Everything Changed...

everything changed...

 sebelum ngomongin tentang kata-kata yang ketulis diatas...
ini ada beberapa foto yang diambil di tempat yang sama tapi di tahun yang berbeda. 
hmm, kalo diperhatiin ternyata udah banyak yang berubah ya ^^ 

check~

Kebun Raya Bogor, Pekan Taaruf. 2010.


Beberapa hari setelah masuk sekolah, kita yang dateng dari seluruh penjuru indonesia langsung 'digiring' ke ikon kota bogor ini. baru pada lulus smp nih. masih pada polos-polos kan ya? hehehe 
next, click.

Kebun Raya Bogor, Sharing Session. 2013.


3 tahun kemudian dan TADAAA, kalo ini calon-calon mahasiswi :)
hari sabtu (2/3) kemarin kita refreshing sekaligus ngadain sharing session tentang kendala kita di detik-detik menuju un ini. sharing tentang semua unek-unek kita, bareng guru dan ibu-bapak pengurus fosis. 

11th Jakarta Islamic Book Fair. 2012.



nah, kalo foto yang ini diambil setahun lalu. kebetulan gada foto sekelasnya, cuma ada foto kelompok aja. waktu masih dua angkatan, baru punya adik.. masih nyante-nyante, belom kepikiran un, belom kepikiran kuliah -_- ckck

12th Jakarta Islamic Book Fair. 2013.



kalo ini baru kemarin (7/3), saatnya ngerasain serunya nyari buku selain detik-detik ;)
sebelumnya kita ke masjid Andalusia dulu di sentul. ini pertamakalinya -kalo nggak salah- kita pergi keluar dengan jumlah siswa normal (maksudnya lengkap ada tiga angkatan, nggak cuma satu atau dua angkatan aja :p) makanya jalan ke IBF kemaren rameee banget.



hahaha, ini just intro & just for fun aja ya ;)

kalo diinget-inget, sebenernya dulu banget pernah nyinggung dikit tentang perubahan di blog ini. tapi itu dulu banget, tulisannya masih amburadul dan nggak jelas ngomongin apa 
-__-

ngomong-ngomong tentang foto-foto diatas, semua itu cuma nunjukkin perubahan secara fisik. yang pasti kerasa, sejak pertama kali dateng ke sini dan sekolah di sini, kalo dibandingin sama keadaan yang sekarang pasti ngerasa beda banget. 

minimal nambah tinggi satu-dua senti atau berat naik tiga-empat kilo lah. dari yang dulunya cupu, belum ngerti apa-apa, dan masih kaya anak-anak. sampe sekarang yang juga nggak beda jauh *eh.


hehehe nggak lah. 
"Perubahan itu pasti. Tidak ada hal yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri." -Anonym- 
kalo dibandingin dari pertama kali dateng sampe sekarang nggak ada yang berubah? nggak mungkin. kalo nggak berubah jadi lebih baik. hmm apalagi, rugi itu namanya.

pasti apal kan hadist yang isinya intinya “orang yang hari ini lebih baik dari kemarin, adalah orang yang beruntung bla bla bla…” ? nggak usah dijelasin lagi lah ya.

jadi bisa disimpulin, bener-bener rugi namanya kalo orangtua kita udah sekolahin kita 3 tahun dengan biaya yang nggak sedikit tapi nggak ada bedanya keadaan kita pas masuk dan keadaan kita pas keluar.

yakin sih, semuanya pasti berubah. mulai dari cara pandang terhadap sesuatu, cara menyikapi masalah, cara berfikir, dan cara-cara lain. dari yang awalnya nggak bisa ngomong di depan, jadi kebiasa dan bisa. yang tadinya ogah dan nggak telaten berorganisasi, jadi terpaksa dan malah suka. dan ternyata, mau nggak mau itu semua bermanfaat banget loh buat kehidupan kita selanjutnya!

setelah kita ditempa juga dengan berbagai cara, segala macam training, pembentukan karakter kepemimpinan, manajemen dll, sampe segala macam peraturan yang awalnya menurut kita berat dan menyiksa, namun itulah yang akhirnya merubah kita. 


tapi setelah semuanya bisa kita jalani dengan baik, insya allah semuanya pasti berubah menjadi semakin baik. 
coba deh diinget-inget, perubahan apa aja yang kita alami semenjak ada di sini. dan akhirnya, hal-hal itulah yang nanti membuat kita merasa saaangat perlu untuk bersyukur. 

tapi kadarnya, sedikit banyaknya, drastis enggaknya, bahkan baik buruknya perubahan itu kembali sama individu masing-masing. dan beruntunglah orang yang bisa berubah dan melakukan lompatan quantum (?) –nya...

kayak ayat quran yang disampein sama syifa waktu kultum abis maghrib tadi, 

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” -QS 13:11-


segimanapun orang-orang berusaha buat merubah kita, sekeras apa sistem yang berusaha membentuk kita, sesering apapun motivasi-motivasi itu masuk lewat telinga kita, kalo bukan diri kita yang menghendaki perubahan menuju kebaikan itu, mana bisa berubah? 

wajah-wajah polos di foto-foto awal dari berbagai macam daerah yang bersatu karena tempat ini (juga karena islam dan Allah tentunya), sekarang udah kembali akan berpencar ke seluruh penjuru dunia. dalam waktu hanya beberapa bulan. 

dan telah datang waktunya bagi kita buat nggak lagi menjadi yang diubah, tapi yang mengubah.

so, berusaha manfaatin waktu-waktu yang tinggal sedikit -terutama waktu di insantama- ini untuk terus berbenah. supaya tiga tahun kita nggak sia-sia. sebelum akhirnya semua tertinggal di belakang, dan akhirnya yang tersisa hanya penyesalan...


keep stuggle the agents ;)

8-9 maret 2013.
cambukan buat yang nulis juga,
dan semakin tercambuk lagi setelah ikut 'pertemuan spesial' tadi siang..

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP