Korban Kenorakan #2 : TV

Image source: www.thejakartapost.com

Minggu setelah UAS kemaren, santri-santri (aih, santri!) Pada nganggur ga ada kerjaan. Kecuali orang-orang yang masih ngejar remedial di beberapa pelajaran (termasuk saya :p). Jadi kegiatan belajar yang intensif (bahkan sangat, bagi sebagian orang) di minggu UAS kemarin sudah mulai berkurang. Jadi lumayan bisa santai-santai setelah otak keriting (?) Belajar buat ujian.

Suatu hari (asiik, ngedongeng) abis shalat magrib, pas waktunya makan malem...

"waaaaaaaaaaaaaa tipiiiiiiiiiiiiiiiiii...!"

Seorang oknum (oknum lagi, yang jelas bukan oknum yang kemaren) tiba-tiba berteriak histeris dan langsung duduk di depannya waktu ngeliat kalo di depan kantin, tempat kita biasa makan malem ada sebuah TV. Dalam keadaan nyala. Dikerubungin orang yang duduk ngampar di bawah. Entah nyetel acara apa (maap saya lupa).

Heboh banget gak sih?

"aah biasa udah lama gak liat TV.."

"perasaan saya lama gak ngeliat TV juga gak gitu2 amat dah."

Haha, ya mungkin tu oknum juga lagi rada lebe. Abaikan.

Setelah itu, kericuhan selanjutnya terjadi.

"ovj! Ovj aja!" --'

"bola! Liat berita bola kemaren yuk!" kebetulan waktu itu lagi heboh2nya AFF.

"upin ipin!" apeeeu pule..

"arti sahabat!" alaah, bukannya tambah bener ini malah tambah ngaco..

Kita ni, anak2 sma pada ngumpul rada jauh dari TV itu. Ga terlalu deket. Dan ngumpul melingkar seperti biasa waktu makan.

"eh itu ada TV malah nonton yang begituan,"

"iya, harusnya nonton berita atuuh"

"metro TV aja!"

"atau TV one!"

Sementara seseorang di seberang sana (deket TV) bilang..

"yah TV one mah ga seru !"

Ah, terserah kalian sajalah..

Kita tau, alasan pesantren ngasih TV sebenernya biar kita bisa tau dunia luar. Ga buta dan peka akan keadaan dunia sekitar. Karena selama ini, kita yang seakan putus dari dunia luar, tanpa hp, internet, dan TV yang bisa selalu digunakan jadi kurang mengetahui berita-berita terbaru saat ini. Bukannya kita juga harus tau masalah ummat? Dan bukannya kita sebagai santri juga harus melek informasi? (asiik tu bahasa)

Ya emang bagus sih niatnya, dan kalo emang di manfaatin secara maksimal sih emang bisa efektif. Tapi kalo kaya gini, ga ada muadib/muadibah yang ngawasin penggunaannya, mana bisa? Nanti malah di salah gunakan. Ga ada yang bisa menjamin kalo kita cuma nonton acara yang emang penting dan diperluin aja. Ga ada yang bisa menjamin kita cuma nonton berita. Yah, mungkin aja tiba-tiba ada gitu yang nyetel ovj (kaya yg tadi diusulin di atas). Kalo tanpa muadibah yang ngawasin kan bakal jalan terus tuh si sule dkk ngelawaknya.

Dan nggak nyampe seminggu, TV itu pun ditarik kembali dari peredaran (karena kalo gak salah TV itu cuma ditaro hari itu aja).

Yah mungkin sementara ini cuma koran aja yang bisa jadi sumber informasi kami. Walaupun kalo mau baca harus ke kantor dulu, tapi lumayan lah. Tapi kadang tu koran suka di monopoli sama anak aisyah, dibawa lari ke kamar. Dibaca sendiri. Padahal tu koran harusnya buat satu pesantren, karena cuma ada satu eksemplar.

Tapi entar pasti dibalikin juga lahh (itu juga kalo inget)

Tapi denger denger nih, pas kemaren lagi heboh-hebohnya AFF, waktu Indonesia lagi tanding beberapa kali sama Filipina & Malaysia, kabarnya tuh TV dipake buat nonton bareng sama anak ikhwan. Dan bukan cuma santrinya, muadib-muadibnya juga ikutan nonton.

Emang dasar ya, kalo nonton bola mah teteeeup aja jalan...

Komentar

  1. komen ah..

    first, tv memang sengaja di sedia_in tuk santri tuk dpet melek dunia luar dan yg boleh di tonton CUMA dan HANYA berita kasih tau tuch ma adik kelasnya.

    kadua, tv ga akn di tarik peredarannya.

    nomr telu, nanti di sedia_in jga koran yang lainnya ga cma d kantor doank n' ga cma 1 eks dech(dlm konfirmasi).

    forth,txs

    BalasHapus

Posting Komentar

Comments are welcomed! Siapa tahu pertanyaan kamu sudah pernah dijawab, jangan lupa cek dulu pertanyaan yang sering ditanya di Jawaban Pertanyaan Umum/Frequetly Asked Questions (FAQ) ya! Jangan lupa juga centang kotak "notify me"/"beritahu saya" supaya ada notification jika pertanyaannya sudah dijawab. Terimakasih :)

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Moony Scribbler

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50