Perjuangan Meraih Kelulusan

helo semuaaa :) apa kabar disana? baik-baik aja kan? haaahahahaa (apaan sih?)
oke hehe, ngga kerasa ya udah lama banget nggak nulis nulis dan cerita cerita disini. beberapa bulan kemarin sibuk sama UN, buku tahunan, tes masuk sma, perpisahan, dan kawan kawannya. tapi sekarang semua udah selesai. alhamdulillah :D jadi sekarang ada waktu lagi nih buat nulis nulis..

banyak hal yang terjadi setelah postingan terakhirku kemarin, dan aku belum sempet ceritain semuanya. sebenernya sih pengen nulis banyak waktu itu. tapi ya karena alasan itu tadi, sibuk (sok sibuk banget yak?).

nah, sekarang aku mau nge flash back cerita cerita menarik di hari hari yang lalu. cerita tentang perjuangan kami dalam meraih kelulusan. tentang UN, dan semua persiapannya. semua kegiatan menyenangkan bersama kelas 9 yang belum sempat ditulis.

and, this is it ! (farah quinn mode: on)

Tes Uji Coba UN di SMPN 6 Bogor : Mencoba Beradaptasi 
(22-23 Februari 2010)



selama 2 hari, kami harus melakukan tryout uji coba di smp 6. loh? kenapa nggak di sekolah kita sendiri? karena sekolah kita belum terakreditasi, dan belum pernah ngelulusin satu angkatan pun (namanya juga angkatan pertama). jadi kita harus numpang di smp 6 itu (ga enak banget bahasanya).

dan di tempat inilah nantinya kita akan melaksanakan UN. jadi disini selain tryout persiapan UN, kita juga beradaptasi sama tempat dimana nanti kita akan berperang (?) maksudnya berperang menghadapi UN.

pas TUC ini (dan waktu di UN juga tentunya) anak Insantama dibagi ke 2 kelas karena nggak mungkin semua masuk ke satu kelas, karena maksimal 1 kelas isinya 20 orang. jadi kelas pertama isinya 20 orang, dan kelas ke dua sisanya yaitu 6 orang. dan karena aku absen terakhir (namaku huruf depannya S), jadi aku masuk kelas kedua yang isinya cuma 6 rang itu. itu kelas sepii banget, ya karena isinya cuma sedikit. tapi bagus juga sih sepi, jadi kita bisa konsentrasi ke soal. dan karena kelas ini isinya dikiit banget nget nget ya, makanya jadi pada bilang kalo ini tuh kelas eksklusif (entah eksklusif atau eksekutif, lupa hehe).

karena ini masih try out uji coba, jadi pengawasnya bukan pengawas dari sekolah lain, tapi pengawas dari Insantama sendiri. dan setiap setelah tryout kita makan makan deh, hari pertama di depan kantor dan kedua di lapangan smp 6 itu. dengan santainya kami duduk duduk di lapangan itu tanpa mengiraukan anak-anak dan guru-guru smp 6 yang berlalu-lalang :)

Insantama Cup: We Are Creative, We Are Sportive, We Are The Best !
(15-20 Maret 2010 : kira-kira 2 minggu sebelum UN)

Insantama Cup itu semacam lomba antar angkatan yang tujuannya untuk menjalin ukhuwah antar siswa (bahasanya sih gitu). sebenernya nggak ada hubungannya sama UN yang mau kita hadapi. tapi mau share aja lah, berhubung waktunya juga deket-deket :)

di insantama cup ini banyak banget lomba seru yang diadain. ada lomba seni (drama, menggubah lagu), permainan tradisional (cing boys/girls, gobak sodor, tarik tambang, egrang), atletik & olahraga (lari 100m, tolak peluru, lempar lembing, tenis meja, futsal, catur), akademis (story telling, cerdas cermat) sama lomba lomba lainnya (lupa lagi, ingetin dong. haha)

dari setiap lomba yang diselenggarakan, diberikan medali emas untuk juara pertama, perak untuk kedua, dan perunggu untuk juara ketiga. dan juara umumnya ditentuin dengan banyaknya perolehan medali emas dari masing masing angkatan.

tapi sayangnya di Insantama Cup yang pertama ini angkatan ku (angkatan 1) nggak berhasil jadi juara pertama. harus cukup bersyukur deh jadi runner up. padahal ini insantama cup yang pertama dan terakhir buat kita. sedih sih, tapi terima aja lah. sesuai sama temanya : We Are Creative, We Are Sportive, We Are The Best :D

tapi anak angkatan 1 udah hebat, udah bisa berusaha keras padahal UN udah didepan mata: tinggal 2 minggu lagi. tapi masih bisa mikirin insantama cup ini. apalagi bisa jadi juara satu di lomba drama di drama kita yang wonderful itu (lebay). yah walaupun ga juara 1 tapi angkatan 1 tetep paling hebat ! ya ngga? :)

MABIT Pemantapan UN : Saatnya Try Out Tengah Malam !
(23-25 Maret 2010 : kira-kira 1 minggu atau beberapa hari sebelum UN)



Mabit (Malam bina iman dan taqwa) ini tujuannya buat ngasi motivasi, semangat belajar, sama pendalaman materi 4 pelajaran yang mau diujikan di UN. dan mabit kali ini diadain 3 hari dua malam.

tapi bukannya mentang-mentang ini mabit belajar kita jadi cuma mentingin belajar aja dan ga ngurusin yang lain, jadi tetep aja kalo kita semua mau makan, bukan tinggal makan doang. kita harus beli dulu bahannya, terus masak bareng-bareng, terus di siapin di daun pisang (asik ga tuh? haha). kita ga boleh manja dan harus tetep ngerjain semuanya sendiri.

karena siang kita tetep sekolah buat bimbel, dan sorenya kita masak, makan, mandi dan beres beres, jadi tryout-nya diadain pas malam, sekitar jam 10-11 malam di aula tercinta (apa coba?). walaupun ngantuk dan capeek setelah seharian udah belajar, tapi tetep aja tuh soal tryoutnya teriak-teriak minta diisi (?). untuk menghilangkan rasa ngantuk itu, kita akhirnya pada ngopi sambil main remi di pos satpam (ups, hehe ngga lah. ngopi doang). setelah selesai tryoutnya akhirnya kita tidur (ga bener-bener langsung tidur, pake ngerumpi dulu. haha). terus pas dini harinya ngga lupa kita shalat tahajjud dan berdoa biar nanti pas UN kita semua dilancarkan.

dan jadwal paginya setelah masak, sarapan, mandi, dan beres-beres adalah acara motivasi oleh motivator-motivator ternama (?). hari pertama kalo nggak salah sama Ust Rahmat Kurnia (Abi Naila), hari keduanya Bu Zulia Ilmawati (Ummi Azzam), dan hari terakhirnya Pak Ismail Yusanto (Abi Azzam). beliau beliau ini ngasih motivasi agar kita semangat dan ga takut menghadapi UN, juga tips-tips penting.

ga sesuai rencana nih, pas siang bukannya kita bimbel, kita malah tidur tiduran (bahkan tidur beneran). entah itu di kelas atau di kantor Pak Nono. alasannya: capek, haha. iya sih kita emang capek tidur juga tengah malem, jadi paginya ya ngantuk lah pastinya.

setelah jam sekolah selesai, kami kembali ke acara mabit kita seperti biasa.

dan di pagi hari ke 3, acara mabit selesai. setelah kita beres-beres semua barang-barang, ada acara maaf-maafan dulu sama adik-adik kelas dan minta doa juga buat UN. setelah itu kita pulang, istirahat dan siap-siap untuk UN yang tinggal 3 HARI LAGI !

Ujian Nasional : Hari Penentuan
(29 Maret - 1 April 2010)

Ujian Nasional (UN) ini berlangsung selama 4 hari, nggak cuma 2 hari kayak waktu TUC. jadi 1 hari untuk satu pelajaran.

kami melaksanakan UN ini di smp 6.

dan kami harus berangkat pagi setiap harinya, jadi jam 7 kita sudah harus ada di sana. sebelum jam masuk, kita shalat dhuha dulu di mushala, dan berdoa agar UN kami ini dilancarkan.

setelah bel masuk, kami duduk di tempat masing-masing lalu mengisi identitas. lalu setelah bel kedua berbunyi baru kami boleh membuka lembar soal dan mengerjakannya.

saat UN kami diawasi oleh guru dari sekolah lain, bukan dari Insantama seperti saat TUC kemarin. dan ruanganku saat itu diawasi oleh dua orang guru dari smp 4. kami mengerjakan soal itu dengan jujur tanpa mencontek. dan insyaAllah nilai yang murni dari diri sendiri bisa lebih berkah dan membanggakan.

setelah waktu mengerjakan selesai, kami keluar dari kelas. tapi nggak pulang, kami kembali ke sekolah untuk melakukan pendalaman dan persiapan terakhir untuk UN pelajaran selanjutnya.

setelah selesai menjalan UN hari ke empat, rasanya hilang sudah semua beban. karena UN sudah berlalu ! :D

Pengumuman Kelulusan: ALHAMDULILLAH AKU LULUS !!!
(7 Mei 2010)



pagi itu adalah hari yang kami tunggu-tunggu, dengan penuh harap kami berangkat sekolah. juga dengan perasaan yang nggak karuan pastinya. deg-degan, takut, penasaran, semua campur aduk lah.

seperti biasanya di kelas tercinta kami, kami duduk pada formasi kursi melingkar dengan Pak Hasan di depan kelas. sebelum membagikan surat pengumuman kelulusan, pak hasan memberikan kami penjelasan penjelasan. yah katanya sih sambil nunggu surat pengumuman yang belum pada dimasukin ke amplop (haha).

yah setelah menunggu dan menunggu, akhirnya Pak Nono datang membawa setumpuk amplop.

dag dig dug dag dig dug, makin deg-deg an aja ini, gimana ya hasilnya. satu persatu nama kami dipanggil dan amplop pun dibagikan.

setelah itu terdegar suara-suara gaduh dari dalam kelas, "yesss alhamdulillah ana lulus !", atau "horeeee aku lulusss!". ya luapan luapan kegembiraan semaca itulah yang tergambar di pagi itu. itu semua menggambarkan ekspresi bersyukur kami saat mengetahui bahwa kami lulus dengan nilai yang insyaAllah memuaskan dan murni usaha kami sendiri. dan sama dengan mereka, aku pun merasakan hal yang sama : alhamdulillah ya Allah, AKU LULUS :) . aku lulus dengan nilai yang juga alhamdulillah memuaskan.

namun tidak semua merasa bahagia pagi itu, ada seorang teman kami yang belum lulus dan harus mengikuti ujian susulan. tapi kesedihan itu tidak berlangsung lama. kini ia sudah bisa merasakan kegembiraan yang sama. ia juga telah lulus.

ternyata semua kerja keras kita selama satu semester ini berbuah manis, semua try out, mabit dan bimbel yang kemarin kita jalani membuat kami semua dapat lulus dengan baik :D

tapi perjuangan kita masih belum selesai, masih ada tes masuk sma yang menanti, dan kita juga harus menjalani masa sma dengan baik, agar nantinya kita dapat lulus sma dengan baik pula.

kelulusan kami bukan titik akhir perjuangan, namun titik awal dari babak-babak baru yang nanti juga harus kami hadapi.

untuk semua sahabat-sahabat tercintaku di angkatan pertama ini, tetap semangat dan
TETAP BERJUANG !!!


sekian :)


originally posted at: http://salmafadhilah.multiply.com/

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Moony Scribbler