Cry As Much As You Can!

Di umur segini, pasti udah banyak banget aktifitas yang pernah kita lakuin. Aktifitas harian aja udah berapa banyak, makan, minum, berdiri, berjalan, mandi dan beribu-ribu aktifitas lain. Kalo saking isengnya dan mau tau berapa, tinggal liat aja daftar kata kerja di kamus dan itung sendiri. Tapi, ada yang tau nggak, aktifitas apa sih yang pertama kali kita lakuin waktu kita lahir di dunia? Yap, seratus! betul banget (emang ada yang ngerasa jawab gitu?), aktifitas pertama yang bayi lakukan setelah lahir adalah menangis. Buat yang jawabnya bener, hadiah bakal dikirim ke rumah masing masing dengan pajak hadiah 100% ditanggung pemenang. Hehehe…


Ada yang bilang, bayi nangis karena takut lihat dunia yang udah nggak karuan rusaknya. Ada juga yang bilang karena takut nggak bisa ngejalanin perjanjian yang udah dibuat sama allah di masa sebelum lahir. Tapi ada lagi yang bilang kalo itu cuma fenomena ilmiah aja, karena baru pertama kali menghirup udara luar. Yah tepatnya sih wallahu a’lam bisshowwab, entah yang mana yang bener atau malah bisa jadi semuanya bener.

Nangis itu manusiawi banget. Pasti semua orang pernah ngelakuin yang namanya nangis minimal satu kali seumur hidupnya (ya, minimal waktu baru lahir itu tadi :p). Kalo ada bayi yang sering nangis, semua orang pasti maklum banget kan ya? Ya namanya juga bayi, belom ngerti. Nggak tau caranya kalo mau minta ini itu, mau nggak mau pasti nangis… Tapi kalo ada orang segede kita (emang kita segede apa?) yang masih sering dan gampang nangis, kebanyakan bakal di cap cengeng sama orang-orang di sekitarnya. Dikit-dikit nangis, dijailin dikit nangis, dicuekin nangis, ditabok dicakar-cakar dijedotin tembok juga nangis (yaiyalah!). Akhirnya, image orang yang gampang nangis jadi keliatan negatif.

Padahal nih ya kalo diperhatikan, ditelusuri, dan diubek-ubek sampe ke ujung samudra terdalam (?) sebenernya nangis itu perlu, bahkan shunnah loh! Shunnah? Iya shunnah! Nggak percaya? Di surat Maryam ayat 58 Allah bersabda yang artinya "Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis". secara nggak langsung, di surat ini tuh Allah nyuruh kita buat sering-sering menangis. Apalagi kalau di bacakan quran, terutama tentang kebesaran Allah. Nah tuh, udah dikasih dalil. Masih nggak percaya?

Tapi nggak semua nangis itu shunnah loh ya. Jangan gara-gara dibilang nangis itu shunnah malah sering nangis tanpa sebab. Atau malah pake alasan shunnah buat nangis sesuka kita. Misalnya abis jatoh kesandung, terus nangis teriak-terias. Pas disuruh diem dan berenti nangis, eh malah bilang ‘gapapa dong, nangis kan shunnah!’. Beuh, salah tuh!

Menangis yang dikatakan shunnah itu menangis yang disebabkan sama rasa takut kita sama Allah. takut atas kebesaran Allah, siksaan Allah, dan pertanggungjawaban kita yang berat nanti di mata Allah. Rasulullah juga pernah bilang "Jika kalian mengetahui apa yang aku ketahui, maka niscaya kamu akan sedikit tertawa dan banyak menangis..". maksudnya, kalau kita tahu seberapa pedihnya siksa akhirat kalo kita nggak mematuhi perintah allah, gak bakal deh kita sempet buat ketawa-ketawa dan cekikikan sepanjang hari kita. di hadist ini, ditekanin juga tentang kita yang nggak boleh banyak banyak tertawa. sebenernya tertawa itu bisa mengeraskan hati loh! sebaliknya, menangis menunjukkan bahwa hati kita lembut dan masih bisa tersentuh.

Jadi sebenernya, kalo ada orang hampir nggak pernah nangis dan susaah banget nangis itu perlu dipertanyakan. Soalnya, bisa jadi hatinya udah keras. Sebaliknya beruntung banget orang yang hatinya lembut dan gampang buat mencucurkan airmatanya. Orang-orang yang udah tau pentingnya nangis tapi dia susah buat ngeluarin airmata itu sampe harus muter otak dan cari pancingan buat nangis. Dan kalo udah nangis, rasanya pengen nangis terus dan nggak berenti-berenti. Nggak percaya lagi? Cobain aja sendiri!

Jangan lagi kira nangis itu tanda cengeng atau kelemahan, karena justru menangis itu menunjukkan kekuatan iman dan ukuran ketakutan kita sama Allah! so, banyak-banyakin deh menangis di sela-sela malam, muhasabah dan doa kita. jangan mau kalah sama bayi, yang baru lahir aja langsung nangis karena takut sama allah. ok? ^^ [@salmafadhilah]

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Moony Scribbler