Ribetnya Rubik

Rubik?

ini nih definisi rubik menurut wikipedia:


"Kubus Rubik adalah sebuah teka-teki mekanik ditemukan pada 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Erno Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik terdiri dari 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya. Kubus ini dibuat kembali pada 1980 dan dipasarkan di dunia Barat pada Mei. Dan dikatakan merupakan mainan paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik dan imitasinya terjual."

pasti udah ga asing lagi kan? 

dulu waktu masi kecil, ada tuh rubik di rumah. tapi namanya anak kecil yah, mungkin dulu cuma buat pelampiasan emosi aja (contohnya: dibanting-banting, diinjek-injek, dan hal-hal sadis lainnya yang tak patut ditiru, hehe), bisa ngacak-ngacaknya tapi ga bisa ngembaliinnya lagi. dan akhirnya nganggur dan ga diapa-apain, teronggok pilu di ujung ruangan yang gelap gulita menyeramkan dan mengharukan (jih?). yah, itu dulu.
sekarang rubik mulai happening lagi dimana-mana. termasuk di sekolahku. dari SD sampe SMP. mulai dari kelas 7, 8, sampe 9 hampir semua pada main rubik. mulai yang bisa selesein semuanya, satu sisi, sampe yang cuma bisa ngacak-ngacak aja (hehe). saking ramenya, anak jurnalis sampe bikin rubrik baru tentang rubik di mading.

gatau awalnya darimana, tapi sebenernya dimulai dari anak ikhwan yang mulai bawa rubik kemana-mana. pas istirahat main rubik, pas pelajaran main rubik (nakal !), pas jalan pulang juga main rubik, jangan jangan pas tidur dikelonin juga tuh rubik (ngasal abis), yah pokonya mah, tangan mereka ga pernah lepas dari rubik (di lem kali ya?). pada bingung sih awalnya "apa sih enaknya main begituan?". tapi setelah pegang sendiri dan berusaha nyelesein, akhirnya penasaran juga. pengen beli trus pengen belajar. pokoknya harus sampe bisa. titik. (maksa)

yah, setelah belajar pada ahlinya (ga juga sih), bisa juga nyelesein satu sisi. suenengnya bukan main waktu itu. padahal cuma bisa satu sisi, dan ga ada apa-apanya. katanya sih mustahil tuh rubik bisa selese dengan diselesein sisi per sisi-nya.

yah, akhirnya pada suatu hari, kubeli juga seekor rubik dan seonggok buku tentang cube solving saking penasarannya.

udah dibolak balik tuh buku, ampe jungkir balik bacanya eh ga ngerti-ngerti juga. buku rubik kok kaya buku matematika gini yah? banyak amat rumusnya. yauda deh bersyukur aja dengan kemampuan menyelesaikan satu sisi itu. tapi bosen juga lama-lama cuma bisa gitu-gitu aja, padahal anak ikhwan di kelas kok kaya gampang banget ya nyelesein rubik. udah diacak-acak (rubiknya bukan mukanya) eh, ga lama udah jadi lagi aja. gemes kan ngeliatnya? akhirnya ku baca lagi tu buku. 

dengan kekuatan penuh dan konsentrasi yang tinggi (halah), kubaca pela-pelan bukunya. ribet emang. tapi akhirnya ngerti juga sedikit sedikit. ngerti lah apa itu R, R', F, F', dan teman-temannya. ngerti juga metode cube solving yang katanya paling gampang, namanya metode layer by layer.
dan akhirnya, aku bisa juga nyelesain rubik klasik 3 x 3, semuanya, bukan cuma satu sisi ! yaaaaaaaay ! seneng banget banget banget. walaupun masih pake mikir, ga secepet yang udah pada jago di sekolah.
well, puas akhirnya. hahaha :)

eh, rubik ga cuma rubik klasik yang bentuknya kubus. macemnya banyak, dari yang 360 derajat (bentuknya bulet kaya bola, warnanya transparan isinya bola 6 warna yang harus dimasukin ke tempat masing-masing sesuai warnanya *lebih ribet pasti*), rubik segitiga, rubik's ball, dan saudara-saudaranya. 
trus rubik klasik (yang bentuknya kubus) juga ga cuma 3 x 3 doang. ada yang 2 x 2 sampe 7 x 7.

nah sekarang mari kita coba rubik 6 x 6, 5 x 5, atau 4 x 4 sama dengan enambelas sempat tidak sempat harus dibalas (kata si tante)


haha ! 


originally posted at: http://salmafadhilah.multiply.com/

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB 50

Moony Scribbler