10 Tahun Bersama Insantama



Alhamdulillah, dengan izin Allah Swt, Insantama telah berhasil melewati 10 tahun perjalanan bersejarahnya. Setiap saat adalah sejarah Insantama bagi perubahan dan pembangkitan umat berkhidmat dalam bidang pendidikan.

Sejak didirikan 16 Juli 2001 hingga kini, SDIT Insantama telah tumbuh dan berkembang di 5 kota di 4 Provinsi Indonesia, yakni Bogor sebagai pusatnya, lalu Serang (Banten), Banjar (Jawa Barat), Bekasi (Jawa Barat), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), dan Makasar (Sulawesi Selatan). Tentu, ini semua capaian yang patut disyukuri. Namun, sebagai lembaga pendidikan yang terus tumbuh dan berimprovisasi tiada henti, Insantama terus berbenah. Semua ini agar visi dan misi yang telah dipancangkan benar-benar dapat diwujudkan oleh seluruh keluarga besar Insantama.

Tahun 2001 adalah Tahap PELETAKAN DASAR yang ditandai dengan dimulainya Penerimaan Siswa Baru. Dimulai dengan 1 Kepala Sekolah, 1 Guru Ikhwan, 1 Guru Akhwat, 1 Tenaga TU, dan 1 OB serta menerima siswa angkatan pertama yang terdiri dari 17 siswa ikhwan dan akhwat. Sekolah diselenggarakan bekerjasama dengan Yayasan Pesantren Falakiyah. Hingga tahun 2002, Insantama terus memacu peningkatan sarana fisik. Kegiatan ilmiah sebagai bagian dari tradisi marketing dijalankan konsisten hingga kini dan telah menjadi salah satu trademark dan keunikan Insantama, yakni Open House, Seminar Pendidikan dan Outbound for Moslem Kids. Kegiatan ini bahkan menjadi trend setter di lingkungan pendidikan Kota Bogor.

Kepercayaan masyarakat yang terus meningkat, membuat Yayasan Insantama semakin giat membangun sarana fisik SDIT sesuai dengan rencana induk. Ini terjadi pada Tahap I Periode 2002-2004.

Tahap selanjutnya, Periode 2004-2007, perkembangan Insantama semakin signifikan. Tahun 2005, dimulai era pembukaan Cabang Insantama, yaitu di Serang (Banten) dan Banjar (Jawa Barat). Tahun 2006 sejalan dengan dihasilkannya lulusan angkatan pertama SDIT Insantama, pembangunan kampus SMPIT dimulai. Tahun 2007 kembali dibuka Cabang Insantama di Bekasi (Jawa Barat) dan Banjarbaru (Kalimantan Selatan). Di tahun 2007 ini juga mulai dibuka penerimaan siswa SMPIT angkatan I. SMPIT Insantama dimulai dengan 1 Kepala Sekolah, 3 Guru Ikhwan, 3 Guru Akhwat, 1 Tenaga TU dan 1 OB serta menerima siswa angkatan pertama yang terdiri dari 20 siswa ikhwan dan akhwat.

Pada Periode 2008-2010 dilaksanakan perintisan pembangunan kampus SMAIT Insantama dan boarding SMPIT dan SMAIT Insantama. Tahun 2010 ditandai dengan dihasilkannya lulusan angkatan pertama SMPIT Insantama dan dimulainya penerimaan siswa baru SMAIT Insantama angkatan pertama. SMAIT Insantama dimulai dengan 1 Kepala Sekolah, 3 Guru Ikhwan, 2 Guru Akhwat, 1 Tenaga TU dan 1 OB serta menerima siswa angkatan pertama yang terdiri dari 29 siswa ikhwan dan 27 siswa akhwat. Boarding juga sudah mulai beroperasi dengan dipimpin oleh 1 Mudir dan 2 wakil Mudir serta 5 Muaddib dan Muaddibah. Pada tahun 2010 ini juga bertambah 1 cabang lagi untuk SDIT Insantama, yakni Cabang Makasar.

Perkembangan terus terjadi. Harapan stakeholders Insantama, baik dari internal tenaga pendidik dan non kependidikan maupun dari eksternal orang tua siswa terus meningkat. Upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan layanan pendukungnya juga terus dilaksanakan oleh Yayasan Insantama guna memenuhi harapan dari seluruh stakeholders. Namun, sebagai lembaga pendidikan yang terus tumbuh dan berimprovisasi tiada henti, Insantama terus berbenah. Semua ini – sebagaimana dinyatakan di muka - agar visi dan misi yang telah dipancangkan benar-benar dapat diwujudkan oleh seluruh keluarga besar Insantama. Benefitnya pun dapat dirasakan oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya dan masyarakat sekitarnya serta umat tentunya. Insya Allah.

Untuk terus mengupayakan perbaikan dan peningkatan pendidikan demi pencapaian visi dan misi Insantama, digelarlah sebuah kegiatan besar, sebuah momentum bersejarah sebagai bagian dari tangga perubahan menuju pendidikan yang lebih baik demi kehidupan yang lebih baik. Itulah perhelatan akbar “10 Tahun Bersama Insantama”.

Acara besar “10 Tahun Bersama Insantama" ini dikonsep sebagai sebuah rangkaian kegiatan yang saling mengisi untuk memperingati 10 tahun keberadaan dan kiprah Insantama. Kegiatan itu terdiri dari 4 kegiatan besar, yakni :

1. Survey Kinerja 10 Tahun Insantama

2. Kegiatan Ilmiah Spesial 10 Tahun Insantama :

· - KIS SDIT : Khatmil Qur’an, Seminar Pendidikan Internasional, Outbound for Muslim Kids untuk TK, dan Open House

· - KIS SMPIT : Lomba Kecakapan Baris Berbaris (LKBB) Antar SD dan SMP se Bogor Raya, Kid’s Leadership Training untuk SD Kelas 4-6

· - KIS SMAIT : Lomba Debat Antar SMP dan SMA se Bogor Raya, Insantama Chemestry Challenge, dan Fun Chemestry Fair.

3. Special Big Assembly 10 Tahun Insantama :

· - Launching SMAIT Boarding, Launching Seragam Baru Yayasan, Special Gift for Special Person, Launching PAUD Insantama, Launching Insantama’s Scholarship dan Pemutaran Film 10 Tahun Bersama Insantama

4. Tasyakur bi Nikmah Keluarga Besar Insantama

· - Studi Tur

. - Tasyakur Bi Nikmah bersama Warga Sekitar & ustadz Yusuf Mansyur


Waktu :

November 2010 s.d. Juli 2011

Keterangan lebih lanjut:

SIT Insantama
Jln Hegarmanah IV Gunung Batu Kota Bogor
Telp. 0251-8372439

Atau melalui kontak person :

M. Karebet Widjajakusuma 08161998855

Hendrik 08567346315

Ainal Mardiaty 082114174741

Vitri Lestari 08121101067




Dalam rangkaian perhelatan besar “10 Tahun Bersama Insantama”, SMAIT Insantama memiliki kegiatan khusus yaitu Kegiatan Ilmiah Spesial (KIS) yang meliputi:

- Insantama Chemistry Challenge 2011

- Fun Chemistry Fair 2011

- Lomba debat Antar SMP/Mts & SMA/MA Se Bogor Raya

Waktu:

Ketiga acara tersebut diadakan pada: Sabtu, 14 Mei 2011

Tempat:

Kampus SIT Insantama: Jln Hegarmanah IV Gunung Batu Kota Bogor (Telp. 0251-8372439)

Pendaftaran dan Informasi:

Contact person: Hendrik 08567346315
Blog: kis-smaitinsantama.blogspot.com
E-mail: kis.smaitinsantama@gmail.com

Komentar

  1. Mudahan Insantama terus berbenah menuju pencetak generasi islami yang kuat imtaq nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Moony Scribbler

Ekspresi Hijau

Belajar Apa di Arsitektur Lanskap IPB?