Gak Suka Kimia Atau Pelajaran Lain? Here’s The Key!


“Hari terburuk adalah saat kimia, fisika, dan matematika berkonspirasi untuk bikin gue pingsan di hari yang sama… ”
Setuju? Tandanya kamu harus baca sampai tuntas artikel ini!

Kata-kata tadi adalah sepotong curhat seorang pelajar SMA di jejaring sosial Twitter-nya. Kalo kamu setuju, dicurigai kamu punya ketakutan tersendiri sama pelajaran kimia, fisika, matematika, atau pelajaran apapun yang kalian anggap susah. Bener kan?

Pengen nggak sih ngilangin rasa nggak suka itu? Pasti pengen kan? Pengen kan di pelajaran-pelajaran tersebut tertulis angka 8 bahkan 9 di rapor kita? Rasanya, tiap hari di sekolah bakal menyenangkan walaupun semua pelajaran memusingkan ada di hari itu. Hmm, sebenernya apa sih akar masalahnya?



Di kelas kita, pasti ada segelintir orang yang dianggap ‘master’ di pelajaran tertentu. Nilai dia pasti bagus, gak pernah remed, bahkan ikut olimpiade di pelajaran itu. Di kelas, pasti dia yang duluan jawab kalo guru nanya atau nyuruh ngerjain soal di papan tulis. Pokoknya, di mata dia pelajaran itu dianggap gampang. Pengen deh bisa kaya dia. Kenapa sih dia bisa sampe kaya gitu? Apasih rahasianya?

Coba kamu tanya mereka satu-satu kenapa mereka bisa menguasai pelajaran-pelajaran ‘menakutkan’ itu. Pasti mereka nggak merasa pelajaran itu susah, bahkan mereka anggap gampang. Dan beberapa dari mereka pasti bilang bilang: karena mereka suka. Nah, itu dia kuncinya! S-U-K-A!

“Minat adalah motif yang menunjukkan arah perhatian individu terhadap obyek yang menarik atau menyenangkannya, maka ia cenderung akan berusaha aktif dengan obyek tersebut.” (Skinner). Adapun tanda-tanda bahwa seseorang memiliki minat antara lain adalah: mau melakukan sesuatu atas prakarsa sendiri, melakukan sesuatu secara tekun, dengan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi. Melakukan sesuatu sesuai dengan keyakinannya itu dimana saja, kapan saja, dan atas inisiatif sendiri.

Berarti jelas kan? Sebenernya masalahnya itu ada di diri kita sendiri. Kalo kita udah punya rasa suka -atau di bahasan ini minat- sama pelajaran tertentu, pasti semua pelajaran jadi gampang. Tenang, minat itu bisa ditumbuhin kok! Salah satunya dengan mencari tahu manfaat atau kegunaan dari pelajaran itu bagi kita, mencari cara belajar yang baru dan cocok, atau mencari titik seru pelajaran tersebut. Dan yang paling penting, kita harus tahu dan mengingat kembali apa tujuan kita mempelajari pelajaran-pelajaran tersebut yaitu memenuhi perintah Allah untuk menuntut ilmu. Ingat? Dengan niat yang seperti itu, belajar bakal terasa jadi kegiatan yang enteng dan kita ikhlas menjalaninya. Plus, dapet pahala juga loh!

Kalo udah tau kunci-kunci tadi, dijamin deh kamu gak bakal benci lagi sama fisika, kimia, atau matematika. Atau insya Allah minimal nilai kamu bakal naik. Tapi, gak cuma asal tau aja dan gak di praktekin ya! Kalo gitu sih gak ngaruh kayaknya..

Udah tau kan rahasia mereka kita anggap ‘master’ itu? Kalo mereka bisa, kenapa kita enggak?? ;) [SF]



By: Interest and Creativity Division

Komentar

Postingan Populer

Moony Scribbler

Proyek Studio: Ceaseless Circle

Ekspresi Hijau