KEEP CALM and WORK HARD :D

nggak ada gunanya terus-terusan ngeratapin waktu, yang bakal terus jalan seperti biasa sesering apapun kita ngeluh. well, januari sekarang udah berganti dengan februari :)

2 bulan menjelang UN ini, siklus hidup udah mulai berubah. seperti yang pernah saya tulis 3 tahun lalu di blog ini, (nggak! nggak usah dicari! ><) tahun akhir sekolah emang tahun yang paling sibuk. nggak bisa lagi yang namanya santai-santai, nongkrongin laptop berjam-jam, baca novel seharian, atau ngobrol sampe perut sakit karena ngakak dengan dosis berlebih. kalo nggak bawa buku kemana-mana, dosaa banget rasanya. berasa kita nggak berjuang maksimal, padahal nggak bener juga kalo kita terlalu forsir diri buat belajar.


nih, siklus hidup beberapa orang dari kita selama beberapa bulan terakhir ini:
pulang sekolah ke aula bawa buku setumpuk, pindah ketempat makan dan ngantri sambil baca, balik ke kamar, di kasur baca buku lagi sampe ketiduran, bangun sebelum subuh buku setumpuk dibawa juga. padahal di aula nggak dibaca, kepala sih ngadep buku, tapi mata merem. ups! ;)

seneng sih liatnya, semua orang berusaha buat belajar sekeras mungkin, semaksimal mungkin dan sesering mungkin. tapi sebenernya, belajar yang paling efektif itu kalo kita siapin waktu khusus yang bener-bener fokus buat belajar, nggak di selip-selipin di sela-sela aktifitas gitu. katanya sih, dengan cara belajar kaya gitu, informasi yang dicerna otak bakal lebih sedikit. hmmm tapi, emang tergantung cara belajar masing-masing orang sih. mungkin aja cara begitu bisa lebih efektif buat beberapa orang...

tapi ternyata, 'atmosfir mendebarkan' nggak cuma dirasain sama kita-kita aja! denger-denger dari beberapa adik kelas, kakak kelas 12 sekarang berubah serius dan nggak bisa diajak bercanda. kemana-mana pegang buku, muka serius, dan bawaannya gak bisa diganggu. serem katanya. walaupun awalnya nggak mau ngaku, tapi nggak bisa dibilang enggak juga. ternyata adik-kita juga kebawa degdegan gara-gara tingkah kita. hahaha, maafin kita ya adik-adik ;)

yah over all, semoga aja hasilnya nanti bisa sebanding sama usaha yang udah kita lakuin. semoga tiap malam yang kita luangin buat belajar, mata yang kita paksain buat baca berlembar-lembar materi, memori yang kita pake buat ngehafalin segala macem rumus, tangan yang kita gerakin buat latihan, dan beribu-ribu (sampe beribu-ribu gak sih? :p) soal yang kita kerjain di tiap try out, dan yang paling penting doa yang kita sampaikan di tiap shalat bisa ngebuka lebar-lebar jalan ke mimpi yang udah kita rangkai ;)

oh iya, jangan sampe gara-gara belajar hal-hal yang juga penting jadi lupa dan ditinggalin. belajar tetep, tapi jangan lupa juga refreshingnya. main game atau sedikit seneng-seneng juga penting loh ;)
so KEEP CALM and WORK HARD, bye :)

nb: buat yang sampe lupa nulis,
"Mana? kok saya cek nggak ada lagi tulisan barunya?
 ... Jangan takut nilai jelek gara-gara nulis, justru harus jadi motivasi..."
-Pak Karebet, Februari 2013-

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP