Pemilihan Ketua OSIS SMAIT Insantama 2012-2013

Siang itu sekitar pukul satu, lapangan bulu tangkis gedung 2 SIT Insantama tak seperti biasanya yang berisi para siswa atau santri yang asyik bermain bulu tangkis. Pada Sabtu tanggal 4 agustus 2012 lalu lapangan bulu tangkis penuh berisi para siswa SMAIT Insantama yang duduk menghadap ke arah susunan meja dan kursi yang diduduki beberapa orang panelis. Hari itu, SMAIT Insantama sedang mengadakan pemilihan ketua OSIS periode 2012/2013, kelanjutan dari pemilihan BPH (badan pengurus harian) OSIS tahap satu pada malam beberapa hari sebelumnya.

Kandidat yang lolos karena mendapatkan suara terbanyak pada tahap sebelumnya adalah Ahmad Nazhif R R, M. Afifuddin Al-fakkar, Abduljalil Hazzi, Najway Azka A R, dan Fadhliyah Rahmah N seluruhnya dari kelas XII. Panelis yang akan menghadapi mereka kali ini adalah Bapak M. Karebet Widjajakusuma dan Ibu Dewi Karebet, kepala sekolah SMAIT Insantama Bapak S M Pertiwiguno, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Ibu Uun Sundari, Ibu Dwi Febriani, serta ketua OSIS periode sebelumnya M. Fatih Nasrullah.


Awalnya, seluruh kandidat yang terpilih satu persatu maju dan menjelaskan latar belakang mereka, serta apakah mereka mau menjadi ketua OSIS. Seluruh kandidat yang terpilih mengatakan bahwa sebenarnya mereka tidak siap menjadi ketua OSIS, karena memang amanah menjadi ketua OSIS tidaklah mudah. Kemudian mereka menjelaskan apa yang akan mereka lakukan jika menjadi ketua OSIS. Di balkon lantai dua gedung dua siang itu berisi sejumlah pendukung atau tim sukses dari setiap kandidat yang membawa karton warna-warni yang berisi kata-kata penyemangat dan dukungan untuk kandidat pilihan mereka. Suara riuh mereka keluarkan setiap kandidat pilihan mereka maju dan memberi jawaban. Tak hanya riuh suara dari mulut mereka, tetapi barang-barang lain seperti galon pun mereka siapkan untuk lebih maremaikan suasana.

Kemudian setiap kandidat juga menyampaikan menurut mereka, apa saja kelebihan serta kekurangan diri mereka masing-masing. Rata-rata kandidat memiliki kekurangan yang sama yaitu memiliki emosi yang susah terkendali. Selanjutnya panelis menanyakan tentang apa program andalan yang akan mereka buat jika menjadi ketua OSIS. Jawaban mereka beragam dan kreatif, beberapa diantaranya adalah program penghapusan PR dari Rahmah. Kemudian ada pula program hari susu, oleh Najway yang mengusulkan siswa meminum susu rutin tiap minggu pada hari tertentu. Lalu program hari guru, yang seluruh murid harus bersedia mengurusi keperluan guru hingga memijit para guru pada hari itu. Seluruh jawaban yang mereka berikan kepada panelis selama pemilihan akan menjadi perhitungan tersendiri disamping hasil perhitungan suara yang akan dilakukan di akhir acara. Acara terpotong pada jam 15:30 dan seluruh kandidat, panelis, serta peserta bergegas meninggalkan tempat untuk shalat ashar.

Setelah shalat ashar sekitar pukul 4 sore, acara pemilihan ketua OSIS SMAIT Insantama periode 2012-2013 dilanjutkan kembali. Kali ini para kandidat ketua OSIS SMAIT Insantama dihadapkan dengan beberapa pertanyaan dari panelis maupun peserta yang hadir yang tidak lain adalah adik kelas serta kakak kelas mereka sendiri. Lima buah pertanyaan harus dijawab bergantian oleh 5 orang kandidat kita dengan cerdas, cepat, dan tepat. Pertanyaan berkisar tentang keorganisasian, nizhom al-ijtima', akademik dan banyak hal lainnya yang menguji cara berfikir serta cara penyelesaian masalah dari masing-masing kandidat. Dan semua pertanyaan yang dilontarkan penanya dijawab dengan luar biasa oleh seluruh kandidat. Sekali lagi, suara riuh para tim sukses setiap kandidat terdengar setiap jawaban selesai disampaikan.

Sesi terakhir selesai, kali ini acara inti yaitu pengambilan suara calon ketua OSIS segera dimulai. Para peserta yang hadir diberikan sebuah kertas yang harus mereka isi dengan dua nama yang mereka anggap pantas menjadi ketua OSIS. Setelah lima menit, seluruh kertas ditarik kembali dan saatnya perhitungan suara. Kelima kandidat dibawa keluar dari tempat pemilihan. Satu orang perwakilan dari setiap angkatan maju dan menjadi saksi. Kertas suara dibuka oleh Bapak Karebet, dibacakan oleh ketua OSIS periode 2011-2012, M Fatih Nasrullah dan ditulis oleh sekretaris II OSIS, Rakha Ryanki Farhan.

Setelah semua kertas suara dibuka dan di hitung, suara tertinggi diraih oleh Ahmad Nazhif R R dengan jumlah 55 suara, lalu Muhammad Afifuddin al-Fakkar dengan jumlah 46 suara, Najway Azka A R dengan jumlah 34 suara, Abduljalil Hazzi dengan jumlah 23 suara dan terakhir Fadhliyah Rahmah Natsir dengan jumlah 22 suara. Walaupun hasil pemungutan suara sudah diketahui, namun ketua OSIS periode 2012-2013 belum bisa ditentukan, karena panelis memiliki aspek penilaian lain yang akan mempengaruhi hasil. Maka hari ini, belum bisa dipastikan siapakah yang akan menjadi ketua OSIS selanjutnya.

Para kandidat dijemput kembali. Kemudian masing-masing satu perwakilan dari angkatan 1 dan angkatan dua maju untuk melakukan serah terima OSIS secara simbolik. Sebelumnya seluruh angkatan satu wajib menjadi OSIS, dan kali ini seluruh angkatan 2 lah yang akan melanjutkan kepengurusan OSIS periode selanjutnya bersama dengan beberapa siswa angkatan 3 yang terpilih menjadi pengurus OSIS.

Acara pemilihan ketua OSIS SMAIT Insantama 2012-2013 berakhir setelah seluruh peserta berdiri dan mengucapkan janji dan tekad sebagai calon pemimpin masa depan yang diwakili oleh kepala sekolah Bapak SM. Pertiwiguno. Dan akhirnya acara selesai pada pukul setengah enam sore. Serah terima jabatan secara resmi selanjutnya akan dilaksanakan di dalam acara PERMADANI (Pekan Ramadhan Insantama) pada tanggal 6-9 agustus 2012 besok. [reported by: salma & faiz/ photos by: faiz /cc: http://jaishupdate.blogspot.com/2012/08/pemilihan-ketua-osis-smait-insantama.html]








Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP