Day #2 : Dari Semut Hingga Jantung Manusia di UPM

Hari kedua kami di Malaysia (26/11/12), pagi setelah tahajjud kami berkumpul di halaman University Of Malaya Student Exchange Dormitory "Tun Ahmad Zaidi Residential Colllege" (Kolej 10) untuk melakukan briefing. Lalu kami berberes-beres sejenak setelah menunaikan shalat shubuh. Sebelum kami berangkat ke Unversiti Putra Malaysia (UPM) sebagai tujuan utama kami hari ini, tim presentasi melakukan gladi bersih di Garden Seni, masih di UM Student Exchange Dormitory. Sekitar pukul 08.00 waktu setempat, kami berangkat menuju UPM dengan bus yang dipandu oleh Cik Jefri selaku guide kami.
Sesampainya di UPM kami langsung menuju Parkview Cafe untuk sarapan. Jam 09.50 kami disambut di Bilik Lembaga, Gedung Pentadbiran UPM dengan sambutan yang laur biasa. Alu-aluan pertama diberikan oleh Ketua delegasi Kontingen kami yaitu Ust M. Rahmat Kurnia, dilanjutkan sambutan dari pejabat pemasaran UPM Ibu Samim Rafiq Galea yang juga mempresentasikan tentang UPM. Beliau menjelaskan tentang fasilitas yang di berikan UPM kepada mahasiswanya seperti library, medical center, on campus bus, dan fasilitas lain di kampus yang lahannya sangat luas tersebut. Di presentasinya, beliau juga menyampaikan bahwa ternyata UPM adalah unversitas terbaik ke-9 di Asia. 

Kemudian, juga ada Dr. Mahiran Basri yang menjelaskan tentang program pengkajian internasional yang dilanjutkan dengan sedikit sesi tanya jawab. Lalu, disinilah sesi yang paling menenggangkan, yaitu sesi presentasi perwakilan rombongan kami. Ajeng, Sobri, dan Azzam tampil dengan menawan sebagai presentator dengan menggunakan bahasa Inggris. Juga Musleh dan Rakha yang tampil sebagai mc dengan lucunya, mereka menggunakan bahasa melayu. Bahkan Dr. Mahiran sempat berkomentar, “Very interesting and entertaining...” beliau berkata sambil tertawa. "Very good programme, program ini bisa mebuka mata semua anak-anak tentang dunia luar. Sangat berguna, kami doakan supaya dapat mencapai cita-cita...  ujarnya juga setelah tau bahwa kami berangkat ke Malaysia tanpa biaya dari orang tua.

Kemudian saat itu juga ada kakak-kakak dari MPP (Majelis Perwakilan Pelajar) yang Indonesia biasa disebut sebagai BEM, yang diketuai oleh Kak A. Bukhori. Kemudian dari MPP sendiri juga melakukan presentasi dihadapan kami. Tanya jawab berlangsung singkat karena waktu yang juga terbatas. Saat jam makan siang tiba, kita dijamu dengan lunch khas Malaysia. Setelah shalat, kami pun pulang dengan membawa merchandise dari UPM.

Dari situ kemudian kami melenjutkan perjalanan menuju Fakulti Pertanian sebagai fakulti yang paling terkenal di UPM. Disana kami disambut oleh ibu Nur Azura selaku dosen di bidang insekta atau serangga. Kami diajak ke Muzium Entomologi yang disana terdapat macam-macam serangga. Isi musiumnya sangat lengkap dan tersusun rapi. Sebelumnya, Ibu Nur Azura melontarkan beberapa pertanyaan sebagai kuis, dan bahkan memberi kami ‘tea time’ terlebih dahulu sebelum memasuki area musium.

Dan selanjutnya kami menuju Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan atau di indonesia biasa disebut fakultas kedokteran. Disana kami langsung digiring ke Muzium Patologi dan Anatomi. Kami bisa melihat contoh organ-orang manusia dari yang normal hingga yang terkena penyakit, yang telah dibekukan lalu dipajang di etalase untuk penelitian dan pendidikan.

Kunjungan kami yang panjang di UPM selesai sampai situ. Namun ternyata tugas kami masih ada yang belum terjawab. Sebelum pulang menuju kolej, ternyata kami berkesempatan untuk mampir di event penting di Malaysia, yaitu MAHA (Malaysia Agriculture, Horticulture, & Agrotourism) International Show 2012 di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS), Selangor, Malaysia. Disana berderet stand-stand yang memberikan kami informasi tentang dunia pertanian yang hanya digelar 2 tahun sekali.

Dan akhirnya waktunya kembali ke kolej. Saat evaluasi di sela-sela perjalanan, alhamdulillah pada hari ini semua berjalan cukup baik dan tidak ada sesuatu yang terlalu mengkhawatirkan. Terakhir Pak Rahmat Kurnia sempat bercerita, bahwa kakak-kakak dari MPP UPM yang sempet berbincang degan beliau mengatakan bahwa mereka takjub, dan kami sudah terlihat seperti mahasiswa.

Walaupun hari ini cukup melelahkan dan kami juga sempat terguyur hujan, namun hari ini adalah hari yang cukup menyenangkan serta banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil dari perjalanan hari ini. Semoga besok akan lebih baik lagi, tunggu cerita kami selanjutnya! [Reported by: Hanum & Salma/ Photos by: Afiya & Faiz]




Muzium Entomologi, Fakulti Pertanian UPM



MAHA 2012


Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP