Kriteria Guru yang Menyenangkan Bagi Siswa

Seperti yang kita tahu bahwa guru berperan sangat penting dalam mempengaruhi kualitas dunia pendidikan. Dengan itu diperlukan guru yang baik untuk menunjang pendidikan yang baik pula. Tentunya guru yang baik juga memiliki kriteria tertentu.

Untuk itu kami mewawancarai seorang siswi SMA yang bernama Nadira Hanum untuk mengetahui pendapatnya tentang kriteria guru yang menyenangkan. Berikut ini adalah hasil wawancara kami.

Bagaimanakah kriteria guru yang baik menurut anda?
Menurut saya guru yang baik itu harus tahu apa yang diamanahkan kepadanya atau mngerti dengan perannya, perhatian, memberi contoh yang baik, inovatif, dan dapat memastikas bahwa murid-muridnya mengerti dan menerima apa yang telah ia ajarkan. Lalu ia juga dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan. Dan kalau bisa, guru itu harus humoris agar murid-muridny tidak cepat mengantuk.

Apa pengaruh guru yang baik terhadap kemampuan menyerap pelajaran pada anak?
Menurut saya sangat berpengaruh, ia harus tahu kemampuan masing-masing muridnya. Dan jika guru dekat dengan murid maka insya Allah muridnya juga bsa menyerap pelajaran dengan baik. Karena kalau saya sendiri, jika cara mengajar guru itu baik dan tidak kaku maka saya akan ebih mudah menyerap pelajaran.

Apakah di Indonesia para pengajar atau guru-gurunya telah menjadi guru yang baik?
Tergantung dari individunya, tidak semuanya baik atau buruk ketika guru itu mengerti dan mengetahui apa amanah dan tanggung jawabnya untuk mendidik anak dengan baik, maka ia akan menjadi guru yang baik. Tetapi jika kita lihat faktanya, guru-guru dengan status PNS, karena sudah terjamin gajinya maka mereka mengabaikan kewajibannya. Nah, guru seperti itulah guru yang buruk.

Apakah guru yang baik harus didukung dengan murid yang baik?
Ya, tapi guru harus menjadi teladan maka muridnya juga akan meniru. Tapi jika gurunya sudah baik tapi muridnya masih tidak baik, maka itu salah muridnya sendiri.

Begitulah hasil wawancara kami tentang kriteria guru yang menyenangkan bagi siswa. Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah jika seorang guru itu tau apa saja amanah yang diberikan kepadanya, maka semua yang ia lakukan akan ia lakukan sesuai dengan seharusnya, tidak akan menyimpang dari yang seharusnya.


[salma-hanum]

Komentar

Postingan Populer

Moony Scribbler

Ekspresi Hijau

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?