Jogja's Murals

"Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.
Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar." (Wikipedia)

Jogja itu surganya mural. mural di jogja ga usah nyari juga pasti ketemu, soalnya dimana-mana ada. kalo lagi di jalan sekitar jogja ga bakal bosen soalnya pasti ada mural di kanan kiri jalan. warna-warni.

cuma sekarang agak rusak karena ga dirawat + muralnya numpuk-numpuk. banyak yang ngerusak juga, nambahin coretan-coretan gak jelas di mural hasil karya orang. padahal mural di jogja bagus dan beberapa ada yg isinya nasehat atau kata-kata bermanfaat.

tapi -sekali lagi- karena emang jaman kapitalis, gak ada yang gak bisa dimanfaatin. mural sekarang dibeli dan banyak yang udah diubah jadi sarana iklan. sayangnya jadi nggak murni lagi deh. dinding-dinding kota jogja sekarang mulai dipenuhi iklan..

hmm, ok check this!


coba liat, ada simbol apa yang tersembunyi disini?




numpang 'ngiklan' di mural kota Jogja. provider (berusaha) disamarkan :p

Date of taken : 26-27 Desember 2011
Place : around Jogja
Camera : Canon EOS 1100D (my mother's :p)
PS. angle kurang explore soalnya dari mobil yg lagi jalan, jadi agak susah ngaturnya.

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #3

SDIT insantama, SD TER- yang paling TOP