film ini berlatar di sebuah planet 'Nova Prime' yang dihuni manusia 1000 tahun setelah bumi udah nggak layak huni lagi. di planet itu ada sebuah alien (lupa nama aliennya apa) yang nggak datang kecuali dia mendeteksi adanya ketakutan dari manusia. pemeran utamanya seorang anak yang namanya Kitai (Jaden Smith). di sekolah yang melatihnya jadi prajurit pelawan alien itu, dia menjadi murid yang paling pintar, namun cuma secara teori. di prakteknya, Kitai ini jadi yang paling penakut, karena di masa lalunya dia punya trauma pribadi. singkat cerita, akhirnya di suatu perjalanan, pesawat yang ditumpangi Kitai jatuh dan dia diharuskan berjuang sendiri -dengan arahan ayahnya (Will Smith)- di bumi yang udah lama ditinggalkan dan penuh dengan bahaya. ditambah lagi, alien yang mereka bawa dari Nova Prime di pesawat lepas dari kurungan.

walaupun hari itu kita nggak nonton tayangan fullnya selama 2 jam, tapi dapet banget pelajaran yang bisa diambil dari film ini. sama seperti tagline-nya: "Danger is Real, Fear is Choice"

source: id.wikipedia.org
“Fear is not real. The only place that fear can exist is in our thoughts of the future. It is a product of our imagination, causing us to fear things that do not at present and may not ever exist. That is near insanity. Do not misunderstand me, danger is very real, but fear is a choice. We are all telling ourselves a story and that day mine changed.” -Cypher (Will Smith), After Earth 2013


nggak ngerti? oke translate deh~ ^^v

"Rasa takut itu tidak nyata. Satu-satunya tempat yang bisa ada rasa takut adalah pikiran tentang masa depan. Ini adalah produk dari imajinasi kita, yang menyebabkan kita takut akan hal-hal yang tidak ada saat ini dan mungkin tidak pernah ada. Itu mendekati kegilaan. Jangan salah paham, bahaya itu sangat nyata, tapi rasa takut adalah sebuah pilihan. Kita semua mengatakan kepada diri sendiri sebuah cerita dan hari itulah milikku berubah."

di film ini, ditekenin banget bahwa sebenernya ketakutan itu nggak nyata dan hanya sebuah produk dari imajinasi kita yang nggak pasti akan masa depan. rasa takut nggak bakal ada kalo nggak kita buat, dan ketakutan itu sebenernya bisa kita kendalikan sesuka hati kita. walaupun bahaya di depan kita adalah nyata, takut adalah pilihan.
sekali lagi, takut adalah pilihan.
takut, yang bikin langkah kita berhenti adalah pilihan.
takut, yang buat mulut kita terkunci juga adalah pilihan.
takut, yang menjadikan diri kita diam atas segala keburukan di sekitar kita pun adalah sebuah pilihan.
dan setiap pilihan akan dimintai pertanggungjawabannya...


"Nilai seseorang sesuai dengan kadar tekadnya. Ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya. Keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat. Dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya. -Khalifah Ali bin Abi Thalib RA *Di copy dari buku Ekonomi Umum TPB IPB, nggak sengaja baca pas belajar buat UAS kemaren*

'kadar keberanian seseorang sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat'. Masih takut menyampaikan kebaikan? Masih takut ngingetin temen kalo salah? Bisa jadi kadar penolakan kita rendah terhadap keburukan, bisa dibilang kita masih toleran dengan adanya keburukan-keburukan sekitar kita. Masih takut? *think again*#cambukanuntukdiri "

status di facebook saya 16 Januari lalu. 
well, semoga alasan 'takut' nggak bisa lagi menghambat kita dalam segala macam aktivitas dalam kebaikan :)
salma fadhilah,
02.05 am, rabu 22 januari 2014. 
Image source: dobeltequila.tumblr.com

Image source: surelysarah.blogspot.com

Komentar

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Moony Scribbler