Pada Suatu Desa di Korea...

Pada suatu desa di dataran Korea terdapat seorang pemuda yang sangat malas. Saking malasnya, yang ia kerjakan hanyalah makan dan tidur saja, padahal orangtuanya harus bekerja keras mencari nafkah untuknya. Pada suatu hari datanglah seorang yang memberinya topeng bergambar sapi. Orang itu menyuruhnya untuk memakai topeng tersebut dan dalam sekejap saja, pemuda itu berubah menjadi sapi.

Eh? Tunggu dulu, benarkah ada orang yang berubah menjadi sapi setelah memakai sebuah topeng? Tenang, itu hanyalah sebuah cerita rakyat yang terkenal di Korea yang terkumpul dalam buku 101 Cerita Bijak Dari Korea : A Symphony of Life From the Land of Morning Calm. Sesuai dengan judulnya, dalam buku yang disusun oleh Rinurbad ini terdapat 101 cerita rakyat Korea yang mengandung pelajaran hidup di setiap ceritanya. Oleh karena itu, selain cerita pemuda yang berubah menjadi sapi tadi, masih ada 100 cerita menarik lainnya yang patut di baca di dalam buku ini.

Bukan hanya anak kecil yang butuh dongeng, orang dewasa pun butuh dongeng. Cerita-cerita rakyat yang ada di buku ini dikemas dengan ringan tanpa berkesan kekanak-kanakan sehingga pas untuk orang dewasa. Apalagi buku ini mengandung banyak sekali pelajaran hidup yang bisa diambil.

Maka itu, buku yang lumayan tebal dengan 375 halaman ini patut untuk dibaca. Selain cocok untuk anak kecil hingga dewasa dan memberi banyak pelajaran, buku ini juga membuka pengetahuan kita tentang tradisi serta adat istiadat jaman dahulu yang ada di negeri ginseng, Korea.


Judul :
101 Cerita Bijak Dari Korea : A Symphony of Life From the Land of Morning Calm 

Pengarang : Rinurbad (Rini Nurul Badriah)

Penerbit : Gradien Mediatama

Jumlah Halaman : 375 Halaman


[Resensi oleh: Salma Fadhilah]
 
(NB: tugas DDI, abis dari ITMI ke Gramedia Botani Square. disuruh baca satu buku terus ditulis resensinya. tapi ini aku cuma baca satu dari 101 cerita :p)

Komentar

Postingan Populer

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Teknik Studio: First Maquette Making

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB? #2